Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

5 Sayuran dan Buah yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

by Rafly Aditia on 27 Oktober, 2016

Buah-buahan Penghilang Stres - CekAja

Otak adalah bagian tubuh yang sangat penting. Untuk menjaga otak tetap berfungsi dengan baik, kamu harus mengasup diri dengan makanan yang dibutuhkan otak. Tidak hanya daging dan telur yang menjadi makanan bagi otak, sejumlah sayur dan buah juga punya manfaat yang sangat baik bagi otak.

Mau kemampuan otak kamu bertambah? Konsumsi 5 buah dan sayuran berikut ini :

Brokoli

Sayuran yang satu ini ternyata bisa memicu pertumbuhan sel-sel baru otak. Bukan cuma itu, brokoli juga dapat menghubungkan sel-sel di otak secara alami. Kedua hal tersebut bakal membuat memori otakmu semakin kuat.

Setidaknya, mengonsumsi satu mangkuk brokoli sebanyak tiga kali dalam satu minggu dapat meningkatkan kekuatan otak secara efektif.

(Baca juga: Ini Mobil Paling Cocok untuk Pasangan yang Punya Cicilan KPR)

Teh hijau

Berdasarkan penelitian University of Basel, ditemukan fakta bahwa teh hijau yang menjadi minuman populer di kalangan remaja Indonesia sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Dengan minum 2-3 cangkir teh hijau tanpa gula, kamu sudah mencegah risiko demensia, parkinson serta meningkatkan kinerja otak dalam mengakses memori.

Kenari

Kacang kenari ternyata memiliki kandungan Omega-3 di dalamnya. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam kenari kadarnya paling tinggi dibandingkan kacang-kacangan lainnya. Hal tersebut menjadikan kenari sebagai salah satu asupan yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kinerja otak.

Bayam

Punya kandungan kalium yang tinggi, bayam menjadi salah satu sayuran yang bisa meningkatkan daya pikir dan mencegah kepikunan. Hal ini disebabkan kandungan magnesium, folat, vitamin E dan vitamin K, serta zat antioksidan.

Tomat

Sebuah penelitian dari Finlandia dalam jurnal Neurology setempat membuktikan bahwa tomat sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya alzheimer. Zat likopen pada kulit tomat yang termasuk antioksidan bisa melindungi otak serta mencegah terjadinya serangan stroke pada tubuh manusia.

(Baca juga: Belajar dari Kasus Sutan Bhatoegana, Cara Ini Ampuh Mencegah Sakit Liver)

Bit dan wortel

Buah bit dan sayuran umbi lainnya seperti wortel ternyata bermanfaat bagi otak. Menurut penelitian Wake Forest Univesity, kandungan nitrit pada buah bit dan wortel bisa meningkatkan suplai darah serta oksigen ke otak. Hal tersebut dapat meningkatkan kinerja otak dan menjaga fungsi otak bagi lansia.

Butuh asuransi kesehatan yang menanggung biya kesehatan penyakit berbahaya? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.