Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Jurus Jitu Agar Karier Melesat Cepat di Usia Muda

by Rafly Aditia on 5 Juni, 2017

tips karier _ investasi - CekAja.com

Mendapatkan sebuah pekerjaan bukanlah akhir dari perjalanan karier seseorang, melainkan langkah awal.

Tentu semua orang menginginkan jabatan serta gaji yang lebih tinggi dibandingkan saat ini. Maka dari itu wajib memiliki rencana karier yang tepat untuk mendapatkannya. Agar karier dapat melesat cepat di usia muda ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Simak ulasannya berikut ini:

1. Asah terus keahlian

Hal pertama yang harus dilakukan agar karier dapat melesat cepat ke level yang lebih tinggi adalah terus mengasah skill di bidang yang sedang digeluti. Jangan takut untuk belajar suatu yang baru. Bahkan jika harus mempelajari sesuatu di luar deskripsi pekerjaan saat ini.

Dengan menguasai banyak skill dengan level yang tinggi, kemungkinan untuk naik jabatan akan lebih besar. Selain itu, sesuaikan skill yang ingin diasah dengan posisi yang diimpikan.

2. Networking

Networking merupakan hal yang tidak boleh dilupakan kalau ingin karier cemerlang. Membangun relasi adalah nilai lebih, sehingga besar kemungkinan mendapatkan karier yang lebih baik lagi. Manfaatkan sosial media sebagai cara meningkatkan jaringan karier profesional.

3. Work smart bukan work hard

Ingat, work smart lebih baik daripada work hard. Dalam bekerja, hasil menjadi orientasi penilaian utama. Cobalah untuk bekerja lebih efektif dan efisien bukan hanya bekerja over time tiap waktu.

Dengan bekerja secara efektif dan efisien, atasan akan melihat kinerja tersebut dan dapat memberikan peluang untuk meraih jabatan yang lebih tinggi dari saat ini.

4. Jadi kutu loncat

Kalau yang satu ini cocok untuk para pekerja berusia muda. Menjadi kutu loncat alias pindah kerja sana-sini juga bisa membuat karier melesat cepat. DIbanding harus berlama-lama di sebuah perusahaan yang jenjang kariernya cukup sulit, mencoba pekerjaan lain di tempat baru lebih memungkinkan untuk membuka peluang naik jabatan.

5. Lebih aktif dan sering berdiskusi dengan atasan

Jadilah lebih aktif dan sering berdiskusi dengan atasan mengenai goals dalam karier. Selain itu, cobalah untuk berkolaborasi dengannya menyusun sebuah rencana karier di masa depan.

Sebab, menurut riset Apollo Research Institute, kesempatan paling signifikan untuk meningkatkan karier adalah mengikutsertakan atasan dalam perencanaan karier yang dibuat.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.