Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Habiskan Masa Pensiun

by Rafly Aditia on 22 June, 2016

pensiun sejahtera - CekAja.com

Masa pensiun harus dipersiapkan sedini mungkin, karena kalau tidak dipersiapkan dengan baik dan matang masa pensiun bisa jadi berantakan dan penuh kesulitan. Terutama masalah biaya sehari-hari, kamu benar-benar harus menghitung bagaimana pengeluaran rutin di masa pensiun.

Untuk itu, kalau mau menghabiskan masa pensiun dengan bujet minim, mungkin beberapa kota ini bisa jadi pilihan. Berikut 5 kota terbaik di Indonesia untuk menghabiskan masa pensiun:

Banyuwangi

Sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa dengan luas wilayah 5,7 km², banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Tetapi, kali ini kita tidak berbicara tentang hal itu. Menurut survei BPS, kota Banyuwangi menjadi kota dengan biaya hidup paling rendah di Indonesia.

Berdasarkan survei terakhir yaitu tahun 2016, biaya hidup di banyuwangi senilai Rp 3 juta per bulan untuk rata-rata 3 hingga 6 anggota keluarga. Ini berarti per orangnya cukup mengeluarkan uang Rp 838 ribu untuk biaya hidup per bulannya.

(Baca juga: Lima Strategi Agar Dapat Untung Besar Jual Kue Lebaran)

Kudus

Bagi kamu yang tinggal di Jawa Tengah, sepertinya pensiun di kota Kudus bisa menjadi pilihan yang tepat. Kota yang punya 25 kelurahan, 91,7 ribu jumlah penduduk dan luas wilayah sebesar 10,47 km² tersebut dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Berdasarkan survei biaya hidup (SBH) terakhir dari BPS, biaya hidup di kota Kudus berkisar Rp 730 ribu setiap bulan per orangnya.

Singaraja

Sebagai ibu kota dari kabupaten Buleleng, Bali, Singaraja memiliki sektiar 80 ribu penduduk dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 2877 jiwa/km². Banyak orang yang tertarik untuk pergi ke Singaraja karena potensi wisata yang sangat indah.

Sebut saja pantai Lovina, pulau Menjangan, sampai air terjun Les yang jadi primadona. Menariknya, biaya hidup di Singaraja termasuk sangat murah yaitu sekitar Rp 738 ribu per bulan.

Metro

Berjarak 45 km dari kota Bandar Lampung, Metro adalah kota terbesar kedua di provinsi Bandar Lampung. Tadinya, Metro merupakan kota administratif yang berfungsi sebagai ibukota Lampung Tengah sampai tahun 1999. Memiliki jumlah penduduk hingga lebih dari 140 ribu, Metro memiliki penduduk yang cukup beragam.

Kalau kamu mau menghabiskan masa pensiun dengan beban finansial yang ringan, Metro bisa jadi pilihan. Karena di kota yang satu ini biaya hidup rata-rata per orang sektiar Rp 738 ribu.

(Baca juga: Kamu Mau Mudik? Ini Tip Atur Bujet Agar Hemat)

Probolinggo

Alternatif kota lainnya yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan masa pensiun dengan bujet minim adalah Probolinggo. Probolinggo merupakan kota yang adi Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara.

Dengan populasi sekitar 196 ribu penduduk, Probolinggo mungkin jadi tempat yang tepat untuk pensiun. Biaya hidup di Probolinggo juga masih cukup murah, berdasarkan survei terakhir BPS data Survei Biaya Hidup (SBH) di Probolinggo sebesar Rp 825 ribu per orangnya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami