Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Harus Manfaatkan Kartu Kredit untuk Liburan

by Tisyrin N. T on 2 November, 2016

Siapa sih yang tidak senang saat berlibur? Penelitian Cornell University pada tahun 2010 bahkan membuktikan, berlibur membuat orang merasa bahagia lebih lama dibandingkan kadar kebahagiaan dari sekadar membeli sebuah barang.

Dengan fakta tersebut, maka tidak heran bila setiap orang selalu mendambakan liburan. Sayangnya, keinginan untuk liburan terkadang hanya sekadar jadi angan-angan. Hal itu pun terus berlanjut seperti tidak ada lagi kesempatan untuk membuat perencanaan liburan.

Jika alami hal tersebut, sebenarnya kita hanya butuh beberapa trik agar bisa memaksa diri sendiri untuk membuat rencana liburan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kartu kredit yang kita miliki. Selain lebih menguntungkan, karena program promo dan diskon yang ditawarkan, liburan bisa dilakukan dengan hemat.

Bagaimana cara memanfaatkan kartu sakti ini untuk membuat liburan jadi menguntungkan? Berikut ini penjelasannya.

Tidak takut walau tabungan belum cukup

Ingin liburan tapi tabungan belum cukup. Beberapa dari kita tentu mengalami hal itu. Tapi apakah kita harus mengunggu hingga tabungan cukup untuk liburan, sementara setelah tabungan ada barulah memesan tiket pesawat dan booking hotel secara mendadak. Sudah dapat dibayangkan tentang kerepotan dan keribetan yang akan di alami.

Di sinilah gunanya kartu kredit. Sebab dengan memakai alat pembayaran ini, kita bisa melakukan booking hotel atau tiket pesawat jauh-jauh hari meski tabungan belum cukup.

(Baca juga: Manfaatkan 5 Promo Kartu Kredit Ini untuk Traveling Hemat)

Selain liburan yang akan dilakukan bisa lebih tenang, kesempatan untuk mendapatkan kamar hotel sesuai keinginan juga lebih besar. Plus, tidak takut kehabisan tiket pesawat saat liburan tiba.

Terutama jika kita memilih berlibur di tanggal merah atau akhir tahun, jika tidak mempersiapkan sejak lama, bisa jadi kita gagal berlibur karena tak kebagian kamar hotel dan tiket pesawat.

Dapat harga promo tiket pesawat dan diskon kamar hotel

Kelebihan lain yang bisa didapatkan saat merencanakan liburan menggunakan kartu kredit adalah kita pun dapat berhemat. Terkait poin sebelumnya di atas, karena memesan dari jauh-jauh hari, biasanya kita akan mendapatkan harga tarif kamar yang lebih murah dan juga tiket pesawat harga promo.

Kabar baiknya, sebuah kartu kredit bisa memberikan keuntungan tersebut. Sebab diskon kamar hotel dan promo tiket pesawat sering ditawarkan saat kita menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Beberapa kartu kredit tertentu biasanya bekerja sama dan menyediakan harga spesial dengan penyedia layanan booking hotel online dan tempat pembelian tiket pesawat online. Harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah.

Tentu sangat disayangkan bila kita tidak bisa memanfaatkan program diskon dan promo tersebut karena tak memiliki kartu kredit tertentu. Padahal lumayan jika dapat potongan harga. Sebab, kelebihan bujet yang dialokasikan untuk tiket pesawat dan kamar hotel, jadi bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

(Baca juga: Di Usia 40 Tahun, Kita Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini)

Menghemat biaya saat makan di restoran

Liburan tentu belum lengkap ketika tidak mencicipi restoran yang menyediakan makanan enak di lokasi wisata. Nah, keuntungan kartu kredit dalam perencanaan liburan juga bisa digunakan untuk hal ini.

Widget TRV Insurance

Banyak restoran-restoran di tempat wisata, khususnya restoran yang ada di hotel, biasanya menawarkan harga promo khusus kartu kredit untuk acara makan malam romantis, menu spesial, dan tambahan keuntungan lainnya.

Jangan sia-siakan kesempatan semacam itu. Jadi, walau kita menginap di hotel mewah, kita dapat merasakan kesempatan makan menu spesial di restoran yang tersedia.  Bahkan biasanya dengan potongan harga yang cukup besar.

Sebagai alat bayar penolong di lokasi berlibur

Kartu kredit akan jadi dewa penolong saat berlibur untuk berjaga-jaga. Misalnya, siapa tahu bujet yang sudah kita siapkan untuk kebutuhan selama berllibur ternyata kurang. Maka kita dapat menggunakan kartu kredit untuk menambal kekurangan-kekurangan tersebut. Namun, ingat untuk tetap mengontrol penggunaannya. (Baca juga: Tips Mengumpulkan Uang untuk Liburan dari Perencana Keuangan Profesional )

Tidak perlu tunai, namun bisa dicicil tiap bulan

Kapan waktu liburan akan dilakukan? Apakah 3 bulan lagi atau 6 bulan lagi? Di sinilah keuntungan kartu kredit bisa digunakan. Sambil menunggu waktu liburan tiba, kita dapat mencicil segala kebutuhan yang sudah dibeli. Mulai dari biaya tiket pesawat, sewa kamar hotel, ongkos biro perjalanan, dan lainnya.

Ketika kita membayarnya dengan kartu kredit, kita pun dapat mengubah pembayaran tersebut dengan program cicilan yang tersedia di masing-masing bank penyedia kartu. Sangat menguntungkan dan meringankan beban, bukan? Apalagi jika biaya liburan yang kita miliki tergolong tidak sedikit.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.