6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

8 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Merupakan salah satu barang elektronik yang cukup dibutuhkan di dalam kegiatan rumah tangga, rekomendasi mesin cuci terbaik sepertinya memang perlu diketahui. Aktivitas bebersih seperti mencuci pakaian tentunya menjadi rutinitas yang perlu dilakukan. Mengapa? Agar pakaian kotor tidak menumpuk seiring berjalannya waktu.

Mesin Cuci Terbaik

Walaupun saat ini sudah banyak sekali jasa laundry kiloan yang bisa kamu temukan, khususnya di daerah perumahan, namun akan terasa jauh lebih hemat apabila kamu mencuci baju sendiri di rumah, bukan?

Hanya saja, kualitas mencuci baju yang dihasilkan sangatlah bergantung pada mesin cuci yang digunakan, agar tidak menimbulkan bau apek. Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rekomendasi merk mesin cuci terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Yuk disimak bersama-sama!

Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik dan Awet

Sebelum kita membahas tentang beberapa rekomendasi mesin cuci terbaik, alangkah lebih baik jika kita turut mengetahui tentang bagaimana cara memilih mesin cuci itu sendiri, agar tidak salah memilih dan lebih awet. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan?

  • Daya Listrik

Saat memilih mesin cuci, satu hal yang perlu diperhatikan adalah daya listrik. Karena, jangan sampai kamu membeli mesin cuci agar tidak mengeluarkan uang untuk laundry, tetap malah justru membengkak dalam hal membayar listrik.

Ditambah lagi jika mesin cuci tersebut digunakan hampir setiap hari, jelas akan memakan daya listrik yang cukup besar yang mana juga akan turut memperbesar tagihan listrik bulanan.

  • Garansi

Saat ini, hampir seluruh pembelian barang elektronik telah disertai oleh garansi, tak terkecuali ketika membeli mesin cuci. Jadi, jika kamu sewaktu-waktu menemukan mesin cuci yang tidak disertai dengan garansi, maka sebaiknya pertimbangkanlah kembali untuk membeli mesin cuci tersebut.

(Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Elektronik)

Pada umumnya, garansi barang elektronik minimal 1 tahun. Mengapa harus garansi? Karena apabila suatu saat barang tersebut mengalami kerusakan padahal baru saja dibeli, kamu bisa mengklaimnya dan mendapatkan ganti rugi terhadap barang yang rusak tersebut, yang biasanya dalam bentuk penggantian barang.

  • Pilihlah Merek Terbaik

Mesin cuci biasanya diproduksi dari merk terbaik pula. Oleh karena itu, tak ada salahnya apabila kamu membeli mesin cuci berdasarkan merknya. Selain dikenal oleh publik secara luas, merek tersebut juga harus memiliki reputasi yang baik. Kamu bisa melihatnya dari berbagai review, komplain konsumen, dan lain-lain yang bisa ditemukan dengan mudahnya di internet.

Dengan memilih mesin cuci terbaik, maka hal tersebut juga secara tidak langsung dapat meminimalisir risiko kerusakan pula.

  • Beli di Penjual Terpercaya

Karena harga barang elektronik yang relatif mahal, maka tak jarang banyak ditemukannya kecurangan yang dilakukan oleh penjual tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, ada baiknya bila kamu berhati-hati dalam memilih penjual. Pada umumnya, kecurangan dapat terlihat ketika seorang penjual mematok harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan rata-rata harga produk di pasaran.

Maka dari itu, sebelum menentukan untuk membeli mesin cuci di sebuah toko atau penjual, cari tahulah informasi-informasi mengenai toko tersebut, termasuk berapa banyak pelanggan yang memberikan review positif dan banyak direkomendasikan oleh orang.

Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik

1. LG

LG - 6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Sudah menjadi pengetahuan umum bawah LG merupakan salah satu merk mesin cuci terbaik yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya, termasuk di dunia elektronik Indonesia. Mesin front loading LG dikenal memiliki fitur TrueSteam yang berfungsi dalam mengurangi alergen serta menghilangkan kusut pada pakaian.

Selain itu, mesin cuci satu ini juga turut dilengkapi dengan bukaan atas maupun bukaan depan dan memiliki mesin yang sangat tangguh sehingga mampu menghasilkan putaran yang kuat.

Spesifikasi LG FG1612H2V
Washing Capacity 12 kg wash / 8 kg dry LED Display
10 Year Warranty (DD Motor) LG True Steam Technology
Embrossing Drum Steam Refresh (LG True Steam)
TurboWash Allergy Care (LG True & Spa Steam)
Inverter Direct Drive Motor Eco Hybrid Drying
Steam Softener ( LG True Steam) SmartThinQ (Wifi)
Child Lock Function Smart Diagnosis
Pause + Add Item 6 Motion Washing Technology

2. Panasonic

Panasonic - 6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Mesin cuci terbaik selanjutnya adalah mesin cuci keluaran Panasonic. Merk satu ini menawarkan beberapa varian mesin cuci, mulai dari top loading hingga front loading. Dilengkapi dengan fitur Ag+Technologi yang merupakan gabungan dari ion perak dan sinar UV untuk sterilisasi, mesin cuci ini digadang mampu memberikan hasil mencuci yang sangat baik dengan tingkat kehigienisan yang tinggi.

Ditambah lagi, hampir semua jenis mesin cuci terbaik Panasonic sudah turut dilengkapi dengan teknologi ECONAVI yang dapat digunakan untuk mendeteksi suhu air, jumlah muatan, hingga bahan cucian secara otomatis sehingga dapat memberikan kemudahan penuh pada setiap penggunanya.

Spesifikasi Panasonic NA-129VX6LNE
Kapasitas Muatan (Cuci) 9 kg ECONAVI (Sensor Jenis beban cucian)
Sistem ActiveFoam Inverter
Active Speed Wash Kunci Pengaman Anak
Sensor 3D Pencucian Daya Mati Otomatis
Blue Ag+ Drum SAZANAMI
Hygiene 60 ÌŠc / 90 ÌŠc Silent Arch Design
ECONAVI (Sensor beban cucian) Tunda Start (Tunda Waktu)
ECONAVI (Sensor suhu air) Jumlah Program (16 program)

3. Samsung

Samsung - 6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Kualitas yang begitu mumpuni membuat Samsung berhak masuk ke dalam daftar merk mesin cuci terbaik yang layak dipertimbangkan. Mesin cuci terbaik satu ini memiliki dua varian, yaitu WA10M5120SG dan WD10K6410OX. Nah, untuk varian WA10M5120SG, maka fitur unggulannya adalah pencucian yang ramah lingkungan namun tetap memberikan hasil yang maksimal.

Sedangkan untuk varian WD10K64100X, mesin cuci terbaik dengan front loading ini sudah dibekali dengan teknologi AirWash yang mampu menjaga pakaian agar tidak bau apek.

Spesifikasi Samsung WD10K64100X
Washing Capacity 10.5 kg wash / 6 kg dry Bubble technology
LED panel display Inverter
AirWash Delay End
AddWash SpeedSprayâ„¢
Smart Check Super Speed
Ceramic Heater Baby Care
Child Lock Deodorization
Bubble Soak Super Eco Wash

4. Aqua

Aqua - 6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Mungkin masih banyak diantara kamu yang belum terlalu familiar dengan merk satu ini. Namun nyatanya, Aqua ini merupakan salah satu mesin cuci terbaik front loading yang paling unggul jika dibandingkan dengan merk lainnya.

Karena, mesin cuci Aqua memberikan kemudahan dalam proses pencucian tanpa perlu khawatir dengan pakaian yang rusak atau noda yang membandel. Terdapat dua varian mesin cuci Aqua yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu:

  • Aqua FQW-850829QD: Memiliki kapasitas cucian hingga mencapai 8,5 Kg
  • Aqua FQW-1010QD: Cocok digunakan untuk pakaian berbahan dasar wol
Spesifikasi Aqua FQW-850829QD
Washing Capacity 8.5 kg
Hijab Mode
ABT Technology (anti bactrial)
Knobless Panel Design
Wave Drum
Delay Function
Quick 15” Wash

5. Sanken

Sanken - 6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Merk mesin cuci terbaik selanjutnya adalah Sanken yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Memiliki 2 tabung dan top loading, Sanken juga turut dilengkapi dengan teknologi X-Tor Big Pulsator untuk memberikan putaran yang lebih kuat serta Super Spin Dry untuk proses pengeringan yang lebih cepat.

(Baca Juga: Cara Mencuci Pakaian Saat Corona)

Tak hanya itu, mesin cuci terbaik satu ini juga dilengkapi dengan teknologi self-diagnose yang merupakan sensor pintar untuk membantumu mendeteksi beban cucian.

Spesifikasi Sanken SFL-7000W
Kapasitas Pencucian 6.5 kg
A+++ series (30% hemat listrik)
Eco Wash
Favorite Program
Fuzzy Logic
Intelligent Program
Self Diagnose

6. Sharp

Sharp - 6 Mesin Cuci Terbaik Beserta Tips Memilihnya

Mesin cuci terbaik satu ini menawarkan beberapa varian yang bisa kamu pilih, yaitu mesin cuci 2 tabung, top loading, dan front loading. Nah, keunggulan dari Sharp dibandingkan merk mesin cuci lainnya ialah terletak pada pengoperasiannya yang tergolong cukup mudah, sehingga bisa digunakan oleh semua orang.

Pada mesin cuci top loading, terdapat beberapa program mencuci yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan pakaian yang akan dicuci. Sedangkan untuk varian front loading, terdapat teknologi Eco Logic System yang berfungsi dalam mendeteksi jumlah cucian sehingga performa mesin akan disesuaikan secara otomatis.

Spesifikasi Sharp ES-FL1491XW
Washing Capacity 9.5 kg
Triple Quick Wash
Eco Logic System
Turbo Key
Super Clean Rinse
Silent Wash
Inverter

Membeli Mesin Cuci Terbaik dengan Kartu Kredit

Tahukan kamu? Membeli mesin cuci terbaik menggunakan kartu kredit bisa membuatmu menjadi lebih hemat lho. Hal tersebut karena banyaknya promo dan diskon yang disediakan oleh kartu kredit spesial untuk para penggunanya. Lalu, bagaimana jika belum punya kartu kredit?

Janganlah khawatir! Karena kamu bisa segera mengajukannya di CekAja.com. Tak hanya dalam hal pengajuan, melalui CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan tentang jenis kartu kredit manakah yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi! Yuk segera bandingkan dan ajukan kartu kredit hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha