Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Tips Balikin Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

by Teti Purwanti on 12 Juni, 2019

Liburan Lebaran tahun ini bisa dibilang panjang karena dimulai sejak 1 sampai 9 Juni 2019. Namun, tidak ada salahnya juga kalau kamu menambah cuti, apalagi saat ini juga masih menjadi waktu liburan anak sekolah.

disiplin kerja - CekAja.com

Sayangnya, yang sering jadi masalah adalah libur yang terlalu panjang membuat kamu terbuai dan jadi malas-malasan saat kembali bekerja. Untuk itu cobalah perhatikan beberapa tips ini, agar saat kembali ke meja kantor semangat bekerja sudah membara di dada kamu.

  1. Ingat kalau kamu butuh uang untuk liburan lagi

Siapa pun pasti sepakat bahwa liburan merupakan candu, yang membuat kamu ketagihan untuk melakukannya lagi. Hal itu yang membuatmu enggan untuk kembali bekerja. Namun, karena kamu masih membutuhkan uang untuk berlibur lagi, kamu bisa memanfaatkan semangat liburan itu untuk kembali bekerja.

Apalagi kalau kamu adalah pekerja freelance yang kalau tidak ada kerjaan tidak ada pemasukan maka jangan sampai kamu kehilangan momen untuk menerima pekerjaan. Adapun bagi kamu pegawai tetap, kamu bisa memanfaatkan semangat ingin kembali liburan untuk berprestasi sehingga bisa mendapatkan bonus dari kantor.

  1. Buat prioritas pekerjaan

Liburan yang panjang menyebabkan pekerjaan kamu menumpuk dan membuat kamu bingung mengerjakan yang mana lebih dahulu sehingga malah jadi malas bekerja. Karena itu, buatlah daftar tenggat prioritas pekerjaan sehingga kamu bisa mengerjakan urusan yang lebih penting terlebih dulu. Apalagi kalau sampai ada pekerjaan yang sengaja kamu tunda untuk liburan, prioritas ini bisa sangat membantu loh.

(Baca juga: Mau Pindah Kerja di Usia 40-an? Simak Dulu Tip Karier Ini)

Membuat daftar pekerjaan juga akan membuat kamu lebih mudah mengingat. Kalau perlu daftar tersebut bisa kamu simpan di meja kerja sehingga terlihat dan bisa kamu coret mana yang sudah kamu selesaikan.

Meski banyak orang yang lebih suka pengingat digital, nyatanya memori otak kita kadang masih sangat efektif untuk digunakan. Ditambah lagi, dengan membuat prioritas kamu tidak akan memaksakan diri untuk bekerja lebih dari seharusnya.

  1. Hidupkan kembali nuansa hangat dengan rekan kerja

Suasana kantor yang hangat tentu juga membantu kamu dalam membangun semangat untuk kembali bekerja. Karena libur panjang kali ini bertepatan dengan momen lebaran, kamu bisa mulai dengan halal bihalal dan membicarakan soal mudik dengan rekan kerja.

Selain itu, makan siang sesuatu yang spesial dengan rekan kerja sangat disarankan. Bukan hanya sekadar penghargaan untuk diri sendiri, melainkan juga untuk kembali membangun kekompakan sesama rekan kerja.

Apalagi kalau kamu sudah memiliki jabatan tertentu, mengajak bawahan kamu sekadar makan siang bersama tentu akan sangat berarti untuk anak buah kamu dan tentu akan membuat tim kamu makin solid dalam bekerja.

  1. Mendekor ulang meja kerja

Suasana baru mungkin bisa membantu kamu meningkatkan semangat kerja. Karena itu tidak ada salahnya kamu membereskan sekaligus mendekorasi ulang meja kerja kamu setelah lama ditinggal liburan. Selain menghilangkan debu, kamu juga bisa menempelkan foto-foto liburan kemarin yang bisa memotivasi kamu agar lebih giat bekerja.

Kalau tidak suka mencetak karena tidak praktis, kamu bisa menjadikan foto-foto liburan kamu sebagai screen saver ataupun wallpaper yang bisa kamu lihat kapan saja, saat semangat kamu menurun.

Kalau liburan kemarin kamu membeli buah tangan, kamu juga bisa menyimpannya di meja kerja. Hal-hal yang menyenangkan tentu akan membuat semangat kamu lebih terbakar dan menambah energi positif bukan?

  1. Bekerja seperti biasa

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan semua tugas di satu waktu saat kamu baru kembali masuk kantor. Apalagi kamu masih kurang istirahat setelah pulang liburan. Ingatlah bahwa tubuhmu juga memiliki kapasitas yang tak boleh kamu lampaui.

Untuk itu jangan lupa istirahat setidaknya sepuluh menit setiap tiga jam agar kamu tetap rileks dan semangat untuk menyelesaikan semua tugas.

Nah kalau kamu sendiri tergolong karyawan yang menambah cuti apa bukan? Jangan panik menghadapi kenyataan kalau kamu harus kembali bekerja. Selain itu, sepulang liburan juga pastinya kamu sudah memiliki pikiran yang lebih segar untuk menghasilkan ide-ide baru atau melihat suatu tugas dari sudut pandang yang berbeda sehingga bisa menyelesaikannya dengan lebih mudah.

(Baca juga: Menikmati Liburan Romantis di Korea Sampai Maldives)

Sama seperti CekAja.com yang selalu berkomitmen mempermudah hidupmu dalam mencari produk finansial terbaik, seperti kartu kredit, kredit tanpa agunan, asuransi, kredit pemilikan rumah (KPR), dan lain sebagainya.

Selamat kembali bekerja!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.