Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli Mobil Bekas

by Rafly Aditia on 5 November, 2016

mobil bekas murah _ CekAja.com

Membeli mobil bekas merupakan langkah cerdas bagi kamu yang ingin punya mobil dengan bujet terbatas. Dibanding beli mobil baru yang harganya belum terjangkau keuanganmu, memilih mobil bekas bisa jadi solusi terbaik. Walau begitu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal ketikan memutuskan untuk beli mobil bekas. Berikut 5 hal yang harus dipertimbangkan saat beli mobil bekas:

Tahun produksi

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat beli mobil bekas adalah tahun produksi. Yup, sebaiknya kamu membeli mobil bekas dengan tahun pembuatan di atas tahun 2000. Karena hal ini berpengaruh terhadap kondisi fisik mobil serta ketersediaan sparepart di pasaran.

Terkecuali jika kamu memang menginginkan mobil antik atau ada beberapa faktor lain yang membuat mobil tua lebih menguntungkan untuk dibeli.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Kelengkapan surat

Kelengkapan surat-surat adalah hal yang wajib. Pilih mobil bekas dengan surat yang lengkap mulai dari BPKB hingga STNK. Kalau pemilik mobil mengaku bahwa salah satunya hilang, pastikan dia mengurusnya di kepolisian terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melakukan negosiasi kembali karena keberadaan surat-surat benar-benar mempengaruhi harga mobil bekas.

Harganya masuk akal atau tidak?

Ketika kamu ingin membeli mobil bekas, sebaiknya cari tahu dulu harga pasaran jenis mobil yang dipilih. Sebagai patokan kamu bisa mencari harganya secara online di beberapa website otomotif dan portal jual beli mobil bekas. Kamu juga bisa mengamati harga mobil pilihan di showroom terdekat.

Kalau sudah menemukan mobil yang harganya murah, coba cari tahu mengapa penjual berani memberikan harga begitu rendah? Apakah dia sedang butuh uang cepat atau alasan lain. Sekadar berjaga-jaga, terkadang mobil bekas yang dijual dengan harga murah dan cepat memiliki beberapa kekurangan seperti masalah surat hingga mesin.

Kondisi dan kilometer kendaraan

Ketika kamu sudah merasa cocok dengan mobil bekas pilihan kamu sebaiknya lakukan pengecekan kondisi mesin dan kilometer kendaraan. Apabila kamu bukan ahlinya, kamu bisa mengajak montir kepercayaan atau teman yang mengerti betul tentang seluk-beluk kendaraan sehingga kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi mesin yang sehat.

(Baca juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Datang ke IMOS 2016)

Konsumsi bensin

Terakhir, kamu juga perlu mengecek bagaimana konsumsi bensin mobil yang dipilih. Biasanya mobil bekas memiliki konsumsi bensin yang tidak lagi prima alias lebih boros daripada seharusnya tergantung kondisi kendaraan.

Untuk itu sesuaikan dengan kemampuanmu, terkadang mobil bekas bagus dengan harga murah punya masalah dengan konsumsi bensin yang sangat boros.

Berencana beli mobil dalam waktu dekat? Agar untung, beli dengan fasilitas Kredit Kendaraan Bermotor. Daftar sekarang di CekAja!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami