Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Kebiasaan Buruk yang Perlahan Bisa Membunuhmu

by Ariesta on 22 Februari, 2017

penyebab kegemukan _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Siapapun yang telah sukses meninggalkan kebiasaan merokok pasti paham betapa sulitnya menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Namun usaha tersebut pastinya tidak sia-sia karena rokok sering dikaitkan dengan kanker kardiovaskular.

Sebuah studi yang dirilis jurnal The British Medical bahkan mengungkap kalau setiap batang rokok dapat memperpendek hidup selama 11 menit. Berhenti merokok jelas merupakan langkah tepat. Tapi tanpa kamu sadari, masih banyak kebiasaan buruk yang perlahan membunuhmu. Apa saja?

Duduk sepanjang hari

Bagi pekerja kantoran, duduk dari pukul 9 sampai pukul 5 sore sudah ajdi aktivitas sehari-hari. Terkesan sepele, tapi duduk terus menerus tanpa bangkit untuk menggerakan tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, tidak produktif akibat kebanyakan duduk bisa menjadi pembunuh lebih berbahaya dibandingkan rokok.

Kebanyakan orang kantoran menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk daripada berdiri atau berjalan-jalan. Rata-rata dari mereka duduk selama 9,3 jam, lebih lama dari waktu tidur. Duduk sepanjang hari dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, penyakit jantung, dan kematian tiba-tiba. Bahkan tujuh jam olahraga dalam seminggu tidak cukup untuk menangkal bahaya dari duduk terlau lama.

Makan makanan tidak sehat

Fast food dan junk food memang praktis dan enak. Tapi kalau menyantapnya jadi kebiasaan, kamu tengah membahayakan kesehatanmu sendiri.

Menurut penelitian yang dilakukan University of Minnesota School of Public Health, terlalu sering makan fast food atau junk food bisa membuat kamu terserang berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, hingga kolesterol.

Tidak memakai sunscreen

Terpapar sinar matahari secara langsung terus menerus bisa meningkatkan risiko melanoma. Melanoma merupakan jenis penyakit kanker kulit paling ganas yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanosit ini merupakan tempat diproduksinya melanin, pigmen yang menentukan warna kulit.

Kalau kamu menemukan tahi lalat yang tumbuhnya tidak normal, atau muncul tiba-tiba, kamu harus mewaspadainya sebagai melanoma. Karenanya, jangan tinggalkan kebiasaan memakai sunscreen sebelum beraktivitas. Gunakan SPF minimal 30 dan hindari kontak langsung dengan matahari pada pukul 11 siang sampai pukul 4 sore.

Mengisap shisha

Banyak orang berusaha mengalihkan kebiasaan merokok mereka dengan mengisap shisha. Sayangnya kebiasaan ini sama berbahayanya dengan mengisap tembakau, bahkan lebih buruk. Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2013, pipa shisha bisa membuat pemakainya terpapar benzene level tinggi yang akhirnya meningkatkan risiko leukemia.

(Baca juga: Jenis Suku Bunga Kredit Bank dan Cara Menghitungnya)

Begadang

Kebiasaan bedagang alias kurang tidur, tidak hanya mempengaruhi mood dan konsentrasi, tapi juga fungsi otak, stroke, tekanan darah tinggi, dan jantung. Kebiasaan begadang membuat kamu berisiko terkena penyakit jantung, baik berupa serangan jantung maupun gagal jantung.

Tidur berperan penting bagi kemampuan tubuh dalam menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Inilah mengapa seseorang yang kurang tidur cenderung rentan menderita penyakit serius terkait kardiovaskular.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami