5 Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang Terbaik yang Layak Dijadikan Pilihan

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Aplikasi pinjaman online tenor panjang tentunya memberikan keuntungan bagi sebagian besar masyarakat yang membutuhkan.

Selain besaran bunga, umumnya tenor juga seringkali dijadikan sebagai patokan seseorang ketika ingin mengajukan pinjaman dana.

Idealnya, mengambil tenor pinjaman yang paling singkat memang relatif lebih aman, karena beban bunga yang lebih rendah serta beban diri untuk segera melunasi hutang pun segera berakhir.

Namun, pemikirannya tentu tak sesederhana itu. Sebab, semakin singkat tenor nya, maka semakin besar pula jumlah cicilan yang perlu kamu bayar.

(Baca Juga: 6 Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji)

Oleh karena itu, tenor ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan kamu perihal finansial. Apakah kamu sekiranya mampu membayar jumlah cicilan yang besar?

Jika dilihat dari penghasilan ternyata belum sanggup karena masih memiliki kebutuhan lainnya yang tak kalah penting, maka seharusnya kamu tak memaksakan diri untuk mengambil tenor singkat, karena itu sama saja dengan “bunuh diri”.

Beruntungnya, saat ini sudah terdapat sejumlah aplikasi pinjaman online tenor panjang terpercaya yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak saja pembahasan kali ini!

Tips Menentukan Tenor Pinjaman yang Aman untuk Keuangan

Sebelum kita membahas tentang aplikasi pinjaman online tenor panjang, alangkah lebih baiknya apabila kita turut mengetahui tentang tips menentukan tenor ketika ingin mengajukan pinjaman, agar relatif lebih aman untuk keuangan.

Berikut beberapa tips menentukan tenor pinjaman yang tetap aman untuk keuangan, yaitu adalah:

  • Hitung Kemampuan Finansial

Tips pertama untuk menentukan tenor ketika ingin mengajukan pinjaman adalah, dengan menghitung kemampuan finansial terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa tenor pinjaman merupakan penentu besaran cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu dulu berapa alokasi dana yang tersedia khusus untuk membayar cicilan tersebut.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat daftar kebutuhan dan tanggungan di dalam satu bulan.

Setelah itu, hitunglah total yang perlu kamu sisihkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara keseluruhan.

Nah, setelah kamu mengetahui jumlah kebutuhan dan tanggungan kamu, barulah kamu bisa menentukan tenor pinjaman yang diinginkan.

Pastikan bahwa cicilan pinjaman yang harus kamu bayar setiap bulan tidak membuat keuangan kamu menjadi seret.

  • Pertimbangkan Menggunakan Asuransi Kredit

Tips selanjutnya ketika kamu ingin menggunakan aplikasi pinjaman online tenor panjang adalah, mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi kredit.

Selain kamu menghitung seluruh kebutuhan dan tanggungan, kamu juga perlu mempertimbangkan adanya risiko lainnya yang mungkin terjadi, seperti PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Apabila suatu saat risiko-risiko tersebut terjadi, bagaimana dengan sisa hutang yang kamu punya? Tentu saja apapun yang terjadi, kamu tetap wajib melunasinya, bukan?

Nah, guna menghindari terjadinya risiko ini, umumnya pihak bank akan menawarkan fitur asuransi kredit sebagai mitigasi risiko.

Bahkan di beberapa jenis pinjaman, fitur asuransi ini bersifat wajib atau diikutsertakan secara otomatis lho.

Untuk pinjaman dengan nominal kecil dan tenor pendek, fitur asuransi kredit mungkin bisa diabaikan.

Namun untuk pinjaman dengan nominal besar, alangkah lebih baiknya jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi kredit.

Sehingga utang yang kamu miliki tidak akan membebani orang terdekat maupun anggota keluarga tercinta.

  • Pilih KTA dengan APR Paling Ringan

Nah, tips terakhir dalam memilih tenor pinjaman adalah, usahakan untuk memilih KTA dengan APR paling murah.

Mengajukan pinjaman dengan penawaran dana cepat cair saja sepertinya tidak cukup. Sebab, dapat dikatakan bahwa KTA merupakan salah satu produk pinjaman yang paling mahal.

Biasanya, pinjaman KTA menggunakan skema bunga flat, alias bunga yang dihitung dari total pinjaman dan bukan sisa utang.

Dalam arti, tak peduli sudah berapa besar cicilan yang kamu lunasi, nilai bunga tetap tidak akan berkurang. Inilah yang membuat cicilan kamu tetap besar.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu memilih KTA dengan APR (Annual Percentage Rate) yang paling ringan.

APR itu sendiri merupakan persentase biaya tahunan yang mencakup seluruh biaya pinjaman, seperti bunga, biaya provinsi, biaya analisa kredit, biaya notaris (jika diperlukan), dan sebagainya.

Akan tetapi, perihal tenor ini kamu sejatinya tak perlu khawatir. Sebab, biasanya pihak bank akan melakukan analisa mengenai kemampuan finansial setiap calon debitur, sehingga mereka juga bisa memberikan saran berapa lama tenor yang perlu kamu ambil.

Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang

Setelah mengetahui tentang tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih tenor pinjaman, barulah sekarang kita membahas tentang beberapa aplikasi pinjaman online tenor panjang yang bisa kamu jadikan pilihan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa aplikasi pinjaman online tenor panjang, yaitu adalah:

1. Kredivo

Aplikasi pinjaman online tenor panjang yang pertama akan kita bahas adalah Kredivo, yang sebenarnya sifatnya tak jauh berbeda dengan kartu kredit, yaitu kamu bisa membayar transaksi terlebih dahulu, kemudian melunasi tagihan secara berkala.

Saat ini, Kredivo sudah banyak bekerjasama dengan berbagai merchant, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain, sehingga memungkinkan kamu untuk dapat menggunakan layanan dalam berbagai kebutuhan.

Salah satu keunggulan dari aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini adalah, kamu tidak akan dibebankan oleh bunga apabila mampu melakukan pelunasan cicilan dalam waktu 30 hari.

Sementara itu, secara keseluruhan, tenor yang ditawarkan oleh Kredivo yakni dimulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga yang terpanjang adalah mencapai 12 bulan.

Persyaratan:

  • Usia minimum 18 tahun
  • Pekerjaan karyawan atau tenaga profesional
  • Penghasilan minimum Rp3 juta per bulan
  • Limit pinjaman mulai dari Rp1,5 juta sampai dengan Rp30 juta
  • Tenor mulai dari 30 hari sampai dengan 12 bulan
  • Bunga 2,95 persen per bulan
  • Area layanan di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Palembang

2. TunaiKu

Aplikasi pinjaman online tenor panjang selanjutnya adalah Tunaiku, yang merupakan pinjaman KTA di bawah naungan AmarBank.

Selain melalui website, TunaiKu juga sudah memiliki aplikasi yang bisa kamu unduh melalui smartphone lho, yang tentunya membuat proses pengajuan menjadi jauh lebih mudah.

Nah, salah satu keunggulan dari aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini adalah, kamu tidak memerlukan kepemilikan kartu kredit maupun slip gaji untuk mengajukan lho, alias hanya bermodalkan KTP saja!

Selain itu, sebagai penyedia layanan KTA, TunaiKu juga menawarkan limit pinjaman yang lumayan besar, yaitu mulai dari Rp2 juta sampai dengan Rp20 juta.

Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman Rp5 juta atau Rp10 juta, maka kamu juga bisa mendapatkan masa tenor cicilan mulai dari 6 bulan sampai dengan 20 bulan lho. Panjang sekali, bukan?

Sementara itu untuk biayanya, kamu akan dibebankan bunga sebesar 3 persen sampai dengan 4 persen per bulan dan biaya administrasi sebesar Rp540 ribu dipotong dimuka.

Persyaratan:

  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki rekening pribadi
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Berdomisili di area layanan Tunaiku
  • Tenor mulai dari 6 bulan sampai dengan 20 bulan

3. ModalKu

Aplikasi pinjaman online tenor panjang selanjutnya adalah ModalKu, yang sebenarnya lebih terfokus pada pinjaman khusus UMKM.

Tak tanggung-tanggung, nominal pinjaman yang ditawarkan mencapai Rp2 miliar lho! Dengan masa cicilan yang juga lumayan panjang, yakni hingga mencapai 24 bulan atau 2 tahun.

Akan tetapi, karena limit pinjaman yang sangat besar, proses pengajuan untuk meminjam di Modalku juga memakan waktu yang relatif lama, yaitu bisa lebih dari 5 hari.

Tak hanya itu, persyaratan yang diminta juga cukup panjang, yang mana tentunya disebabkan karena limit pinjaman yang juga sangat besar.

Selain melalui website official mereka, saat ini kamu sudah bisa mengajukan pinjaman dengan mengunduh aplikasi di smartphone, sehingga pengajuan menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Kamu tak perlu khawatir, sebab aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini juga sudah memiliki izin resmi dan dibawah kepengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Persyaratan:

  • Memiliki usaha atau bisnis yang telah berjalan minimal 1 tahun
  • Berdomisili di Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Bandung, serta Surabaya
  • Berusia minimum 21 tahun dan maksimum 60 tahun
  • Bisa bentuk usaha berupa PT, CV, maupun perorangan
  • Memiliki omzet bisnis yang tercatat di rekening bank
  • Tenor mencapai 24 bulan

4. Koinworks

Aplikasi pinjaman online tenor panjang selanjutnya adalah Koinworks, yang merupakan perusahaan P2P lending yang memungkinkan kamu untuk mengajukan pinjaman untuk berbagai tujuan.

Tak hanya melalui website, kamu pun juga bisa mengajukan pinjaman hanya dengan bermodalkan smartphone saja lho, yaitu dengan cukup mengunduh aplikasi Koinworks melalui App Store atau Play Store.

Dengan nominal pinjaman mencapai Rp500 juta, tenor cicilan yang ditawarkan juga cukup panjang, yakni mulai dari 6 bulan sampai dengan 24 bulan.

Persyaratan:

  • Berusia di atas 17 tahun
  • Memiliki rekening bank pribadi di Indonesia
  • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Tidak memiliki hutang yang belum terlunasi

5. Kredit Pintar

Nah, aplikasi pinjaman online tenor panjang yang akan kita bahas terakhir adalah Kredit Pintar, yang memiliki fasilitas pengajuan online dengan mengunduh aplikasi melalui Smartphone.

Salah satu keunggulan dari aplikasi pinjaman online tenor panjang satu ini adalah, kamu tidak perlu melampirkan slip gaji ketika ingin mengajukan pinjaman lho.

Dengan limit pinjaman mulai dari Rp550 ribu sampai dengan Rp8 juta, tenor cicilan yang ditawarkan relatif cukup panjang, yakni mulai dari 2 bulan sampai dengan 12 bulan.

Bagaimana jika ingin mengajukan? Kamu cukup mengisi form data diri, nomor rekening, foto KTP, selfie bersama KTP, dan melakukan proses verifikasi saja. Sangat mudah kan!

Persyaratan:

  • Usia minimum 18 tahun
  • Limit pinjaman mulai dari Rp550 ribu sampai dengan Rp8 juta
  • Bunga 0,5 persen per hari
  • Memiliki KTP
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Berdomisili di seluruh kota di Indonesia
  • Tenor mulai dari 2 bulan sampai dengan 12 bulan

Jadi, itulah beberapa aplikasi pinjaman online tenor panjang yang bisa kamu jadikan pilihan dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

(Baca Juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Cicilan Terbaik)

Bingung memilih aplikasi pinjaman online tenor panjang yang paling sesuai, kamu bisa lho melakukan perbandingannya melalui CekAja.com.

Tak hanya fitur perbandingan saja, di CekAja.com kamu juga bisa langsung mengajukan pinjaman dengan proses yang sepenuhnya dilakukan secara online, dengan mudah, cepat, dan aman. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan pinjamanmu hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha