Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Cara Ngasih Self-Reward Tanpa Membahayakan Dompet

by Anes Saputra on 3 Maret, 2020

Setelah kerja keras, rela lembur, makan telat, bangun pagi-pagi buat ketemu klien, desak-desakan di kereta, sudah sepantasnya kamu dapat hadiah atau self-reward. Itu adalah wujud apresiasi dan rasa terima kasih yang bisa kamu lakukan sebagai bagian dari cinta kepada diri sendiri.

Yang kemudian jadi masalah adalah kalau sedikit-sedikit kamu memberikan self-reward bahkan kamu beli hal-hal yang tidak dibutuhkan dengan alasan self-reward, padahal itu cuma bagian dari rasa impulsif. Jika dibiarkan akhirnya kondisi keuangan kamu akan terancam.

Sudahkah ada yang mengalami masalah keuangan karena terlalu sering belanja dengan alasan self-reward? Supaya tidak bablas sampai kantong kebobolan, inilah beberapa cara bijak dalam memberikan self-reward.

  1. Jalan-jalan ke tempat yang sejuk dan segar

Self-reward tidak melulu harus memberikan barang mewah atau mahal untuk diri sendiri. Kamu bisa memanjakan diri dengan datang ke taman atau gunung dengan suasana yang asri.

Selain aman di kantong, cara ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan mood kamu loh.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di wilayah yang hijau adalah cara terbaik untuk meningkatkan mood apalagi jika kamu hidup di kota. 

  1. Beli sesuatu dengan dana yang sudah disiapkan secara khusus

Sebuah penelitian di Universitas Michigan menyarankan orang untuk belanja sebagai ‘retail therapy’. Itu merupakan bagian dari self-reward. 

Yang perlu diingat adalah kamu perlu menyiapkan dana khusus. Nah, dana itu lebih baik disimpan di akun khusus yang memang digunakan hanya untuk belanja untuk kepentingan self-reward. Kalau selama ini kamu sering menghabiskan dana berlebihan dari yang seharunya, kemungkinan karena danamu campur aduk. 

  1. Ambil kursus untuk belajar hal baru

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengapresiasi diri sendiri adalah dengan ikut kelas atau les yang akan menambah kemampuan dan pengetahuanmu. Secara tidak langsung, pilihan ini juga bisa dianggap sebagai investasi loh.

Meski kamu mengeluarkan uang, di sisi lain kamu akan menambah kemampuan yang bisa berguna di masa yang akan datang. Terlebih lagi jika kelas yang kamu ambil berkaitan dengan karier kamu.

Kalaupun kelas yang kamu ambil tidak ada hubungannya dengan karier, setidaknya kamu bisa mengambil kelas yang cocok dengan hobimu. Itu adalah cara efektif untuk menyenangkan diri sendiri. 

  1. Melakukan mini vacation

Namanya juga mini vacation, ini tidak harus dilakukan dengan liburan ke tempat yang jauh. Kamu bisa melakukan stay-cation di tempat menginap yang nyaman. 

(Baca juga: Liburan Kilat dengan Staycation di Hotel)

Sekarang ini udah ada banyak kok tempat untuk stay-cation yang bagus dan instagenic tapi harganya tetap ramah di kantong. Kalau mau yang beda, kamu bisa keluar kota. Pilih tempat yang tidak terlalu jauh supaya biayanya juga lebih hemat. 

  1. Sisakan waktu sendiri di sore hari untuk tidak melakukan apapun

Setelah kerja lembur dan melewati hari yang sangat panjang, sesungguhnya hal yang sangat dibutuhkan adalah relaks. Cara yang paling mudah dan murah untuk relaks adalah dengan tidak melakukan apapun. 

Kamu tidak harus perawatan ke salon, belanja, atau liburan jauh. Diam dan santai tanpa melakukan apapun saja sudah cukup untuk membuat otak dan tubuh lebih nyaman dan bisa beristirahat. Lupakan dulu urusan pekerjaan dan masalah lain. 

  1. Berikan hadiah berupa musik

Musik adalah hal yang tidak pernah membosankan dan sangat efektif untuk membuat diri jadi lebih relaks. Kamu bisa mendengarkan musik kesukaan kamu sambil nyemil atau duduk santai. 

Jika ingin lebih bisa menikmati tanpa ganguan, kamu bisa menggunakan akses premium. Meski berbayar, hal itu tidak akan merugikan kamu kok. Silahkan dicoba.   

  1. Nabung untuk hadiah mewah

Hadiah tidak harus diberikan secara rutin setiap habis gajian atau setiap kamu baru saja menyelesaikan tugas berat. Kamu bisa melakukannya sesekali saja dan simpan dulu uangnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan di poin awal, kamu bisa menggunakan akun bank khusus untuk biaya self-reward. Kamu kumpulkan dulu uangnya lalu sekali memberikan hadiah kamu bisa membeli sesuatu yang mahal sekalian.

(Baca juga: Liburan ke Jepang? Yuk, Siapkan Asuransi Perjalanannya!)

Karena dana yang kamu miliki cukup besar, kamu bisa menggunakannya untuk jalan-jalan ke luar negeri atau membeli barang mewah dan branded. Itu pasti akan memberikan kesenangan dan kepuasan yang lebih. 

Kalau keputusan kamu adalah jalan-jalan ke luar negeri, jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih dan ajukan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Sesuaikan dengan kemampuan

Ada satu prinsip yang harus kamu ingat setiap kali memberikan hadiah untuk diri sendiri. Hadiah itu harus yang bisa kamu jangkau dengan uang yang kamu miliki. 

Jangan sampai kamu memaksakan diri dan mengambil dana lain untuk menuruti keinginan kamu. Jika kamu melakukan hal tersebut, tanpa kamu sadari kamu tidak memberikan hadiah kepada diri sendiri tapi malah menyusahkan diri sendiri.

Banyak sekali orang yang menjadi stres dan mengalami kesulitan ekonomi karena terjebak dengan self-reward. Jika memang belom mampu membeli barang yang mahal, lebih baik uangnya disimpan atau atau beli semampunya saja.

Dapatkan berbagai tips pengelolaan uang yang bermanfaat dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke