6 Rekomendasi KTA Kilat Terbaik 2020 yang Bisa Dijadikan Pilihan di Tengah Pandemi

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Di tengah pandemi seperti saat ini, KTA kilat terbaik 2020 sepertinya perlu diketahui. Sebab, ini bisa memberikanmu kemudahan dalam memenuhi seluruh kebutuhan meskipun kondisi ekonomi sedang tidak stabil.

Tak hanya berhubungan dengan kebutuhan darurat saja, saat ini KTA bahkan sudah bisa digunakan untuk keperluan konsumtif lho, tentunya selama masih di dalam batas wajar kemampuan kamu dalam melunasi cicilan.

Ditambah lagi, saat ini sudah hampir sebagian besar perbankan menawarkan produk KTA, mulai dari fintech hingga bank konvensional, yang membuat pengajuan KTA itu sendiri menjadi lebih dipermudah.

Hanya saja, karena banyaknya lembaga perbankan yang memilikinya, terkadang hal ini justru membuat kita bingung dalam memilih, sekiranya dimanakah tempat yang baik untuk mengajukan KTA?

Apalagi saat ini juga tengah maraknya pinjaman online “bodong” yang membuat kita menjadi harus lebih waspada lagi, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa KTA kilat terbaik 2020 yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Mengenal KTA Kilat

Sebelum kita membahas tentang KTA kilat terbaik 2020, pastinya kamu harus mengenal terlebih dahulu mengenai KTA kilat itu sendiri.

Dilansir dari CekAja.com, KTA kilat merupakan sebuah produk pinjaman online tanpa jaminan yang dapat dicairkan hanya dalam waktu yang relatif singkat, mulai dari beberapa menit, beberapa jam, hingga beberapa hari saja dari masa pengajuan.

Bahkan umumnya, pencairan dana dari KTA kilat hanya membutuhkan maksimal dua hari saja sejak masa pengajuan.

Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang memilih KTA kilat untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama kebutuhan-kebutuhan yang bersifat mendesak atau darurat dan membutuhkan dana cepat.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, pengajuan KTA kilat sudah bisa dilakukan dengan begitu mudahnya dan menjadi produk unggulan dari sebagian besar perbankan, baik itu bank konvensional maupun fintech, lembaga keuangan non bank.

Akan tetapi, walaupun sama-sama menawarkan produk KTA kilat, keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup terlihat dengan jelas, yaitu dalam hal suku bunga.

Biasanya, fintech menawarkan suku bunga harian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bank konvensional.

(Baca Juga: KTA Kilat Terbaik dan Terpercaya 2020

Tak hanya itu, nominal pinjaman yang ditawarkan oleh fintech juga tergolong kecil, yaitu antara Rp2 juta sampai dengan Rp8 juta saja, dengan tenor maksimal 12 bulan.

Sementara itu, suku bunga yang ditawarkan oleh bank konvensional justru relatif lebih kecil, yang mana juga disertai dengan tenor yang lebih lama.

Meski begitu, tentu keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Biasanya, orang-orang yang mengajukan KTA kilat terbaik 2020 melalui fintech ialah orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Sebab, pengajuan pinjaman melalui fintech dapat dilakukan sepenuhnya melalui online, sehingga kamu tak perlu lagi repot meluangkan waktu ke luar rumah.

Dengan kemudahan yang diberikan, bukan berarti bank konvensional ditinggalkan begitu saja lho.

Sebab, bank konvensional masih relatif memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan seringkali dijadikan sebagai pilihan untuk orang-orang yang bingung memilih lembaga pinjaman online terpercaya.

Maka dari itu, sebagai konsumen kita dituntut untuk lebih kritis dan selektif dalam memilih KTA kilat yang terpercaya dan memiliki track record yang baik.

Perbedaan KTA Kilat Bank Konvensional dan Fintech

Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang beberapa perbedaan KTA kilat bank konvensional dan fintech, sebelum kita menuju ke pembahasan mengenai KTA kilat terbaik 2020.

Dilansir dari situs lifepal.co.id, berikut beberapa perbedaan KTA kilat bank konvensional dan fintech, yaitu adalah:

Financial Technology

  • Bunga harian mencapai 0,5 – 3 persen
  • Apabila terdapat keterlambatan, maka denda yang diberikan bisa mencapai 150 ribu per hari
  • Umumnya, pinjaman yang bisa diajukan di bawah Rp10 juta
  • Tenor maksimal hanya 12 bulan

Bank Konvensional

  • Bunga yang diberikan relatif lebih kecil dengan tenor yang lebih lama
  • Pinjaman yang diberikan bisa mencapai puluhan juta

Daftar KTA Kilat Terbaik 2020

Dilansir dari sumber yang kredibel, berikut beberapa rekomendasi KTA kilat terbaik 2020 yang bisa kamu jadikan solusi dalam memecahkan permasalahan finansial, yaitu adalah:

1. UangTeman

KTA kilat terbaik 2020 yang pertama akan kita bahas adalah UangTeman, yang merupakan pinjaman online 24 jam berbasis aplikasi pertama di Indonesia.

Telah hadir sejak bulan April 2015, UangTeman menawarkan produk pinjaman dana dengan tenor pendek, yaitu maksimum 30 hari atau 1 bulan saja.

Kamu tak perlu khawatir mengajukan pinjaman di sini, sebab UangTeman telah terdaftar dan memiliki izin P2P dari OJK Indonesia.

Selain dapat melakukan pencairan dana dengan cepat, mengajukan produk KTA di sini juga tidak memerlukan jaminan apapun, melainkan kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya saja di smartphone. Mudah banget kan!

Sejumlah hal yang perlu kamu ketahui ketika mengajukan pinjaman di UangTeman adalah sebagaimana berikut ini:

  • Plafond pinjaman mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp3 juta untuk setiap orang yang baru pertama kali melakukan pinjaman di UangTeman
  • Masa pinjaman paling lama 30 hari
  • Bunga pinjaman mulai dari 0,8 persen per hari, dan akan menurun di pinjaman berikutnya.

2. Indodana

KTA kilat terbaik 2020 selanjutnya adalah Indodana, yang menawarkan pinjaman dengan maksimal mencapai Rp8 juta dan tenor pinjaman hingga 6 bulan.

Memiliki suku bunga mulai dari 0,80 persen per hari, syarat pengajuannya juga tergolong cukup mudah lho, yakni kamu hanya perlu mempersiapkan KTP, NPWP, Foto KTP, Foto Selfie, Akun BPJS, Akun e-commerce, dan akun internet banking saja.

Dengan pendapatan minimum Rp3 juta per bulan, syarat lainnya yang perlu kamu penuhi adalah, bahwa peminjam harus berusia di atas 21 tahun dan di bawah 50 tahun pada saat masa pelunasan.

3. TunaiKita

KTA kilat terbaik 2020 selanjutnya adalah TunaiKita. Merupakan salah satu pinjaman online 24 jam, membuat kamu bisa mengajukan pinjaman di sini kapanpun dan dimanapun tanpa memerlukan agunan atau jaminan.

Selain itu, TunaiKita juga juga sudah terdaftar di OJK Indonesia, sehingga kamu tak perlu khawatir lagi keamanannya ketika ingin mengajukan pinjaman.

Meski begitu, besaran pinjaman yang bisa kamu ajukan di sini tergolong kecil, yakni mulai dari Rp1 juta sampai dengan Rp1,5 juta, dengan suku bunga sebesar 0,8 persen.

Akan tetapi, di balik nominal pinjaman yang kecil, tenor yang diberlakukan justru tergolong cukup panjang, yaitu dengan maksimum 60 hari atau sekitar 2 bulanan.

Nah, jika ingin mengajukan pinjaman di salah satu KTA kilat terbaik 2020 ini, pastikan bahwa kamu disiplin dalam membayar cicilan.

Sebab, biaya keterlambatan yang dibebankan tidaklah sedikit, yaitu dengan simulasi berikut ini:

Pinjaman kurang dari Rp1 juta

  • Terlambat 1-3 hari: denda Rp5 ribu per hari
  • Terlambat 4-7 hari: denda Rp10 ribu per hari
  • Terlambat 8-15 hari: denda Rp15 ribu per hari
  • Terlambat lebih dari 15 hari: denda Rp20 ribu per hari

Pinjaman lebih dari Rp1 juta

  • Terlambat 1-3 hari: denda Rp10 ribu per hari
  • Terlambat 4-7 hari: denda Rp20 ribu per hari

Proses Pengajuan Pinjaman di TunaiKita

  • Mengunduh aplikasi kredit online TunaiKita di smartphone
  • Melakukan pendaftaran dengan mengisi informasi data diri yang dibutuhkan
  • Segera mengajukan pinjaman dan tunggu hingga proses verifikasi selesai
  • Dana pinjaman bisa langsung dicairkan dalam kurun waktu kurang dari 48 jam
  • Seluruh dana pinjaman yang telah diajukan pada nantinya bisa langsung masuk ke rekening pribadi tanpa harus memenuhi berbagai persyaratan yang rumit. 

4. JULO

KTA kilat terbaik 2020 selanjutnya adalah JULO, yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai dengan Rp8 juta dengan tenor 3 bulan hingga 6 bulan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman disini sangatlah mudah, yang penting kamu harus berusia minimum 21 tahun dan maksimum 50 tahun.

Tak hanya itu, kamu juga harus merupakan warga negara Indonesia, berdomisili di Jabodetabek, berstatus pekerja atau karyawan tetap, dan minimal penghasilan sebesar Rp2 juta per bulan.

Kamu juga harus memiliki rekening pribadi sebagai tempat pencairan dana pinjaman pada nantinya, dan tentunya smartphone yang bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi JULO.

Suku bunga yang ditetapkan tergolong cukup kecil, yakni sebesar 4 persen saja per bulan, namun belum termasuk biaya tambahan lainnya, seperti biaya provinsi sebesar 5 persen dan denda keterlambatan.

Selain mengunduh aplikasi JULO di smartphone pribadi, dalam mengajukan pinjaman kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan, seperti:

  • Mengisi data diri di formulir yang telah disediakan
  • Foto KTP
  • Foto Slip Gaji/Penghasilan
  • Foto Kartu Keluarga (opsional)
  • Foto Diri dengan KTP

5. Kredivo

Kredivo juga merupakan salah satu fintech yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi KTA kilat terbaik 2020.

Memberikan pinjaman dalam jumlah yang cukup besar, yaitu dengan limit mencapai Rp30 juta, kamu bahkan juga bisa memilih tenor sesuai penghasilan dan kemampuan dalam membayar lho, mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, dengan bunga mulai dari 0 persen – 2,95 persen per bulan.

Akan tetapi selain itu, Kredivo juga memberikan beban biaya tambahan yang tak boleh kamu lupakan, yaitu berupa biaya keterlambatan sebesar 3 persen dan biaya administrasi sebesar 1 persen apabila membayar dalam 30 hari dan 6 persen untuk KTA kilat.

Jika ingin mengajukan pinjaman di KTA kilat terbaik 2020 satu ini, kamu harus memenuhi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan, yaitu adalah:

  • Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Palembang
  • Penghasilan minimum sebesar Rp3 juta per bulan

6. Standard Chartered

KTA kilat terbaik 2020 juga datang dari bank multinasional, Standard Chartered. Jika kamu membutuhkan dana dalam jumlah besar, maka inilah pilihan yang tepat.

Sebab, di Standard Chartered kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp300 juta untuk kamu yang bekerja sebagai karyawan, profesional, dan wiraswasta.

Selain kamu harus berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya sebagai salah satu persyaratannya, dalam mengajukan pinjaman di Standard Chartered kamu juga diharuskan untuk memiliki kartu kredit.

Meski begitu, bunga yang dibebankan tergolong cukup rendah, yakni mulai dari 0,65 persen per bulan dengan tenor maksimal lima tahun.

Butuh Dana Pinjaman? CekAja Saja!

Jadi, itulah beberapa KTA kilat terbaik 2020 yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan di tengah pandemi seperti saat ini.

Tak hanya keenam daftar KTA yang baru saja kita sebutkan, kamu pun juga bisa mengajukan pinjaman di CekAja.com lho.

(Baca Juga: Penyedia Pinjaman Online 24 Jam)

Walaupun tidak termasuk pinjaman kilat karena membutuhkan waktu 3-5 hari untuk melakukan proses verifikasi, seluruh dana pinjaman yang kamu ajukan di CekAja.com bebas bisa kamu gunakan untuk berbagai hal, mulai dari modal usaha, renovasi rumah, pendidikan, hingga hal-hal yang bersifat konsumtif.

Selain itu, disini kamu juga bisa memilih jumlah cicilan dan tenor sesuai dengan kemampuan kamu dalam membayar.

Tak perlu khawatir, CekAja.com telah terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK Indonesia, jadi sangat terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha