Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Prinsip dalam Ekonomi Syariah yang Bikin Bisnis Untung Besar

by Rafly Aditia on 8 Juni, 2016

bisnis syariah_KTA syariah - CekAja.com

Prinsip bisnis dalam Islam ternyata bisa bikin usaha makin untung. Hal ini dikarenakan prinsip syariah yang bukan hanya melihat segala sesuatu dari satu sisi saja, melainkan dari berbagai sisi sekaligus.

Bagi kamu yang ingin berbisnis, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa prinsip bisnis syariah karena bisa berikan untung besar. Prinsip ini pun bisa ditiru oleh semua orang tanpa memandang apa agama dan kepercayaan yang dianutnya. Berikut 4 prinsip bisnis syariah yang bisa kasih untung besar:

Keseimbangan atau kesejajaran

Dalam Islam, dikenal sebuah prinsip keseimbangan atau kesejajaran. Bila dikaitkan dengan bisnis maksudnya adalah perlunya keadilan sosial. Keseimbangan ini dapat diartikan secara luas, salah satunya bisa diterapkan dalam hal memperkerjakan karyawan. Sebagai pebisnis, memperkerjakan karyawan tidak hanya sekedar memberikan upah sekadarnya. Tetapi, berikan upah yang layak sesuai dengan kinerjanya serta jangan mengeksploitasi karyawan.

Kalau karyawan merasa dimakmurkan, maka mereka juga akan memberikan kinerja serta produktivitas yang positif. Nantinya, produk yang kamu jual akan memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih baik lagi jika menjalani prinsip bisnis satu ini.

(Baca juga:  5 Trik Dapat Uang Dadakan Untuk Menambah THR)

Tanggung jawab

Dalam bisnis juga diperlukan tanggung jawab, Mengingat manusia tidak hanya hidup sendiri, tentunya dalam bisnis juga terikat dengan hukum buatan manusia itu sendiri. Hal ini menghasilkan tanggung jawab yang benar-benar harus dijalani apabila kamu ingin berbisnis.

Misalnya, ketika harus bayar pajak atau utang, maka hendaknya kamu membayar tepat waktu dengan jumlah yang sesuai. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan dapat terus berjalan lancar.

Kebebasan

Prinsip lain yang wajib kamu ikuti adalah kebebasan. Di dunia bisnis syariah, sebaiknya kamu menghendaki kebebasan. Mengapa demikian? Karena kebebasan dapat memberikan dampak positif dalam bisnis. Contohnya adalah memberikan karyawan atau pekerja untuk berkreasi dan berinovasi dengan tanggung jawab.

Berbagai inovasi dan kreativitas yang dihasilkan nantinya juga akan berdampak baik bagi produk yang dihasilkan. Kalau sudah begini, ujung-ujungnya juga menghasilkan keuntungan, bukan?

(Baca juga: Lima Hal yang Seharusnya Membuat Kamu Lebih Hemat Saat Puasa)

Tujuan baik dalam berbisnis

Prinsip lain dalam berbisnis secara syariah adalah tujuan atau niat baik. Ya, ketika kamu mulai berbisnis sebaiknya kamu mengawalinya dengan tujuan yang baik. Misalnya, selain mencari pemasukan untuk kamu dan keluarga juga untuk menciptakan lapangan kerja.

Dengan niat baik ini, pintu menuju kesuksesan bakal terbuka lebar. Karena ingin menciptakan lapangan kerja lebih banyak, bisnis yang kamu jalani semakin besar setiap tahunnya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami