Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Peluang Bisnis Menggiurkan di Tahun Pemilu 2019

by Miftahul Khoer on 17 Desember, 2018

Meski dilaksanakan pada April 2019 mendatang, namun hiruk pikuk Pilpres dan Pileg sudah terasa. Masing-masing pendukung tampak semakin panas membela jagoan dan menyerang lawannya. Nah, asal tahu saja, ada loh bisnis yang beri untung banyak di tahun pemilu.

Bisnis Pemilu - CekAja

Ketimbang Anda ikut-ikutan serang sana-sini demi membela paslon yang Anda jagokan, mending Anda ambil manfaat dan keuntungan dari Pileg dan Pilpres 2019 nanti dengan berbisnis. Berikut peluang bisnis menjanjikan di tahun pemilu 2019. Yuk cek.

Buzzer

Bagi Anda seorang influencer yang follower media sosialnya banyak hingga ratusan ribu atau jutaan, boleh sesekali Anda jadi buzzer politik. Tapi bukan sebar hoax tidak jelas buat memfitnah lawan politik yang Anda jagokan.

Menjadi buzzer politik bisa dilakukan dengan cara mempengaruhi orang melalui unggahan-unggahan di akun media sosial Anda. Misalnya memberikan citra yang baik bagi pasangan calon atau calon legislatif tertentu.

Nah, banyak kok selebgram atau selebtwit yang diminta untuk menjadi buzzer oleh pasangan calon tertentu yang maju di Pilpres atau di Pileg. Duitnya juga lumayan lho.

Percetakan

Bisnis percetakan diperkirakan bakal laku keras di tahun pemilu 2019. Secara gitu, setiap paslon pasti butuh alat peraga kampanye mulai dari poster, kalender, stiker, baliho dan banyak lagi.

Anda bisa lihat sendiri hampir di setiap sudut jalan-jalan pasti dipenuhi spanduk, baliho atau poster para calon legislatif dan capres-cawapres. Ini bukti bahwa peluang usaha percetakan benar-benar menggiurkan.

(Baca juga: INFOGRAFIS: 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Anak Muda)
Konveksi

Selain alat peraga kampanye, setiap paslon yang bakal maju di Pileg dan Pilpres pasti membutuhkan kaos kampanye yang dibagikan kepada warga. Tak tanggung-tanggung, jumlah kaos yang dibagikan biasanya bisa ratusan hingga ribuan.

Nah, tidak mungkin kan pasangan calon membuat sendiri kaosnya. Biasanya mereka akan memesan kaos kepada para pengusaha konveksi. Jadi, jika Anda memutuskan untuk berbisnis konveksi dalam waktu dekat, tampaknya keputusan Anda adalah langkah yang tepat.

Katering

Anda mungkin sering melihat paslon Pileg dan Pilpres mendatangi warga saat berkampanye. Nah, dari kerumunan warga tersebut biasanya para paslon menyiapkan hidangan buat warga.

Hidangan yang biasa diberikan kepada para warga berupa nasi kotak atau nasi bungkus. Menu-menu makanan yang tentunya dipesan dari para pengusaha katering.

Jadi, jika ada paslon yang berencana melakukan kampanye di kampung Anda, coba segera tawari agar kateringnya Anda yang buat. Jika Anda belum memiliki modal usaha, kunjungi situs CekAja untuk informasi yang lebih detail.

(Baca juga: Agar Bisnis Tak Bangkrut di Tahun Pertama, Ini 5 Tipsnya)
Sewa alat pesta

Selain kampanye yang dilakukan paslon dari kampung ke kampung, biasanya para paslon juga menggelar kampanye akbar yang dilakukan di tengah lapangan besar.

Tak mungkin dong kampanye di lapangan luas tanpa ada pengeras suara atau panggung. Nah, peluang bisnis alat sewa pesta mulai dari panggung, sound sistem, kursi, meja dan lain-lainnya akan sangat menggiurkan.

Jasa hiburan dan MC

Sama seperti bisnis sewa alat pesta, peluang usaha untuk jasa hiburan seperti dangdut, organ tunggal hingga MC atau pembawa acara juga pasti menjanjikan.

Tanpa hiburan, sebuah kampanye politik terasa hambar. Jadi bagi Anda yang akan atau telah terjun di bisnis jasa hiburan dan MC, peluang ini bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin.

Carilah kenalan atau jejaring yang bisa menggunakan jasa Anda selama tahun kampanye pemilu 2019. Dengan memberikan hiburan yang meriah, mungkin saja Pileg dan Pilpres bisa sejenak lupa atau bahkan selamanya terhindar dari banjir hoax yang selalu meresahkan masyarakat. Bukan begitu?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami