Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Cara yang Bikin Nafsu Makan si Kecil Meningkat

by Rafly Aditia on 31 Oktober, 2016

Nafsu makan anak yang berkurang memang bisa bikin pusing orang tua. Padahal, kesehatan anak sangat bergantung pada asupan yang masuk ke perutnya. Saking putus asanya menghadapi tingkah anak kecil yang ogah makan, tidak sedikit orang tua yang menggunakan amarah atau bentakan untuk membuat sang anak mau makan.

Padahal kamu tidak perlu memarahi atau membentak hanya untuk membuat anak mau makan. Agar nasfu makan anak meningkat, 5 cara ini tidak boleh kamu lewatkan :

Ajak anak makan bersama

Dengan mengajak anak untuk makan bersama, kamu bisa merangsang nafsu makannya. Biarkan anak menyantap sendiri jatahnya dan bergabung dengan anggota keluarga yang lain. Dengan cara ini, anak bakal melihat anggota keluarga lainnya menyantap makanan.

Pikiran anak pun akan merespon bahwa sebagai bagian dari keluarga dia perlu melakukan hal yang sama yakni makan. Dibanding harus terus menyuapinya setiap waktu, cara satu ini terbilang efektif untuk meningkatkan nafsu makannya.

(Baca juga: Agar Tidak Menderita di Akhir Bulan Meski Gaji Habis)

Bagi makananmu

Tahukah kamu, membagi makannamu pada si kecil bakal membuat nafsu makannya meningkat? Untuk itu, cobalah makan satu piring bersama si kecil. Kamu akan membuat dia lebih antusias untuk menyantap makanan. Seperti yang kamu ketahui, anak-anak ingin dianggap bahwa apa yang mereka lakukan merupakan hal yang normal atau sama seperti orang dewasa lakukan.

Coba ajak dia ngobrol

Kamu bisa mengajak anak berbincang seputar makanan. Ya, dengan berbicara mengenai betapa lezatnya suatu makanan tertentu maka kamu sama saja merangsang nafsu makannya. Kamu bisa ceritakan tentang manfaat sebuah makanan. Misalnya makan bayam bisa membuat anak kuat seperti popeye. Cara ini terbukti cukup efektif selama dilakukan dengan pendekatan yang tepat.

Berikan sedikit setiap kali makan

Kalau si kecil punya makanan yang sangat tidak dia sukai, padahal makanan itu sangat penting, kamu harus segera mengantisipasinya. Cara yang harus kamu lakukan adalah dengan memberikan makanan yang tidak disukainya pada setiap makan siang atau makan malamnya. Ingat, hanya tambahkan sedikit saja. Lama kelamaan, rasa ketidaksukaan si kecil bakal hilang dengan sendirinya.

(Baca juga: Ini Harga Rumah yang Sesuai dengan Gaji Kamu)

Buatlah suasana yang menyenangkan

Kamu juga perlu menciptakan suasana yang menyenangkan setiap waktu makan si kecil. Hal ini bakal memberi dampak yang besar bagi nafsu makan anak. Ketika waktu makan dikelilingi atmosfir yang positif dan penuh senyuman dari seluruh anggota keluarga, maka dia akan lebih mudah untuk menyantap makanan yang kamu berikan.

Butuh asuransi kesehatan yang berikan biaya pertanggungan untuk kesehatan si kecil? Gunakan asuransi kesehatan yang tepat. Dapatkan sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami