Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Berpeluang Tinggi, Gaji Mumpuni

by Estrin Vanadianti Lestari on 6 November, 2019

Siapa bilang, untuk bisa bekerja di bidang kesehatan, kamu hanya harus menjadi seorang dokter? Nyatanya, saat ini sudah ada banyak sederet pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, yang sangat menunjang karirmu di dunia kesehatan, berpeluang kerja tinggi, serta memiliki gaji yang mumpuni.

Terlebih, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat saat ini sudah banyak ditemukan di berbagai universitas-universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Meski terbilang baru, jurusan ini ternyata memiliki prospek lapangan pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang sangat luas dan besar.

Tidak hanya itu, pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat juga bisa mencakup banyak bidang kesehatan, yang mungkin belum banyak diketahui. Mulai dari bidang pencegahan penyakit, pengendalian wabah, kebijakan kesehatan, kesehatan linkgungan, perawatan kesehatan, promosi kesehatan hingga epidemologi, dan bioterorisme.

Bahkan, permintaan lulusan berkualitas dari Jurusan Ilmu Kesehatan, juga cukup tinggi hingga berani untuk memberi gaji yang besar dan bervariasi. Memang apa saja hal-hal yang dipelajari di Jurusan Ilmu Kesehatan?

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Biasanya, kamu akan mendapatkan ilmu yang mendasar terlebih dahulu, dan berikut beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari di jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat:

  • Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Kesehatan Reproduksi Masyarakat
  • Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
  • Etika dan Hukum Kesehatan
  • Komunikasi Kesehatan
  • Dasar Ilmu Gizi
  • Pengantar Gizi Masyarakat
  • Pencemaran Lingkungan
  • Pengelolaan Lingkungan Hidup
  • Sanitasi Lingkungan
Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Jika Fakultas Kedokteran memiliki banyak peminat dan banyak pula kampus terbaik yang menawarkan jurusan tersebut, apakah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat juga memiliki akreditasi yang baik? Dimana saja kampus terbaik yang memiliki jurusan ini?

Setidaknya ada 5 perguruan tinggi negeri dengan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan akreditasi A:

1. Universitas Hasanudin (Unhas)
2. Universitas Diponegoro (Undip)
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Universitas Airlangga (Unair)
5. Universitas Sumatera Utara (USU)

(Baca Juga: Mengetahui Pekerjaan Jurusan Teknik Nuklir di Indonesia, Mulai dari Perminyakan Hingga Pertambangan)

5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Nah, apakah kamu juga merupakan salah satu dari sekian banyak calon mahasiswa yang ingin menjadi Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat? Jika ia, berikut prospek menjanjikan dari pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, yang sering ditawarkan banyak perusahaan besar di Indonesia.

1. Ahli Gizi

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang pertama adalah menjadi ahli gizi. Seorang ahli gizi tentunya berbeda dengan seorang dokter spesialis gizi. Apa bedanya?

Jika seorang dokter spesialis gizi bertugas untuk menganalisa penyakit, terkait gizi seseorang dan memberikan obat yang tepat untuk pasien. Sementara ahli gizi bekerja untuk memberikan pengetahuan mulai dari kebiasaan berperilaku hidup sehat, menjelaskan komposisi makanan atau minuman, dan lain-lain di suatu populasi.

Kamu juga bisa menjadi ahli gizi di sebuah perusahaan produk makanan, minuman, atau obat, dimana kamu harus menganalisa hingga memastikan manajemen kualitas produk, sudah sesuai atau belum. Rata-rata gaji seorang ahli gizi adalah sekitar Rp5 juta ke atas per bulannya.

2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat selanjutnya, yang memiliki prospek besar adalah menjadi seorang ahli K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Biasanya seorang ahli K3 akan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar, guna mengetahui hingga mengidentifikasi seluruh aspek keselamatan dan kesehatan kerja, karyawan di lingungan perusahaan.

Seorang ahli K3 juga dituntut untuk mencari risiko kecelakaan kerja hingga risiko bahaya yang mungkin saja bisa mengancam kesehatan pekerja di perusahaan tempatnya bekerja. Dari analisa tersebut, seorang K3 tentunya harus membuat sistem demi menjaga seluruh karyawan dari sebuah kecelakaan kerja.

Untuk para pemula mungkin gaji yang akan didapatkan tidak terlalu besar, bahkan mungkin di atas UMR sedikit. Namun dengan pengalaman yang panjang, kamu bisa loh mendapatkan gaji dengan rentan penghasilan sekitar Rp10 juta ke atas.

3. Epidemiologist

Berikutnya prospek menjanjikan dari pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah menjadi ahli epidemologist. Menjadi hal yang sangat penting di dunia kesehatan, ahli epidemologist secara umum adalah bekerja untuk membahas pola kesehatan atau sebuah penyakit serta seluruh faktor yang terkait terhadap penyakit.

Namun, tidak asal seorang ahli epidemiologist menganalisa sebuah penyakit, karena ia akan menggunakan berbagai komponen untuk meringkasnya, seperti ilmu kedokteran, ilmu statistika, ilmu sosiologi dan antropologi. Jika kamu masih belum jelas terkait pekerjaan ahli epidemiologi, berikut contohnya:

“1 dari 10 orang mengalami osteoporosis”

Nah, hal tersebut biasanya didapat dari seorang ahli epidemiologi. Sehingga, ia juga dituntut untuk mengalisa kondisi masyarakat, wabah, distribusi penyakit, dan lain-lain.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Arkeologi Tahun 2019 yang Bisa Kamu Pilih)

Untuk gaji seorang ahli epidemiologi sangat bervariatif. Jika kamu menginginkan gaji tetap, setidaknya kamu harus bekerja di pemerintahan seperti PNS. Dan rata-rata gaji ahli epidemiologi sama dengan PNS pada umumnya.

4. Dosen/Pengajar

Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang memiliki jenjang karir dan gaji yang mumpuni selanjutnya adalah menjadi seorang dosen atau pengajar. Dengan ilmu dan bekal yang telah kamu dapatkan di bangku kuliah minimal S2, dan kamu juga memiliki keahlian mengajar, di sini kamu bisa menjadi tenaga pengajar.

Dengan menjadi dosen atau pengajar, kamu juga bisa sambil mengasah diri dalam berkomunikasi. Karena dengan pandai berkomunikasi, kamu bisa medapatkan keahlian dalam mentransfer informasi atau ilmu dengan baik dan mudah dicerna oleh orang lain.

Gaji seorang dosen juga bisa dibilang cukup besar, namun semua tergantung dimana tempat kamu mengajar. Nama universitas juga memperngaruhi besar atau kecil gaji seorang dosen.

5. Administrasi Kebijakan Kesehatan

Prospek pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat yang menjanjikan berikutnya adalah kamu bisa bekerja di bidang administrasi kebijakan kesehatan. Dimana pekerjaan ini merupakan sebuah proses manajemen dan organisasi yang digunakan sebagai sarana untuk menentukan pekerjaan umum, yang memiliki tujuan utnuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kamu bisa menjadi seorang manajer sebuah rumah sakit, bekerja di kantor BPJS atau asuransi, manajer perusahaan farmasi, laboratorium dan alat kesehatan, dinas kesehatan hingga lembaga-lembaga maupun organisasi sosial.

Untuk soal gaji, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup mumpuni, bahkan hingga double digit. Terlebih, jika kamu berhasil menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan besar, seperti rumah sakit, atau badan pemerintahan, seperti BPJS.

Ingin meraih pekerjaan impianmu? Jangan ditunda-tunda, dan segeralah raih impianmu dengan terus belajar dan mendapatkan gelar setinggi mungkin. Dapatkan pinjaman dana pendidikan yang mumpuni, hanya di situs Cekaja.com.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk