Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Punya Rumah

by Surtan Siahaan on 31 Maret, 2016

Saat sudah berkeluarga, rumah menjadi kebutuhan yang penting. Namun, membeli rumah pertama membutuhkan banyak pengorbanan, komitmen dan kesabaran. Terlebih jika kamu ingin melakukan pembelian rumah secara kredit.

Di sini kamu harus mempelajari tanggungjawab apa saja yang muncul sebagai pemilik rumah. Jika kamu sudah siap, coba lihat dulu 5 tanda yang biasanya digunakan bank untuk menentukan menerima permohonan KPR. Jika kamu sudah memenuhi lima tanda ini, artinya kamu harus memiliki rumah sesegera mungkin.

Dana untuk DP dan kebutuhan lain sudah cukup

Meski sangat dimungkinkan membeli rumah dengan uang muka atau DP yang kecil, kan lebih baik jika kamu memiliki uang muka pembelian rumah sebesar 20%. Alasannya, dengan semakin kecil DP, semakin besat pula cicilan kredit yang harus kamu bayarkan tiap bulannya.

Alhasil, harga rumah justru jadi semakin mahal. Pihak bank biasanya juga lebih menyukai jika pemohon KPR memiliki DP 20%. Selain DP, kamu juga wajib menyiapkan biaya adminsitrasi dan pindahan.

(Baca juga: 5 Hal Finansial Ini Wajib Kamu Terapkan Saat Usia Sudah Kepala Tiga)

Tidak ada cicilan utang lain

Untuk menentukan apakah kamu siap atau tidak dengan KPR, bank biasanya menganalisi dua informasi yakni penghasilanmu dan cicilan utang lain. Jika kamu tidak memiliki cicilan utang lain, akan lebih mudah bagi bank untuk menyetujui permohonan KPR-mu. Namun, jika memiliki utang lain, pastikan cicilannya tidak sampai memberatkan rencana KPR.

Kamu menetap dalam waktu lama

Ketika kamu berniat membeli rumah, pastikan bahwa kamu akan menetap atau setidaknya tinggal minimal 7 tahun. Sebab, jika kamu memutuskan untuk pindah, belum tentu akan mendapatkan penggantinya dengan cepat. Meski kebutuhan perumahan cukup tinggi, menjual rumah bukan pekerjaan yang mudah.

Kamu punya catatan kredit yang baik

Jika sudah berkaitan dengan pinjaman bank, catatan kredit merupakan faktor penting yang menentukan. Jika kamu punya pengalaman buruk dengan kartu kredit atau utang lainnya, kemungkinan bank menerima permohonan KPR kamu akan kecil.

(Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Soal Uang yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 20an)

Siap dengan sejumlah pengeluaran lain

Biaya yang dibutuhkan juga bukan hanya DP. Jika memiliki rumah, ada banyak pengeluaran yang akan menjadi konsekuensi. Beda halnya jika kamu seorang penyewa rumah. Contohnya, jika kamu tidak memiliki furnitur, kamu harus mengalokasikan dana pembelian furnitur.

Selain itu, ada biaya renovasi rumah hingga biaya asuransi bangunan yang nilainya tidak sedikit. Jika kamu sudah siap dengan itu semua, artinya kamu sudah mantap untuk menjadi pemilik rumah.

Miliki rumah idaman dengan ajukan KPR yang tepat di sini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami