7 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Habiskan Masa Pensiun

Masa pensiun memang sangat tepat digunakan untuk menikmati kehidupan secara sederhana. Namun, tahukah kamu terdapat kota terbaik di Indonesia untuk habiskan masa pensiun?

7 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Habiskan Masa Pensiun

Masa pensiun harus dipersiapkan sedini mungkin, karena kalau tidak dipersiapkan dengan baik dan matang masa pensiun bisa jadi berantakan dan penuh kesulitan.

Terutama masalah biaya sehari-hari, kamu benar-benar harus menghitung bagaimana pengeluaran rutin  di masa pensiun.

Untuk itu, kalau mau menghabiskan masa pensiun dengan bujet minim, mungkin beberapa kota ini bisa jadi pilihan. Berikut 5 kota terbaik di Indonesia untuk menghabiskan masa pensiun:

Daftar Kota Terbaik untuk Masa Pensiun

Banyuwangi

Sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa dengan luas wilayah 5,7 km , banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Tetapi, kali ini kita tidak berbicara tentang hal itu. Menurut survei BPS, kota Banyuwangi menjadi kota dengan biaya hidup paling rendah di Indonesia.

Berdasarkan survei terakhir yaitu tahun 2018, biaya hidup di banyuwangi sekitar Rp 3 juta per bulan untuk rata-rata 4 anggota keluarga. Ini berarti per orangnya cukup mengeluarkan uang Rp838 ribu untuk biaya hidup per bulannya.

(Baca juga:  8 Tips Persiapkan Pensiun Dini, untuk Masa Pensiun yang Terjamin dan Bahagia!)

Kudus

Bagi kamu yang tinggal di Jawa Tengah, sepertinya pensiun di kota Kudus bisa menjadi pilihan yang tepat. Kota yang punya 25 kelurahan, 91,7 ribu jumlah penduduk dan luas wilayah sebesar 10,47 km tersebut dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Berdasarkan survei biaya hidup, biaya hidup di kota Kudus berkisar Rp730 ribu setiap bulan per orangnya. Biaya sekitar Rp3.08 juta sudah dapat digunakan untuk kehidupan satu keluarga.

Singaraja

Sebagai ibu kota dari kabupaten Buleleng, Bali, Singaraja memiliki sekitar 80 ribu penduduk dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 2877 jiwa/km . Banyak orang yang tertarik untuk pergi ke Singaraja karena potensi wisata yang sangat indah.

Sebut saja pantai Lovina, pulau Menjangan, sampai air terjun Les yang jadi primadona. 

Namun, jangan salah sangka jika kamu mengira biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di pulau dewata ini mahal! Karena, biaya hidup di Singaraja termasuk sangat murah yaitu sekitar Rp738 ribu per bulan.

Metro Lampung

Berjarak 45 km dari kota Bandar Lampung, Metro adalah kota terbesar kedua di provinsi Bandar Lampung. Tadinya, Metro merupakan kota administratif yang berfungsi sebagai ibukota Lampung Tengah sampai tahun 1999.

Dengan jumlah penduduk hingga lebih dari 140 ribu, Metro Lampung memiliki penduduk yang cukup beragam.

Kalau kamu mau menghabiskan masa pensiun dengan beban finansial yang ringan, Metro bisa jadi pilihan. Karena di kota yang satu ini biaya hidup rata-rata per orang sekitar Rp738 ribu.

Probolinggo

Alternatif kota lainnya yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan masa pensiun dengan bujet minim adalah Probolinggo. Probolinggo merupakan kota yang adi Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara.

Dengan populasi sekitar 196 ribu penduduk, Probolinggo mungkin jadi tempat yang tepat untuk pensiun. Biaya hidup di Probolinggo juga masih cukup murah, berdasarkan survei terakhir BPS data Survei Biaya Hidup (SBH) di Probolinggo sebesar Rp825 ribu per orangnya.

Solo

Kota terbaik di Indonesia untuk habiskan masa pensiun berikutnya adalah Solo yang dikenal dengan biaya hidupnya yang murah.

Kamu bahkan bisa menemukan penjual makanan yang menjajakan jualannya dengan harga Rp5 ribu saja untuk satu porsi makanan.

Tidak hanya kuliner, di transportasi di Solo juga terbilang murah yakni bus solo yang hanya menghabiskan uang sekitar Rp3 ribu hingga Rp15 ribu.

Cirebon

Kota Cirebon merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia yang terletak di Jawa Barat. Kota ini kerap dijuluki sebagai kota udang dan dikenal sebagai kota untuk melanjutkan pendidikan.

Biaya hidup yang ada di kota ini berkisar Rp1.5 juta hingga Rp2 Juta untuk satu orang

(Baca juga:  Cara Mempersiapkan Dana Pensiun, Biar Masa Depan Lebih Santuy!)

Itulah daftar kota terbaik di Indonesia untuk habiskan masa pensiun dengan biaya hidup yang murah. Sudah tahu kamu akan menghabiskan masa pensiun di mana?

Sebelum itu, kamu tentunya tak boleh lupa untuk menabung agar kebutuhan saat pensiun bisa terpenuhi. Tak ada salahnya juga untuk mulai menabung dari sekarang.

Untuk itu, buat rekening tabungan dana pensiun kamu di CekAja.com! Karena di CekAja.com, kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan produk tabungan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Proses pembukaan tabungan di CekAja.com juga sangat mudah, aman, dan juga cepat karena seluruh prosesnya dilakukan secara online dengan menggunakan smartphone mu saja!

Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi CekAja.com untuk membuka rekening tabungan terbaik dan mendapatkan promo tambahan lainnya!