Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Langkah Mudah Kumpulkan Uang Untuk Biaya Kesehatan

by Miftahul Khoer on 28 Februari, 2020

Tak ada seorang pun bisa tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu tak heran jika banyak yang mulai mengatur dan merencanakan masa depannya agar lebih aman. Tapi sebaik apapun rencana yang sudah dibuat tetap ada hal-hal di luar kendali yang tak bisa diantisipasi, seperti masalah kesehatan misalnya.

Asuransi Penyakit Kritis

Masalah kesehatan memang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Oleh karena itu, kesehatan diri dan anggota keluarga adalah hal yang patut disyukuri.

Salah satu bentuk rasa syukur atas kesehatan yang bisa kita nikmati saat ini adalah dengan cara mempersiapkan dana kesehatan keluarga.

Namun bukan berarti hanya memiliki asuransi kesehatan saja, justru hal-hal sederhana jarang diperhatikan orang, padahal memiliki manfaat yang luar biasa apabila dilakukan.

Nah, kira-kira apa saja sih cara untuk mengatur keuangan demi kesehatan di masa depan keluarga kamu.

Berikut 6 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati keuangan yang menunjang dalam kesehatan keluarga.

(Baca juga: Serba Serbi Mengenai Asuransi Kehamilan dan Melahirkan)

1. Bawa makanan sendiri

Membeli bahan-bahan makanan sendiri itu tentunya akan lebih menghemat dan lebih murah dibanding beli makanan jadi.

Sehingga kamu akan lebih gampang untuk mengatur budget pengeluaran. Selain itu kamu juga akan bisa memilah kebutuhan bahan-bahan makanan sesuatu kebutuhan.

Lalu, jika kamu membeli kebutuhan bahan-bahan makanan dan memasaknya sendiri di rumah tentu akan lebih terjamin kesehatannya. Selain sehat juga bisa berhemat.

Jadi mulai jangan pernah malas untuk membeli dan membuat masakan sendiri di rumah.

Tentu ini akan menambah semangat kamu untuk hidup lebih sehat dan lebih hemat. Kamu tahu kan jika harga makanan di luar itu lebih mahal. Selain lebih mahal kualitas makanan pun tidak menjamin kesehatan.

2. Gunakan transportasi umum

Ada kalanya transportasi umum lebih berguna jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke kantor.

Terlebih di kota megapolitan seperti di Jakarta yang super macet, tentu kamu hanya akan menghabiskan waktu di jalan.

Bukan hanya waktu saja yang habis, bahan bakar juga ikut habis. Uang yang tadinya untuk membeli bensin, bisa dialokasikan untuk dana kesehatan kamu.

Tak ada salahnya menggunakan transportasi umum, selain bisa berhemat kamu juga tak akan terjebak macet panjang.

Tapi kalau naik transportasi umum, harus pandai mengatur waktu agar kamu tak ketinggalan bus, dan tidak dimarahi bos karena kesiangan masuk kantor.

Jika kamu terhindar dari macet pikiran kamu akan lebih fresh dan tidak stress dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan kamu juga.

3. Gunakan amplop untuk tiap pos pengeluaran

Manajemen keuangan itu sangat penting, agar kamu bisa mendisiplinkan biaya pengeluaran dan untuk menabung.

Harapannya dana tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk bisa mendapatkan manfaat di masa depan, seperti untuk membeli produk asuransi kesehatan misalnya.

Agar kondisi keuangan lebih teratur dan aman, disarankan untuk menggunakan amplop untuk memisahkan pos-pos pengeluaran.

Seperti pos makan, pos transportasi, dan pos hiburan serta biaya kesehatan. Aturannya misalkan, kamu tak boleh mengambil budget untuk hiburan dari uang yang dikhususkan untuk biaya kesehatan kamu. Dengan metode ini, kamu akan terhindar dari pemborosan.

(Baca juga: 10 Jenis Asuransi Paling Aneh di Dunia, yang Kamu Pasti Tidak Ketahui

4. Kenali riwayat penyakit

Ketika kamu memiliki riwayat penyakit berat dan belum punya asuransi, umumnya perusahaan asuransi akan menolak atau menerima proposal asuransi dengan pengecualian pada penyakit berat yang sudah terdeteksi.

Oleh karena itu penting untuk segera menggali riwayat penyakit kamu, karena jika kamu telah mengetahuinya, kamu bisa mempersiapkan dan memperkirakan jauh-jauh hari berapa biaya atau dana yang dibutuhkan jika suatu waktu penyakit itu datang menimpa kamu.

5. Pahami sinyal kondisi tubuh

Memahami sinyal kondisi tubuh kamu ini sangat penting. Hal ini untuk mendeteksi kemungkinan-kemungkinan kondisi tubuh diri sendiri dan bagaimana badan bereaksi terhadap situasi tertentu.

Kita harus tahu kapan tubuh perlu istirahat yang cukup dan kapan harus menemui dokter untuk memeriksa kesehatan.

Sebelum didera sakit, ada baiknya kamu bisa merawat tubuh berdasarkan saran dokter agar terhindar dari sakit yang lebih berat yang akan bisa menghabiskan biaya pengobatan kamu.

Artinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kamu harus dikontrol dengan baik dan hal ini jarang disadari oleh sebagian orang

6. Persiapkan sejak dini

Kamu mungkin masih muda, sehat, bugar dan berpikir kalau sistem tubuh masih bekerja dengan baik.

Tapi tahukah kamu bahwa kesuksesan masa depan sangat bergantung pada cara kita menjaga tubuh saat ini.

Berdasarkan survei, banyak kaum muda mengorbankan dana perawatan kesehatan mereka untuk tujuan konsumsi yang tidak perlu. Contohnya seperti makan berlebihan dan belanja barang yang tidak perlu.

Nah, jika kamu ingin memiliki masa depan yang baik atau bisa memiliki finansial yang stabil, persiapkanlah sejak dini, sejak masih muda sebelum banyak masalah menimpa seperti masalah kesehatan.

Karena masalah kesehatan ini sangat penting dalam keberlangsungan hidup kamu. Jika gaya hidup kamu tidak dikontrol dari sekarang, maka akan banyak mendapatkan kerugian di masa dating, baik kerugian secara finansial atau kesehatan kamu.

Itulah 6 cara penting dalam mengatur keuangan demi kesehatan kamu di masa depan. Semoga poin-poin di atas bisa menjadi inspirasi kamu dalam mengatur keuangan dan kesehatan kamu di masa mendatang bersama keluarga kamu.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.