Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Trik Menghindari Pengeluaran Berlebih Saat Belanja

by Rafly Aditia on 1 Juni, 2016

Pusing melihat rekening dan tagihan ketika selesai berbelanja jadi masalah banyak orang. Mirisnya, hal ini terjadi juga karena kesalahan sendiri yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Namun, banyak orang tidak bisa mengontrol emosi dan hasrat saat berbelanja sehingga pengeluaran jadi menggunung.

Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan beberapa trik berikut agar belanja jadi lebih hemat. Berikut 5 tips dan trik menghindari pengeluaran berlebih saat belanja:

 

Coba bandingkan harga

Kalau kamu sedang belanja di Mall, coba bandingkan harga item-item pilihanmu di store yang berbeda. Hal ini akan membuatmu mendapatkan harga yang terbaik. Bukan cuma itu, ini juga berlaku untuk kamu yang suka belanja online. Jangan malas untuk membandingkan harga antara online shop yang satu dengan yang lainnya.

Dengan sedikit melawan rasa malas, kamu bisa menghemat pengeluaran hingga 50%. Maka dari itu, jangan pernah malas untuk membandingkan harga. (Baca juga: Ladies, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Beli Baju di Toko Online)

Jalan ke mall? Manfaatkan kartu kredit!

Kalau kamu pergi ke mall entah itu sendiri, bersama teman atau pacar, cobalah menahan nafsu berlebihan untuk belanja. Jika memang butuh, ada baiknya kamu manfaatkan kartu kredit yang untuk berbelanja. Mengapa? Karena tidak sedikit kartu kredit yang menawarkan promo atau diskon belanja.

Jadi, dibanding beli dengan uang cash atau kartu debit tapi tidak dapat diskon, lebih baik beli barang-barang yang dibutuhkan dengan kartu kredit tertentu agar kamu mendapatkan potongan harga. Belum punya kartu kredit? Langsung saja apply kartu kredit dengan mudah di sini.

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Saat pergi ke pusat perbelanjaan atau surfing di toko online, seringkali kamu tergiur untuk membeli banyak barang. Padahal, barang tersebut belum tentu menjadi kebutuhan kamu. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Jangan sampai uang sudah keluar banyak tetapi barang yang dibeli tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Hindari mengeluarkan uang banyak hanya untuk memenuhi gudang saja.

Fokus dengan bujet yang dimiliki

Hal lain yang perlu diperhatikan agar pengeluaran tidak membengkak saat belanja adalah fokus. Fokus yang dimaksud adalah fokus dengan bujet dan rencana belanja yang dimiliki. Misalnya, kamu memiliki bujet Rp 3 juta untuk membeli smartphone baru atau cicilan maksimal Rp 300 ribu per bulan.

Maka, jangan sampai tergiur dengan smartphone yang memiliki harga lebih dari itu. Kenapa? Karena nantinya, cicilan atau utang yang harus dibayar akan memberatkan keuanganmu.

Perhatikan cicilan bulanan

Ketika memutuskan untuk belanja menggunakan kartu kredit, maka kamu harus benar-benar memperhatikan jumlah cicilan bulanannya. Apabila saat ini tagihan yang setiap bulan datang sudah membuatmu kesulitan, sebaiknya kurangi pemakaian kartu kredit saat belanja kemudian hari.

Hal ini tidak lain untuk menjaga kondisi keuanganmu tetap stabil dan tidak berantakan karena cicilan kartu kredit yang membengkak. (Baca juga: Tak Perlu menganggur Lama Saat Baru Lulus Kuliah Jika Kamu Punya Empat Skill Ini)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.