Serba Serbi Mengenai Asuransi Kehamilan dan Melahirkan

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Asuransi kehamilan atau asuransi melahirkan adalah bentuk proteksi yang paling bisa diandalkan untuk meringkankan biaya yang cenderung tinggi dalam memenuhi kebutuhan sang jabang bayi. Sehingga kamu dan pasangan tak perlu repot memikirkan berbagai pengeluaran dari mulai hamil sampai melahirkan.

asuransi kehamilan dan melahirkan

Ketika menjalani kehamilan menuju proses kelahiran biasanya memang banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal ini belum termasuk berbagai risiko yang bisa saja terjadi selama hamil atau ketika melahirkan. Sehingga sebaiknya jika kamu memang sedang mempersiapkan kehamilan, maka terelbih dahulu tak ada salahnya membeli asuransi kehamilan dan melahirkan.

Manfaat Asuransi Kehamilan dan Melahirkan

Asuransi kehamilan memiliki manfaat dan jaminan yang cukup luas. Seperti manfaat perawatan di rumah sakit, termasuk rawat inap setelah bersalin maupun sebelum bersalin.

Selain itu, asuransi kehamilan dan melahirkan juga menjamin biaya medis sebelum maupun setelah persalinan. Hal ini juga berlaku untuk persalinan normal maupun operasi caesar, serta persoalan yang memerlukan tindakan medis akibat adanya komplikasi setelah persalinan.

(Baca Juga: Yuk Kenali Istilah Dalam Asuransi Melahirkan)

 

Bahkan, ada pula manfaat perlindungan untuk bayi yang baru lahir pada 90 hari pertama. Jika bayi yang baru lahir tersebut ternyata didiagnosa menderita penyakit kritis maupun kelainan bawaan, perawatan atau pengobatan masih ditanggung oleh asuransi kehamilan dan melahirkan. Namun, mungkin akan berbeda jika kamu memilih besar manfaat dan luas jaminan.

Manfaat tambahan lainnya yang mungkin bisa kamu dapatkan adalah fitur pembayaran cashless, jaminan biaya konsultasi dokter, obat-obatan, nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil biaya rawat jalan seperti cek laboratorium, USG dan sebagainya.

Singkatnya dengan memiliki asuransi kehamilan dan melahirkan, setiap ibu hamil akan ditanggung segala biayanya mulai dari masa kehamilan hingga waktunya melahirkan.

Ketentuan Memiliki Asuransi Kehamilan dan Melahirkan

Dalam asuransi kehamilan, ada masa tunggu yaitu bentuk manfaat dan jaminan untuk kehamilan yang berlaku setelah masa asuransi kehamilan sudah berjalan. Biasanya masa tunggu tersebut antara 9 hingga 12 bulan hingga nasabah positif hamil dan bisa menggunakan benefitnya. Kamu bisa saja menegosiasikan masa tunggu menjadi lebih singkat kepada pihak perusahaan asuransi.

Syarat pengajuan asuransi melahirkan bagi ibu adalah 20 tahun untuk usia paling muda dan hingga 43 tahun. Masa pertanggungan ibu akan berakhir setelah melahirkan atau saat melahirkan. Sedangkan masa pertanggungan bayi adalah 20 minggu sejak dalam kandungan hingga usia 99 tahun. Proses klaim sendiri umumnya ada yang dilakukan secara cashless atau reimbursement sesuai dengan kebutuhanmu.

Pastinya siapapun bisa mengajukan asuransi kehamilan. Bagi para pekerja yang perusahaannya belum memiliki fasilitas asuransi melahirkan, bisa mengajukan asuransi melahirkan ini secara individu untuk mengcover biaya persalinan yang cukup tinggi dan terus meningkat setiap tahun seiring naiknya biaya medis.

Tips Memilih Asuransi Kehamilan dan Melahirkan

Setiap perusahaan asuransi tentu menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Oleh karenanya, kamu perlu melihat lagi dengan jeli apa saja yang perlu kamu butuhkan beserta manfaat yang kamu dapatkan. Sebab tentunya tidak semua produk asuransi kehamilan dan melahirkan memberikan manfaat tersebut.

Beberapa perusahaan asuransi menyediakan produk Asuransi kehamilan maupun asuransi melahirkan sebagai asuransi tambahan. Sehingga jika kamu ingin mengambil manfaat dari asuransi kehamilan ini mungkin kamu harus membeli satu produk asuransi kesehatan, sebagai produk Asuransi utama. Kemudian asuransi kehamilan sebagai produk Asuransi tambahan atau rider.

Bagi kamu yang ingin tahu cara mendaftar asuransi kehamilan dan melahirkan dengan produk asuransi terbaik mungkin kamu bisa menyimak berbagai cara ini:

1. Pilih produk asuransi kehamilan sejak dini

Karena masa tunggu asuransi kehamilan cukup lama jadi ada baiknya jika kamu memilih produk Asuransi kehamilan dan melahirkan sejak awal, saat merencanakan kehamilan bersama pasangan.

Dengan begini, kamu juga bisa menentukan berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk membayar premi asuransi kehamilan dan melahirkan. Selain itu kamu juga bisa menabung untuk membeli perlengkapan dan kebutuhan bayi setelah melahirkan.

Dengan persiapan yang lebih matang kamu jadi punya banyak waktu untuk mempersiapkan kelahiran. Pasalnya, Jika kamu mengajukan asuransi kehamilan dalam kondisi kamu sudah hamil maka kamu tidak bisa menggunakan asuransi melahirkan untuk biaya persalinan kelak.

Sehingga akan lebih baik jika kamu mengambil asuransi melahirkan sebelum kamu hamil.

2. Pelajari polis asuransi dengan teliti

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah mempelajari polis asuransi dengan teliti. Hal ini dikarenakan banyak peserta asuransi melakukan komplain saat melakukan klaim asuransi kesehatan.

Akan lebih baik jika kamu sudah mengetahui apa saja aturan dan pengecualian dengan jeli pada polis asuransi.

Perhatikan juga cara klaim dari asuransi kehamilan dan melahirkan apakah dibayarkan dengan fasilitas cashless atau non tunai maupun mengajukan klaim dengan reimbursement.

Untuk fasilitas cashless mungkin akan lebih mudah. Karena kamu hanya menunjukkan kartu asuransi saja di rumah sakit yang sudah bekerjasama atau rekanan dari perusahaan asuransi terkait.

3. Pilih Asuransi sesuai dengan Kebutuhan

Untuk mendapatkan manfaat produk Asuransi secara maksimal maka sebaiknya pilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhanmu.

Biasanya dalam kehamilan ada beberapa gangguan atau atau penyakit yang bisa saja terjadi kamu bisa memperkirakan mana yang akan kamu proteksi dari kehamilan maupun proses melahirkan.

Selain sesuai dengan kebutuhan, disesuaikan juga dengan kemampuanmu untuk membayar asuransi kehamilan dan asuransi melahirkan tersebut.

Sebab, jika masa tunggu asuransi sudah terlewati dan kamu malah tidak bisa membayar premi, maka hingga waktunya kamu akan melahirkan, manfaat dari produk asuransi yang telah kamu beli bisa saja malah tidak bisa kamu nikmati.

Oleh karena itu, pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk memilih kamu bisa membaca jenis produk asuransi kehamilan dan melahirkan seperti berikut:

Allianz SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan ini berlaku untuk perorangan maupun keluarga dan memberikan manfaat dasar. Seperti rawat inap tambahan dan tentunya manfaat tambahan persalinan atau melahirkan maupun kehamilan.

Allianz juga menawarkan manfaat untuk melahirkan normal maupun abnormal, melahirkan dengan pembedahan, keguguran, hingga perawatan sebelum maupun sesudah melahirkan.

Namun perlu diketahui ada beberapa pengecualian yang akan membuat asuransi ini tidak bisa di klaim seperti tertanggung telah hamil sebelum masa berlakunya pertanggungan asuransi kehamilan. Selain itu klaim juga tidak bisa dilakukan jika kehamilan bermasalah.

Seperti muntah hebat saat hamil keracunan kehamilan dengan kejang maupun komplikasi lainnya. Perusahaan asuransi juga tidak akan menanggung perawatan yang berhubungan dengan aborsi ilegal sterilisasi dan pemeriksaan kesuburan maupun perawatan yang berkaitan langsung dengan kemandulan, dan komplikasi pasca kelahiran.

PRUmy Child

PRUmy Child merupakan asuransi perlindungan ibu dan anak sejak dalam kandungan dari Prudential. Asuransi jenis unit link ini juga memberikan manfaat investasi dalam bentuk nilai tunai, jika ada.

Prudential memberikan perlindungan dari kehamilan saat bayi berada di kandungan usia 20 minggu lalu melahirkan sampai bayi usia 99 tahun. Asuransi kehamilan ini memberikan manfaat pertanggungan jiwa atas janin atau calon bayi dan ibu selama masa kehamilan.

Selain itu ada juga manfaat komplikasi yang terjadi pada ibu dalam masa kehamilan maupun sesudah melahirkan. Tertanggung juga akan mendapatkan manfaat perawatan di inkubator maupun ICU dan HDU untuk bayi manfaat lainnya adalah pertanggungan jiwa atas anak jika meninggal dunia maupun kelainan bawaan cacat total dan tetap.

MiUltimate Health Care

MiUltimate Health Care adalah asuransi melahirkan Di Manulife yang mana merupakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat dasar perawatan rumah sakit dengan manfaat pilihan yaitu rawat jalan, perawatan gigi dan juga melahirkan.

Bila kamu mengajukan asuransi kehamilan atau melahirkan kamu harus mengambil asuransi utamanya. Karena manfaat melahirkan tidak berdiri sendiri namun menjadi manfaat tambahan dalam asuransi kesehatan utama Manulife ini.

Misalnya, kamu bisa membeli asuransi kesehatan dengan manfaat dasar rawat inap kemudian ambil asuransi tambahan melahirkan. Peserta asuransi akan mendapatkan manfaat melahirkan normal yaitu proses melahirkan secara alami tanpa tindakan pembedahan akan tetap ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Selain itu ada juga manfaat melahirkan lainnya yaitu biaya akan di cover untuk proses melahirkan dengan tindakan pembedahan.

Peserta juga mendapatkan manfaat untuk biaya yang dicover dari komplikasi kehamilan seperti keguguran atau penyakit dan kelainan yang terjadi saat kehamilan yang memerlukan perawatan medis dan rawat inap.

Asuransi kesehatan Manulife ini memberikan biaya penggantian Rumah sakit sesuai dengan tagihan selama tertanggung masuk di kamar dengan tarif yang sesuai dengan polis.

Syarat Mengajukan Asuransi Kehamilan dan Melahirkan

Nah, demikian adalah produk dan jenis asuransi kehamilan maupun asuransi melahirkan yang bisa kamu pilih dari berbagai perusahaan asuransi.

Jika kamu ingin mengajukan asuransi melahirkan atau asuransi kehamilan apa saja syarat yang diperlukan agar kehamilanmu terproteksi dari segala risiko?

  • Usia tertanggung yaitu di atas 20 tahun dan maksimal 43 tahun
  • Mengisi surat pengajuan asuransi jiwa dan menyertakan hasil USG minimal dua dimensi pada usia kehamilan minimal 20 Minggu dan keterangan dari dokter kandungan.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan nilai pertanggungan dan jenis produk asuransi yang telah dipilih.

Setelah melakukan syarat dan ketentuan yang telah diberikan dari perusahaan asuransi terkait, selanjutnya kamu bisa menanti masa tunggu dengan mempersiapkan kehamilan sebaik mungkin.

(Baca Juga: Pengeluaran Bayi Bikin Tekor? Lakukan 8 Tips Hemat Ini)

Mengingat biaya persalinan yang selalu meningkat setiap tahunnya apalagi untuk persalinan dengan pembedahan alias sesar bisa mencapai belasan hingga puluhan juta, maka ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk membeli produk Asuransi kehamilan dan asuransi melahirkan ini.

Saat kehamilan itu tiba kamu bisa menjalani hari-hari dengan tenang. Karena segala risiko telah mendapatkan proteksi dari asuransi kehamilan dan asuransi melahirkan.

Jangan lupa untuk selalu memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi terpercaya. Kamu juga bisa membandingkan nilai premi dari masing-masing produk asuransi. Tentunya untuk menentukan jenis asuransi mana yang akan kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas