4 Resep Cloud Bread yang Viral di TikTok, Dijamin Anti Gagal!

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on


Siapa yang tidak tahu, kalau ternyata resep cloud bread atau roti awan sangat mudah. Ya, roti yang viral di TikTok ini belakangan ramai diperbincangkan, karena membuat banyak orang penasaran ingin membuatnya.

Viralnya cloud bread di TikTok disebabkan oleh proses pembuatannya yang sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan beberapa bahan sederhana, seperti telur, gula pasir dan tepung maizena.

Semua bahan tersebut, nantinya akan membuat roti mengembang dengan sempurna layaknya awan. Oleh sebab itu, roti ini disebut dengan roti awan atau cloud bread.

Meskipun bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, tetapi cloud bread memiliki cita rasa yang sangat lezat dan tekstur yang sangat lembut.

Lebih dari itu, roti yang satu ini pun memiliki penampilan yang sangat cantik dan menggemaskan. Nah, buat kamu yang mau tahu lebih jelas tentang resep cloud bread yang viral di TikTok, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu.

Sekilas tentang Cloud Bread

Sebelum mengetahui resep cloud bread lebih jelas, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sekilas tentang roti viral yang satu ini. Sejatinya, cloud bread merupakan salah satu jenis roti yang sudah ada sejak tahun 70-an.

Di awal kehadirannya, roti ini diperkenalkan melalui metode diet Atkins, yang merupakan jenis diet rendah karbohidrat yang dicetus oleh Robert Atkins.

Diet Atkins ini sama seperti jenis diet lainnya, karena cocok dan sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Diet Atkins ini memegang prinsip bahwa selama seseorang tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, maka orang tersebut tetap bisa menurunkan berat badan. Walaupun, makanan yang mengandung protein dan lemak tetap dikonsumsi seperti biasa.

Maka dari itu, cloud bread dihadirkan sebagai salah satu jenis panganan yang bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet Atkins.

Pasalnya, roti yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan ringan, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi dengan beberapa jenis sayur-sayuran, atau bahkan diolah menjadi sandwich.

(Baca Juga: 7 Resep Cemilan untuk WFH)

Cloud Bread Bisa Jadi Menu Diet?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau hadirnya cloud bread pertama kali diperkenalkan oleh metode diet Atkins.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa cloud bread memang menjadi panganan yang cocok untuk menu diet.

Meski awalnya dijadikan sebagai menu diet rendah karbohidrat, namun nyatanya cloud bread juga bisa dijadikan sebagai menu tanpa karbohidrat, ataupun diet yang membutuhkan protein dan lemak tinggi.

Selain itu, cloud bread juga seringkali dijadikan sebagai menu diet vegetarian, keto, celiac, gluten free dan lain sebagainya.

Tips Anti Gagal Membuat Cloud Bread

Walaupun resep cloud bread sangat sederhana dan mudah dibuat, tetapi ternyata masih banyak orang yang gagal membuat cloud bread.

Entah rotinya tidak mengembang, gosong karena menggunakan api yang terlalu besar, roti yang ketika dikeluarkan dari pemanggang mengempis dan kegagalan lainnya.

Semua kegagalan pembuatan cloud bread tersebut banyak diceritakan di aplikasi TikTok. Oleh sebab itu, untuk mencegah gagalnya membuat cloud bread, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa tips anti gagal membuat cloud bread, yang di antaranya yaitu:

  • Campurkan bahan dengan hati-hati

Tips anti gagal membuat cloud bread yang pertama adalah mencampurkan semua bahannya dengan hati-hati. Khususnya di langkah awal, ketika kamu mengocok putih telur hingga mengembang, pastikan kamu mengocoknya menggunakan mixer agar tidak gagal.

Hindari penggunaan whisk untuk mengocok telur. Sebab selain melelahkan, mengocok telur menggunakan whisk juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat adonan mengembang.

Setelah adonan putih telur mengembang, selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan bahan-bahan lainnya ke dalam adonan, hingga semuanya tercampur rata dan adonan cloud bread menjadi kaku.

Tekstur adonan yang kaku ini benar-benar harus kamu pastikan dengan baik. Karena jika adonan kamu panggang dengan tekstur yang belum terlalu kaku, itu hanya akan membuat cloud bread nantinya menjadi mengempis saat dikeluarkan dari pemanggang.

  • Tidak mengubah takaran setiap bahan

Selama proses pembuatannya, pastikan kamu tidak merubah takaran untuk setiap bahannya dari resep cloud bread yang sudah diberikan. Pasalnya, takaran tersebut sudah pasti disesuaikan dengan bentuk cloud bread itu sendiri.

Oleh karena itu, buat kamu yang baru pertama kali membuat cloud bread, pastikan kamu mengikuti semua aturan pembuatan dan takaran bahan dari resep cloud bread yang kamu jadikan acuan, agar cloud bread pertamamu tidak gagal.

  • Pastikan adonan memiliki ketebalan yang pas

Tips yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah memastikan bahwa adonan yang akan dipanggang memiliki ketebalan yang pas. Meski tidak ada ukuran pasti, namun kamu bisa memperkirakan adonan cloud bread yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis saat ditumpuk.

Apabila adonan terlalu tebal, maka bagian dalam adonan kemungkinan belum matang apabila dipanggang sesuai dengan waktunya, yaitu sekitar 25 menit dengan suhu kurang lebih 150 derajat.

Sementara, jika adonan terlalu tipis, maka bisa saja cloud bread jadi hangus atau gosong. Dengan begitu, pastikan bahwa kamu membuat cloud bread dengan ketebalan yang pas, agar nantinya cloud bread memiliki bentuk yang sempurna.

  • Pastikan memanggang dengan api kecil

Agar cloud bread tidak gosong, ketika dipanggang pastikan bahwa kamu menggunakan api kecil. Jika melihat aturannya, cloud bread dipanggang menggunakan api dengan suhu sekitar 150 derajat.

Dengan aturan tersebut, maka cloud bread nantinya akan memiliki kematangan yang pas dan warna yang cantik.

  • Gunakan bahan yang dapat menghilangkan bau amis

Tips membuat cloud bread agar tidak gagal yang terakhir, adalah menambahkan bahan-bahan yang dapat menghilangkan bau amis.

Seperti yang diketahui, penggunaan putih telur sebagai bahan utama dalam membuat cloud bread, tentu membuat roti memiliki bau amis.

Maka dari itu, untuk menghilangkan bau amis tersebut sebaiknya kamu menambahkan bahan-bahan yang mampu menghilangkan bau amis ke dalam adonan, seperti misalnya vanilla cair ataupun bubuk vanili.

Sebab, dua bahan tersebut mampu menghilangkan bau amis dan merubahnya menjadi aroma yang manis.

Namun selain dua bahan itu, kamu juga bisa menggunakan madu, coklat bubuk, kayu manis dan bahan lainnya yang dapat menghilangkan bau amis telur.

4 Daftar Resep Cloud Bread

Setelah mengetahui beberapa hal terkait cloud bread, mulai dari awal kemunculannya, cloud bread yang dijadikan sebagai menu diet, hingga tips membuat cloud bread anti gagal di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk mengetahui resep cloud bread itu sendiri.

Sejatinya, resep cloud bread sangat mudah. Seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan, kalau bahan utama yang dibutuhkan untuk bisa membuat cloud bread adalah putih telur, gula pasir dan tepung maizena.

Namun, kini cloud bread memiliki banyak variasi dengan warna-warna yang cantik. Untuk itu, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa resep cloud bread yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak bersama-sama!

1. Resep Cloud Bread Original

Resep cloud bread yang pertama adalah cloud bread original. Yang mana, bahan-bahan yang digunakan hanya bahan-bahan utamanya saja, yaitu putih telur, gula pasir dan tepung maizena. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, di antaranya:

Bahan:

  • 3 butir putih telur
  • 10 gram tepung maizena
  • 30 gram gula pasir
  • Pewarna makanan sesuai keinginan
  • Jeruk nipis atau vanili

Cara Pembuatan:

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  • Masukkan tiga butir putih telur ke dalam wadah, lalu tambahkan perasan jeruk nipis atau vanili secukupnya
  • Setelah itu, kocok putih telur menggunakan mixer hingga berbusa dan sedikit mengembang
  • Kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit ke dalam adonan, sembari adonan putih telur di mixer
  • Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan, lalu mixer hingga semua bahan tercampur rata, mengembang dengan sempurna dan kaku
  • Jika sudah, pisahkan adonan menjadi dua bagian, lalu tambahkan sedikit pewarna makanan ke salah satu adonan dan aduk hingga warna tercampur rata
  • Siapkan loyang, letakkan kertas roti di atas loyang dan olesi mentega
  • Tuangkan adonan putih terlebih dahulu ke atas loyang, lalu tambahkan adonan yang telah diberi pewarna makanan ke atas adonan putih, kemudian tutup kembali menggunakan adonan putih hingga membentuk setengah lingkaran
  • Panaskan oven, lalu masukkan adonan dan panggang selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 150 derajat celsius
  • Setelah matang, diamkan terlebih dahulu hingga dingin
  • Cloud bread original siap disantap.

2. Resep Cloud Bread Madu

Resep yang berikutnya adalah resep cloud bread madu. Resep yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan resep cloud bread original, hanya saja ada tambahan madu sebagai salah satu bahan pembuatannya.

Bahan:

  • 3 butir telur yang sudah dipisah bagian putih dan kuningnya
  • 1/4 sdt baking powder atau cream of tartar
  • 3 sdm cream cheese
  • 1 sdm madu

Cara Pembuatan:

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  • Masukkan tiga butir kuning telur, cream cheese dan madu ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata, sisihkan
  • Masukan tiga butir putih telur dan cream of tartar ke dalam wadah, lalu aduk menggunakan mixer hingga adonan mengembang sempurna dan kaku
  • Jika sudah, masukkan adonan kuning telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan putih telur, lalu aduk hingga rata dengan sendok atau spatula
  • Siapkan loyang, letakkan kertas roti di atas loyang, olesi mentega dan tabur dengan tepung terigu
  • Tuangkan adonan sebanyak 2-3 sdm ke atas loyang, lalu tipiskan menggunakan sendok sesuai selera
  • Panaskan oven, lalu masukkan adonan dan panggang selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 150 derajat celsius
  • Setelah matang, diamkan terlebih dahulu hingga dingin
  • Cloud bread madu siap disantap.

3. Resep Cloud Bread Alpukat

Cloud bread nyatanya juga bisa dipadukan dengan buah alpukat. Uniknya, perpaduan ini menghasilkan cita rasa yang sangat lezat.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba, berikut resep cloud bread alpukat yang bisa kamu jadikan panduan.

Bahan:

  • 3 butir telur yang sudah dipisah bagian putih dan kuningnya
  • 1/4 sdt cream of tartar
  • 2 sdt biji wijen
  • 1/4 sdt bubuk bawang merah
  • 1/4 sdt bubuk bawang putih
  • 3 sdm alpukat yang telah dihaluskan

Cara Pembuatan:

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  • Masukkan tiga butir kuning telur, bubuk bawang merah, bubuk bawang putih dan alpukat yang telah dihaluskan ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata, sisihkan
  • Masukan tiga butir putih telur dan cream of tartar ke dalam wadah, lalu aduk menggunakan mixer hingga adonan mengembang sempurna dan kaku
  • Jika sudah, masukkan adonan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan kuning telur, lalu aduk hingga rata dengan sendok atau spatula
  • Siapkan loyang, letakkan kertas roti di atas loyang dan olesi mentega
  • Tuangkan adonan ke atas loyang dengan ketebalan sesuai selera, beri jarak untuk setiap rotinya sejauh 3 inci
  • Setelah semua adonan selesai dituang ke atas loyang, taburi setiap adonan dengan biji wijen sebelum dipanggang
  • Panaskan oven, lalu masukkan adonan dan panggang selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 150 derajat celsius
  • Setelah matang, diamkan terlebih dahulu hingga dingin
  • Cloud bread alpukat siap disantap.

4. Resep Cloud Bread Keto

Resep cloud bread yang terakhir adalah cloud bread keto. Cloud bread yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet keto. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti ini, di antaranya:

Bahan:

  • 3 butir telur yang sudah dipisah bagian putih dan kuningnya
  • 1/8 sdt garam
  • 1/8 sdt cream of tartar
  • 3 ons mascarpone

Cara Pembuatan:

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  • Masukkan tiga butir kuning telur, mascarpone dan garam ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata, sisihkan
  • Masukan tiga butir putih telur dan cream of tartar ke dalam wadah, lalu aduk menggunakan mixer hingga adonan mengembang sempurna dan kaku
  • Jika sudah, masukkan adonan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan kuning telur, lalu aduk hingga rata dengan sendok atau spatula
  • Saat mengaduk, lakukan gerakan melipat agar gelembung udara di putih telur tidak pecah
  • Siapkan loyang, letakkan kertas roti di atas loyang dan olesi mentega
  • Tuangkan adonan ke atas loyang dengan ketebalan sesuai selera
  • Jika semua adonan sudah dituang ke atas loyang, panaskan oven
  • Masukkan adonan dan panggang selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 150 derajat celsius
  • Setelah matang, diamkan terlebih dahulu hingga dingin
  • Cloud bread keto siap disantap.

(Baca Juga: Resep Masak Soto Daging)

Peluang Usaha Cloud Bread

Viralnya cloud bread saat ini di media sosial, khususnya di TikTok, rasanya bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Meski resep cloud bread sangat mudah, namun kamu bisa memvariasikan jenis roti yang satu ini agar lebih menarik dan beragam, baik dari sisi visual maupun cita rasa.

Dengan begitu, cloud bread tidak hanya dipandang sebagai roti biasa yang bisa dibuat oleh semua orang.

Terlebih, pasar dari roti ini pun sangat luas, karena bisa dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Sehingga, peluang untuk mendapat keuntungan dari bisnis cloud bread terbilang cukup menggiurkan.

Namun, untuk bisa memulai bisnis ini tentu kamu memerlukan modal. Apabila dana yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, jangan khawatir.

Sebab, kamu bisa memenuhi sisa modal yang masih kurang dengan mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu yang masih ragu untuk memulai bisnis karena modal belum mencukupi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana tunai di CekAja.com dan wujudkan bisnis impianmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani