Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Pilihan Bisnis Modal Kecil Seputar Dunia Pendidikan

by Tisyrin N. T on 19 Juli, 2019

Punya modal kecil tapi pengen bisnis? Tenang aja, karena seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Selain kesiapan modal dari segi finansial, memulai bisnis juga bisa disesuaikan dengan momen tertentu.

Bisnis Modal Kecil Sosial Media Tawa Sosmed Facebook Netizen

Nah, sekarang ini memasuki tahun ajaran baru, bisnis seputar dunia pendidikan pun berpotensi meraih untung meski bisnis modal kecil.

Jangan bayangkan kamu harus membuka bimbingan belajar skala besar ya. Pastinya itu butuh modal yang banyak.

Atau, membuat konveksi untuk memproduksi seragam sekolah. Wah, wah, wah.. Kalau duitmu pas-pasan tentunya membuka bisnis semacam itu perlu usaha ekstra untuk mengumpulkan modal.

Padahal, peluang bisnis di bidang pendidikan sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja. Karena, potensi pasarnya sangat melimpah dan permintaannya terus datang. Untuk itu, biar modalmu ngepas, tak perlu ragu untuk memulai bisnis modal kecil di bidang pendidikan. Contek yuk 5 inspirasi bisnis modal kecil di bidang pendidikan ini!

1. Jasa bimbingan belajar (bimbel) rumahan

Kalau buka bimbel gede-gedean gak memungkinkan, kenapa gak coba bikin bimbel rumahan saja? Yang penting, kamu punya ruangan yang memadai di rumah untuk disulap jadi ruang kelas. Cukup satu sampai dua ruangan saja sudah cukup kok.

Nantinya, modal kecil yang ada bisa kamu pakai untuk belanja perlengkapan yaitu papan tulis dan furnitur seperti kursi yang sekaligus menyatu dengan meja dan lemari seperlunya. PR selanjutnya adalah menyiapkan tim pengajar serta promosi.

(Baca juga: Ingin Usaha di Lingkungan Sekolah? Cek Yuk Ide-idenya!)

Bisnis ini pas banget buat kamu yang berprofesi sebagai guru, karena gak perlu repot cari tim pengajar. Kamu bisa menjadi pengajar sesuai bidang keahlianmu. Kalau kamu bukan guru, kamu bisa kerja sama dengan rekan-rekanmu yang punya kemampuan mengajar. Sepakati saja sistem pembayarannya seperti apa.

Nah, masalah promosi, utamakan promosi dari mulut ke mulut terlebih dahulu. Sasaran utamamu tentu saja anak-anak tetanggamu yang masih bersekolah. Selanjutnya, kamu bisa promosikan via media sosial atau via WhatsApp juga.

2. Jasa antar jemput anak sekolah

Kalau kamu punya kendaraan sendiri, manfaatkan saja untuk menawarkan jasa antar jemput anak sekolah. Pasti banyak orang tua yang keduanya tak sempat mengantarkan anak-anak sekolah karena sibuk kerja.

Lumayan kan kamu bisa dapat pemasukan tambahan dari kendaraan yang biasanya hanya kamu pakai untuk keperluanmu sehari-hari? Bisa dikatakan, kamu gak perlu mengeluarkan modal tambahan lagi jika sudah punya kendaraan sendiri.

Tinggal cari penumpangnya saja untuk jadi pelangganmu. Gak masalah kalau mereka berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Yang penting, usahakan setiap bangku mobilmu terisi biar pemasukanmu lumayan.

3. Makelar seragam sekolah

Seperti disebutkan di atas, kalau buka konveksi pasti modalnya gede. Gimana kalau kamu manfaatkan jaringan atau networking yang kamu miliki dengan menjadi makelar seragam sekolah? Caranya adalah kamu cukup kerja sama dengan konveksi tepercaya, kemudian kamu mencarikan orderan untuk mereka.

Kamu bisa mencari orderan ke sekolah-sekolah agar mereka mau memesan seragam sekolah baik itu seragam khas sekolah atau seragam olahraga. Selanjutnya, lempar orderan tersebut ke konveksi rekananmu. Kamu bisa dapat keuntungan dengan cara bagi hasil.

Usaha yang satu ini bisa dikatakan tanpa modal, karena kamu hanya perlu keluar sedikit uang untuk ongkosmu bolak-balik ke konveksi dan sekolah-sekolah.

Atau kamu bisa bantu jualan para pemilik konveksi seragam sekolah itu, dengan memasarkannya di platform marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

4. Peralatan sekolah

Kalau buka toko peralatan sekolah pastinya butuh modal gede juga. Nah, jangan khawatir karena sekarang banyak online marketplace yang bisa kamu manfaatin buat berdagang. Jadi, kamu bisa tetap memulai bisnis modal kecil khusus peralatan sekolah secara online.

Kamu bisa kulakan di pusat grosir seperti Pasar Asemka Jakarta Barat untuk mendapatkan harga yang murah. Selanjutnya, kamu pasarkan secara online. Modalnya sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Semakin banyak modal yang bisa kamu keluarkan, semakin banyak barang dagangan yang bisa kamu beli.

Selain berdagang online, kamu juga bisa berdagang peralatan sekolah di lapak-lapak non permanen seperti pasar malam, pasar kaget, atau tempat lain yang strategis tapi tak perlu modal besar.

Atau, manfaatkan mobilmu untuk disulap jadi tempat berjualan. Carilah tempat mangkal di lokasi yang strategis. Kamu bisa berjualan sepatu untuk anak sekolah di atas mobil atau peralatan lainnya seperti buku tulis.

5. Katering anak sekolah

Kamu juga bisa buka katering rumahan sebagai bisnis modal kecil, sasarannya adalah sekolah full day atau orang tua yang ingin membawakan bekal pada anaknya tapi tak punya waktu untuk menyiapkan sendiri.

(Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini Tips Mencari Sekolah Terbaik Untuk Anak)

Tentunya anak-anak di sekolah full day butuh asupan makanan. Kamu bisa berkeliling ke sekolah-sekolah full day dengan membawa proposal kerja sama dan tentunya sampel masakanmu untuk menjalankan bisnis modal kecilmu.

Jika masakanmu enak dan bisa menawarkan harga bersahabat, akan mudah bagi kamu mendapatkan pelanggan. Mengingat konsumenmu anak-anak, kamu juga harus kreatif dalam menata makanan yang akan disajikan. Anak-anak akan senang kalau melihat makanan dalam bentuk yang lucu dan menarik.

Itulah beberapa bisnis modal kecil yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan momentum dimulainya tahun ajaran baru sekolah. Kalau kamu butuh modal untuk ngembangin bisnismu, kamu bisa cari pilihannya di CekAja.com untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan tepercaya. Yuk cek!

 

 

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami