Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Alasan Kenapa Belanja Gunakan Kartu Kredit Menguntungkan

by Tisyrin N. T on 1 Februari, 2017

belanja pakai kartu kredit - CekAja.com

Kartu kredit bak pedang bermata dua. Jika tak pandai menggunakannya, hanya akan membuat pusing karena tagihan yang menggunung. Sementara jika menggunakan dengan bijak, sebenarnya kartu ini punya banyak manfaat.

Untuk kamu yang masih ragu-ragu dengan kartu kredit, yuk simak beberapa alasan mengapa belanja menggunakan kartu kredit bisa menguntungkan.

Membangun riwayat kredit yang baik

Kalau kamu memakai kartu kredit dengan disiplin alias selalu membayar tagihan dengan lancar, itu akan mempengaruhi peringkat kredit kamu lho. Untuk apa peringkat kredit itu? Peringkat kredit yang baik akan memuluskan jalanmu ketika akan mengajukan pinjaman bank.

Misalnya suatu saat kamu akan membuka usaha dan membutuhkan modal, kamu bisa mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Sebagai salah satu syaratnya, bank juga biasanya memintamu melampirkan kartu kredit. Bank akan menilai kelayakanmu dengan melihat riwayat penggunaan kartu kredit.

hoki seru - CekAja.com

Cepat dan mudah

Saat bertransaksi, kamu hanya perlu menggesek kartu. Cara ini jauh lebih praktis daripada menggunakan uang tunai. Saat menggunakan uang tunai, bisa saja uangmu kurang lalu kamu harus mencari ATM. Berapa lama waktu yang terbuang? Belum lagi jika petugas di tempat kamu berbelanja kekurangan uang kembalian, repot bukan? Bisa-bisa kamu terpaksa harus membeli tambahan barang lain agar tidak rugi.

Kartu kredit bisa membuatkan laporan belanja

Kalau kamu rutin berbelanja bulanan atau membayar tagihan listrik dan telepon dengan kartu kredit, kamu akan mendapatkan laporan belanja setiap bulannya. Ya, dengan adanya laporan tagihan kartu kredit, kamu juga sekaligus bisa memiliki pengingat apa saja pengeluaranmu. Ini akan menguntungkan terutama untuk kamu yang malas mencatat pengeluaran.

Apa fungsinya catatan pengeluaran? Kamu akan lebih mudah memantau kemana saja perginya uangmu. Dengan begitu, kamu akan lebih bijak membuat anggaran untuk bulan-bulan mendatang.

Tak perlu khawatir bertransaksi di seluruh dunia

Kartu kredit adalah alat transaksi yang universal. Saat kehabisan mata uang asing di negara lain, kartu kredit akan menjelma sebagai penyelamat. Beruntunglah bagi kamu yang hobi traveling, kartu kredit harus selalu ada di kantongmu untuk kemudahan transaksi.

(Baca juga: 3 Tipe Orang yang Ditakdirkan untuk Sukses, Kamu Termasuk?)

Menikmati frequent flyer program

Kamu yang sering bepergian menggunakan pesawat dan memiliki kartu kredit sangat beruntung. Kamu bisa menikmati frequent flyer program. Lewat program tersebut, kamu bisa dapat diskon tiket pesawat, akomodasi hingga upgrade kelas penerbangan. Maskapai bekerja sama dengan penyedia kartu kredit, sehingga setiap transaksi dengan kartu kredit kamu berpotensi mendapatkan miles. Miles inilah yang bisa kamu tukar untuk mendapatkan berbagai keuntungan tadi.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami