6 Kegiatan Perayaan Kemerdekaan Unik Layak Tonton di Berbagai Daerah Indonesia

Setiap tanggal 17 Agutus, biasanya ada berbagai kegiatan seperti lomba, festival, bahkan pertunjukan seni yang digelar sebagai bentuk perayaan dan rasa syukur masyarakat atas kemerdekaan Indonesia. Menariknya, di beberapa daerah sejumlah kegiatan tersebut  menawarkan hiburan dan keunikan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Langsung saja, berikut ini ada 6 kegiatan unik di berbagai daerah pada hari kemerdekaan Indonesia yang harus kamu ketahui:

1. Istana Bogor

Bagi warga Kota Bogor dan sekitarnya, event satu ini juga menarik dikunjungi. Sebab, istana satu ini hanya dibuka pada hari-hari tertentu saja. Salah satunya saat Indonesia merayakan hari jadinya. Namun, kamu yang mau berkunjung wajib mendaftar jauh hari sebelumnya di Dinas Pariwisata Kota Bogor.

(Baca juga: Perayaan 17an di Jakarta yang menarik dikunjungi Pada Hari Kemerdekaan Indonesia)

2. Festival Danau Toba, Medan

Khusus tahun ini, Presiden Joko Widodo menetapkan Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Rencananya, kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini berisi acara kenegaraan hingga kegiatan karnaval.

Pesta kemerdekaan di danau vulkanis paling besar sedunia memang sering diadakan. Namun, untuk pertama kalinya pesta ini menjadi pusat perayaan kemerdekaan. Jadi, buat kamu yang ada di daerah Sumatera Utara, kenapa tidak 5 Tips Mudah Mendapatkan Hotel Murah Tapi Berkualitas Saat Traveling ke Danau Toba pada libur 17an besok.

3. Lomba Dayung, Banjarmasin

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di daerah Banjarmasin ada sebuah peryaaan tradisional hari kemerdekaan. Ya, setiap tanggal 17 Agustus diadakan lomba dayung di Sungai Marta Pura. Dalam lomba ini, peserta yang terdiri dari 10 orang/ perahu diharuskan menempuh jarak 500.

Hadiah dari lomba ini merupakan uang tunai dan piala bergilir yang diberikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan.

4. Pacu Kude, Aceh

Di Aceh, perayaan 17 Agustus dilakukan dengan cara yang cukup unik. Kota berjuluk Serambi Mekah tersebut menyelanggarakan lomba Pacu Kude. Uniknya, lomba balap kuda yang satu ini hanya bolehj diikuti anak-anak remaja berusia 12-20 tahun. Lomba Pacu Kude pun selalu menarik minat ratusan penonton yang rela mengantre dan berdesakan demi menyaksikan perlombaan.

5. Baritan, Malang

Bagi warga malang, Tradisi Baritan merupakan tradisi wajib yang harus dijalankan setiap tanggal 17 Agustus. Tradisi ini merupakan salah satu bentuk syukur dan terima kasih pada jasa para pejuang. Berbagai pesan moral perjuangan dan kemerdekaan disampaikan dalam sambutan dari berbagai pihak, acara pun ditutup dengan makan bersama sambil duduk lesehan.

(Baca juga: Daftar Diskon Belanja, Makan dan Jalan-Jalan yang Bisa Kamu Nikmati Pada Hari Kemerdekaan RI)

6. Pertunjukan Kesenian, Sukabumi

Buat kamu yang tinggal di Sukabumi pasti tahu tentang acara yang satu ini. Nah, setiap tanggal 17 Agustus, berbagai kampung di Sukabumi merayakannya dengan mempertunjukkan kesenian khas sukabumi. Tentunya tiap kampung memiliki tema yang berbeda. Satu yang sudah pasti, selalu diselipkan unsur komedi dalam tiap pertunjukkan yang dilakukan.