Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

5 Manfaat Bila Kamu Kuliah Sambil Bekerja

by Rafly Aditia on 1 Februari, 2017

kuliah sambil kerja - CekAja.com

Kuliah sambil bekerja dilakukan banyak orang karena beberapa alasan, bahkan tidak sedikit yang melakukannya karena alasan ekonomi.

Walau begitu, kuliah sambil kerja ternyata memiliki banyak manfaat untuk karier dan kehidupan. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Meningkatkan daya saing

Ketika kamu lulus nanti, kamu bakal memiliki daya saing lebih tinggi dibandingkan dengan para freshgraduate yang tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Perusahaan akan lebih melirik kamu karena sudah mempunyai pengalaman kerja.

(Baca juga: 5 Cara Bisa Bekerja Sambil Kuliah Kelas Karyawan)

Bisa dibilang, kamu berada satu langkah di depan dengan bekerja sambil kuliah sehingga nanti jika ingin ganti pekerjaan setelah lulus akan lebih mudah.

Bisa bayar kuliah sendiri

Dengan gaji yang didapatkan, kamu bisa bayar kuliah sendiri tanpa harus merepotkan orang tua. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa membantu keperluan rumah rumah tangga orang tua.

hoki seru - CekAja.com

Jadi lebih pintar atur waktu

Karena kuliah sambil bekerja, mau tidak mau kamu harus pintar-pintar mengatur waktu setiap hari. Kamu perlu mengatur waktu bekerja, belajar, bahkan untuk mengerjakan tugas dengan baik.

Karena sudah terbiasa mengatur waktu, kemungkinan besar kamu akan memiliki manajemen lebih waktu yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak bekerja saat kuliah. (Baca juga: Manfaat Solo Traveling Bagi Kehidupan Anak Muda)

Sudah tahu lebih dulu dunia kerja

Karena kamu bekerja saat kuliah, maka kamu tahu betul apa saja kemampuan diperlukan dan masalah yang ada di dunia kerja. Oleh karena itu, pelajaran-pelajaran di kampus yang kamu rasa sesuai dengan pekerjaanmu dapat benar-benar dipelajari karena memiliki manfaat yang real dalam pekerjaan.

Tentu berbeda dengan mereka yang hanya kuliah saja, biasanya akan sedikti kaget ketika memasuki dunia kerja yang nyatanya lebih keras dibandingkan kehidupan di kampus.

Gak perlu takut nganggur

Simpel saja, ketika kamu masih kuliah dan bekerja lalu lulus nantinya, biasanya perusahaan tempat kamu bekerja justru menawarkan kamu untuk terus berkontribusi. Malahan, mungkin saja kamu mendapatkan posisi dan gaji yang lebih tinggi karena gelar yang kamu dapatkan.

Jadi, kamu gak pelru takut menganggur hingga berbulan-bulan bahkan tahunan seperti banyak para freshgraduate masa kini yang nasibnya kurang baik.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.