Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Penyanyi Indonesia yang Berprestasi di Kancah Internasional

by Miftahul Khoer on 14 Januari, 2019

Jangan pernah anggap enteng karir para musisi asal Indonesia. Tak sedikit dari mereka berhasil bersinar di kancah internasional dan banyak digemari warga belahan dunia.

Berikut ini CekAja telah merangkum lima penyanyi asal Indonesia yang menyita perhatian masyarakat internasional sehingga berhasil menyabet beberapa prestasi mancanegara.

1. Anggun C Sasmi

Sebuah prestasi membanggakan telah diukir Anggun C Sasmi pada 2014 dengan memenangkan penghargaan pada ajang World Music Awards 2014. Dia diberi penghargaan sebagai Best Selling Indonesian Artist atau Artis Indonesia dengan Penjualan terbaik di Dunia.

Penyanyi yang menetap di Perancis bersama suaminya ini juga telah dibuatkan patung di Madame Tussauds, Bangkok. Anggun merupakan orang Indonesia kedua yang dibuatkan patung setelah Soekarno di Madame Tussauds, Singapura.

Alasan dia dibuatkan patung karena karir bernyanyinya dinilai telah go internasional dengan merilis album di 33 negara. Patung Anggun tersebut berjejer dengan sejumlah penyanyi papan atas dunia macam Taylor Swift, Justin Bieber, One Direction hingga Beyonce. Anggun juga berhasil meluncurkan enam album dalam bahasa Inggris dan Perancis.

2. Agnez Mo

Artis satu ini memang kerap wara-wiri di dunia internasional. Dia beberapa kali duet bareng dengan penyanyi papan atas dunia macam Chris Brown, Timbaland, Keith Martin, hingga Michael Bolton.

Agnez Mo masuk nominasi Social Star pada ajang bergengsi iHeartRadio Music Awards ke-6 yang akan digelar pada 14 Maret 2019 mendatang di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

Prestasi Agnez Mo lain adalah berhasil merilis tujuh album berbahasa Indonesia dan 1 album internasional. Salah satu lagunya berjudul Overdose yang berduet dengan Brown sempat menjadi trending topic.

(Baca juga: Menilik Perjalanan Karir Ahmad Dhani, dari Musik hingga Politik)
3. Sandhy Sandoro

Penyanyi lain yang juga sukses berprestasi di kancah internasional adalah Sandhy Sandoro. Dia sempat memenangkan kontes New Wave 2009 yang digelar di Yurmala, Latvia.

Pada 2010, Sandhy juga menorehkan prestasi dengan tampil di sebuah acara Diane Warren, seorang pencipta lagu ternama di Amerika Serikat. Dalam salah satu album yang dirilis Sandhy, terdapat lagu ciptaan Diane Warren untuk dinyanyikan Sandhy.

Prestasi yang paling menakjubkan adalah berhasilnya Sandhy merilis sembilan album dan kompilasi di Eropa dan Amerika. Belakangan, penyanyi bersuara emas ini makin banyak berkarir di Indonesia bersama kawannya Tompi dan Glen Fredly dalam grup Trio Lestari.

4. Joey Alexander

Awalnya tak banyak perhatian tertuju pada remaja kelahiran Juni 2003 ini. Lambat laun nama Joey Alexander mampu menyedot perhatian masyarakat Indonesia hingga internasional dengan permainan pianonya.

Remaja kelahiran Denpasar ini bahkan masuk dalam beberapa nominasi pada ajang Grammy Awards. Dia mendapatkan kategori Best Instrumental Jazz Album pada album My Favorite Things dan Best Jazz Solo Improvisation dari album tersebut.

Joey juga berkesempatan sepanggung dengan penyanyi papan atas di acara tersebut bersama Ed Sheeran, Adele, Bruno Mars, Taylor Swift, dan lainnya di Grammy Awards 2016. Yang paling membanggakan yaitu Joey menjadi artis Asia Tenggara pertama yang tampil di acara Grammy Awards.

Tak sampai disitu, Joey juga menjadi artis Indonesia pertama yang masuk Billboard 200 di Amerika Serikat untuk album debutnya My Favorite Things. Hingga kini, dia telah menelurkan empat album jazz internasional.

(Baca juga: Fakta-fakta Personel Black Pink yang Perlu Anda Tahu)
5. Rich Brian

Anak bangsa yang berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional lainnya adalah Brian Imanuel alias Rich Brian. Sebuah lagu rapnya berjudul Dat $tick berhasil ditonton sebanyak 110 juta penonton.

Banyak sebetulnya anak bangsa yang berprestasi di kancah internasional mulai dari aktor, aktris, atlet hingga penyanyi. Namun, kelima penyanyi ini paling banyak disorot dan mampu menginspirasi banyak orang terutama di Indonesia. Nah, apakah Anda ingin seperti mereka?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.