Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Cara Simpel dan Kreatif untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

by Rafly Aditia on 18 Februari, 2016

tips bisnis _ pinjaman UKM - CekAja.com

Seringkali harus mengirit di tanggal tua karena gaji bulanan nyaris habis di tengah bulan? Sepertinya kamu butuh penghasilan tambahan. Tapi memang tidak mudah mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama.

Jika pun ada syarat  pekerjaan sampingan itu bisa dilakukan dengan mudah, simpel dan lebih memerlukan kreatifitas ketimbang waktu kamu. Nah, bagi kamu yang sedang pusing memikirkan jenis pekerjaan sampingan yang cocok, CekAja mengumpulkan sejumlah ide unik dan menarik yang layak untuk kamu terapkan. Penasaran mau tahu jenis pekerjaan sampingan itu? Baca artikel ini hingga tuntas.

Tester website

Kalau pekerjaan utama kamu lebih sering berhubungan dengan layar komputer, pekerjaan ini sangat tepat. Namanya tester website. Tugas utama tester website adalah melakukan pengecekan atau testing terhadang website.

Permintaan pekerjaan ini cukup banyak lho. Kliennya rata-rata berasal dari perusahan besar yang membutuhkan saran dan kritik terhadap website mereka. Manfaatkanlah hal tersebut dengan join sebagai anggota di beberapa website seperti Analysia, Enroll, Feedback Army dan sebagainya. Pembayaran untuk pekerjaan ini biasanya dilakukan via PayPal.

(Baca juga: Mau Dongkrak Kekayaan di Dunia Investasi? Ini Tipsnya)

Mystery shopper

Kalau suka belanja atau jajan-jajan, manfaatkanlah hobi tersebut untuk menghasilkan uang dan bukan cuma menghabiskan gaji. Buat para shopaholic, profesi mystery shopper adalah jenis pekerjaan sampingan yang tepat.

Menjadi mystery shopper cukup mudah. Kamu hanya perlu jalan-jalan ke sejumlah toko, membeli barang dan kemudian melakukan penilaian terhadap segala aspek yang ada pada toko tersebut. Mulai dari kebersihan, lama waktu transaksi, keramahan pelayan, dan kualitas barang yang disediakan.

Tutor online

Merasa ahli matematika, bahasa Inggris, IPA, dan pelajaran sekolahan lainnya? Kenapa tidak manfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan banyak uang. Bagaimana caranya?

Simpel saja, coba membuka jasa private tutor online. Biasanya, anak-anak sekolah membutuhkan jasa ini. Profesi ini juga cocok bagi kamu yang tidak mungkin sempat untuk melakukan layanan tatap muka. Tutor online intinya adalah les yang dilakukan melalui sistem online. Bisa lewat skype video call dan sebagainya.

Pasang iklan di akun sosmed

Jika kamu adalah seorang selebriti sosial media,  jangan pernah sia-siakan akun sosial mediamu. Karena pada saat ini sosial media merupakan salah satu pilar penting dalam pemasaran produk baik barang hingga jasa.

Manfaatkanlah halaman akun sosial media milikmu untuk mendapatkan banyak uang. Bukalah jasa iklan, misalkan di Instagram kamu membuka diri untuk di-endorse oleh mereka yang tertarik untuk memasang iklan di akun sosmedmu. Tarif beriklan di sosmed cukup besar lho, bahkan ada yang sampai jutaan rupiah untuk sekali beriklan.

Jual barang kerajinan tangan secara online

Jika kamu orang yang kreatif dan bisa membuat anke kerajinan tangan, modal kamu sebenarnya sudah cukup besar untuk berbisnis. Coba buat berbagai aksesoris seperti gelang handmade, kalung  hingga jasa lukis sepatu. perkenalkan barang hasil kerajinan tangan tersebut secara online.

Untuk menggenjot omzet, iklankan produk kamu secara online dengan memanfaatkan digital marketing.

(Baca juga: Ide Usaha Jajanan Anak Sekolah yang Beromzet Jutaan Rupiah)

Cover lagu di youtube

Teman-treman sering bilang kamu punya suara bagus dan tampang lumayan. Kenapa tidak memulai langkah menjadi artis internet. Simpel saja, cobalah untuk mengcover beberapa lagu favorit dan upload via youtube.

Kalau suara kamu memang bagus dan video yang kamu upload menarik, pasti akan banyak orang yang melihat video unggahanmu tersebut. Dari situ akan terbuka peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Siapa tahu kamu bisa mengikuti jejak Justin Bieber yang mendadak tenar setelah mengcover lagu di Youtube.

Lakukan pekerjaan online data entry

Kalau pikiran kamu sudah terforsir untuk pekerjaan utama sampai bikin sulit berkreasi, lakukan saja hal-hal simpel yang bisa dikerjakan di rumah. Asalkan ada koneksi internet, kamu bisa bekerja sebagai freelance online data entry staff.

Pendapatan seorang freelance online data entry pun juga cukup menarik. Dengan status hanya sebagai pekerja lepas, kamu bisa mendapatkan gaji jutaan rupiah.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami