Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Bisnis Kuliner Potensial yang Kasih Untung Besar Saat Puasa

by Rafly Aditia on 3 Juni, 2016

bisnis Ramadhan_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bisnis kuliner bisa dibilang  tidak akan ada habisnya. Apalagi di momen-momen tertentu, bisnis kuliner dapat memberikan untung lumayan besar. Misalnya saat bulan puasa, omzet bisnis kuliner bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika kamu menjajal peluang bisnis kuliner dari sekarang.

Untuk membantu kamu yang berencana membuka sebuah usaha kuliner khas ramadan, CekAja.com memberikan daftar 5 bisnis kuliner potensial yang bisa kasih untung besar saat puasa, apa saja? Berikut daftarnya:

Tahu bulat

Ramai soal rekaman suara penjual “Tahu bulat” bahkan sampai meme lucu di sosial media cukup bisa menggambarkan betapa bisnis satu ini tengah booming. Apalagi saat bulan puasa nanti, orang tentu akan banyak mencari camilan. Salah satunya yang sering jadi pilihan adalah tahu bulat.

Coba dihitung, harga tahu bulat senilai Rp 500 per buah. Kalau kamu menjual setidaknya 500  buah per hari, maka omzet yang kamu miliki dari jualan tahu bulat mencapai Rp 250 ribu per hari. Artinya dalam sebulan omzetnya mencapai Rp 7,5 juta. Lumayan juga ya..

Aneka kue tradisonal

Camilan memang menjadi primadona saat bulan puasa. Sadar gak sih bahwa camilan kue tradisonal seperti misalnya kue apem, cucur, atau pacar cina menjadi menu yang sering dihidangkan saat berbuka puasa di rumah sampai acara buka bersama di sekolah, kampus, ataupun kantor.

Harga dari kue-kue ini cukup bervariasi mulai dari Rp 1.000 – Rp 3.000 per buah. Dengan asumsi rata-rata kue dijual seharga Rp 2.000 dan kamu menjual sebanyak 200 buah, dalam sehari omzet yang diperoleh mencapai Rp 400 ribu. Dan, dalam sebulan nilainya mencapai Rp 12 juta. Benar-benar menggiurkan.

(Baca juga: Orang yang Gengsinya Gede Ternyata SUsah Kaya, Ini Buktinya)

Minuman segar

Ketika berpuasa, salah satu hal berat yang dirasakan semua orang adalah dahaga. Namun, di situ ada peluang bisnis yang sangat mungkin untuk kamu maksimalkan. Ketika berbuka puasa, biasanya orang memilih minuman segar mulai dari es timun suri, es kelapa hingga es campur.

Nah, kamu bisa menjual aneka minuman segar untuk berbuka. Harganya memang bervariasi, tapi dengan asumsi harga satu porsi minuman segar sebesar Rp 5.000, apabila kamu dapat menjual sekitar 50 porsi, omzet per harinya dapat mencapai Rp 250 ribu. Dalam satu bulan? Omzetnya bisa mencapai Rp  7,5 juta.

Aneka bubur manis

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kemunculan berbagai macam aneka bubur manis. Misalnya bubur sum-sum, bubur biji salak, dan sebagainya. Aneka bubur manis seringkali menjadi pilihan orang berbuka puasa.

Biasanya, harga yang dipatok untuk satu porsi aneka bubur manis sekitar Rp 4.000. Kalau kamu berhasil menjual sekitar 100 porsi saja dalam sehari maka ozset perbulannya dapat mencapai Rp 12 juta lho.

Macam-macam makanan tradisional dan gorengan

Berbagai makanan tradisional dan gorengan seperti lontong, lemper, tahu goreng, dan bakwan menjadi menu buka puasa favorit banyak orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang hanya berbuka dengan takjil lontong dan gorengan terlebih dahulu dengan alasan tak ingin terlalu kenyang mengingat harus menjalani ibadah selepas buka puasa.

Maka dari itu, potensi bisnis yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Dengan asumsi harga jual senilai Rp 1.000 dan kamu dapat menjual hingga 300 butir saja, maka omzet per harinya mencapai Rp 300 ribu. Dalam sebulan kamu bisa punya omzet senilai Rp 9 juta.

(Baca juga: 8 Alasan Kamu Selalu Gagal Nagih Utang ke Teman)

Berbagai macam bisnis kuliner diatas mungkin bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin mengais rezeki lebih di bulan puasa. Kalau kamu terkendala masalah modal untuk memulai bisnis tersebut, gak perlu pusing-pusing. Sekarang kamu bisa mengajukan pinjaman KTA online di CekAja tanpa perlu ribet bolak-balik ke bank.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.