Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Asuransi Selain BPJS

by Rafly Aditia on 10 Maret, 2016

Demi membangun kualitas kesehatan masyarakat yang lebih baik, pemerintah terus menggencarkan program BPJS kesehatan. Bagi banyak pihak, hal tersebut dirasa cukup menguntungkan. Siapa yang tak gembira ketika sakit dan harus dirawat di rumah sakit dengan biaya besar dan kemudian ditanggung oleh pemerintah?

Namun, rupanya ada beberapa alasan yang mengharuskan kamu wajib mempunyai program asuransi selain BPJS. Mengapa demikian? Bukankah pemerintah sudah menjamin kesehatan dengan program BPJS? Well, tak perlu panjang lebar lagi, cukup simak 5 alasan kenapa kamu harus punya asuransi selain BPJS:

Tidak berlaku di luar negeri

Alasan pertama, BPJS hanya melindungi kamu apabila berada di Indonesia. Kalau tiba-tiba mengalami sakit saat berlibur ke luar negeri, kamu tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Bagi kamu yang berpergian ke luar negeri, asuransi swasta wajibkan kamu miliki. Sebab, banyak asuransi swasta memiliki kerja sama dengan beberapa rumah sakit di seluruh dunia.

(Baca juga: Jenis Investasi yang Cocok Saat Kamu Pensiun Kelak)

Alur rumit karena metode berjenjang

Dalam BPJS ada metode berjenjang yang mengharuskan kamu untuk sedikit lebih bersabar saat mengurusnya. Alurnya seperti ini, pertama kamu harus ke faskes 1 dan setelah itu baru mendapatkan rujukan ke rumah sakit yang memang bersedia untuk kerja sama dengan BPJS.

Sebenarnya, peserta bisa langsung mendatangi rumah sakit. Namun terdapat prosedur tertentunya yang membuat peserta tidak bisa langsung dilayani oleh rumah sakit.

Tidak dilayani semua rumah sakit

Hal lain yang perlu kamu ketahui mengenai BPJS adalah tidak semua rumah sakit memiliki perjanjian kerjasama dengan BPJS. Sehingga kamu tidak boleh sembarang berobat ke rumah sakit. Pastikan kamu berobat ke rumah sakit yang telah bekerja sama, hal ini bisa diketahui lewat rujukan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan tingkat 1 seperti puskesmas.

(Baca juga: Usaha Rumahan Kreatif Minim Modal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa)

Tak ada cover khusus

Dalam asuransi BPJS tidak ada cover khusus terhadap penyakit atau kelainan tertentu sehingga ini membuat kamu yang mengidap penyakit langka tidak dapat mengklaim biaya kesehatan.

Hal ini berbeda bila kamu menggunakan asuransi yang lain di mana ada beberapa cover untuk jenis penyakit tertentu. Syaratnya, kamu bersedia untuk membayar premi ekstranya.

(Baca juga: Bagaimana Cairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya)

Antrian panjang, kuota kamar sering habis

Alasan terakhir kenapa kamu harus memiliki asuransi kesehatan selain BPJS adalah antrian yang panjang. Hal ini seringkali membuat para pasien atau yang mengantar pasien menjadi kurang nyaman karena loket pasien umum dan loket pendaftaran BPJS seringkali penuh.

Selain itu, banyaknya pasien BPJS di sebuah rumah sakit pun sering membuat kuota kamar yang disediakan kerap habis.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.