Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

7 Fakta Perbandingan CekAja dan HaloMoney

by lhmdi on 10 Juli, 2016

Dalam waktu empat tahun terakhir, mulai banyak bermunculan situs layanan keuangan seperti CekAja.com, HaloMoney, Duitpintar dan berbagai macam nama lainnya yang menawarkan layanan pembanding produk keuangan. Salah satu tujuan umumnya adalah agar masyarakat semakin mudah mendapatkan produk keuangan yang mereka butuhkan.

Beberapa produk keuangan yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari kartu kredit, asuransi, kredit pemilikan rumah hingga KTA yang cepat tanpa penggunaan kartu kredit. Kali ini kita akan melihat seperti apa layanan dua situs penyedia jasa keuangan yaitu CekAja dan HaloMoney.

Seperti apa ya perbandingannya?

  1. Layanan yang ditawarkan

CekAja.com sebagai situs  pertama yang menyediakan layanan keuangan memiliki fitur yang lebih baik dan lengkap. Selain kartu kredit, CekAja juga menawarkan kredit tanpa agunan (KTA), kredit dengan agunan (KDA) beragam jenis asuransi seperti kendaraan bermotor, properti, hingga asuransi perjalanan.

Layanan ini masih ditambah dengan kehadiran investasi seperti deposito dan juga modal bagi usaha kecil dan menengah atau yang dikenal dengan UKM.

Sementara itu HaloMoney masih menyediakan layanan yang cukup terbatas. Hingga saat ini, layanan keuangan yang berasal dari Malaysia ini baru menawarkan kartu kredit dan kredit tanpa agunan saja bagi masyarakat yang ingin mencari informasi tentang keuangan.

  1. Daftar bank penyedia kartu kredit

CekAja.com memiliki daftar bank yang lebih banyak dan lengkap dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan calon nasabah. Beberapa diantaranya adalah kartu kredit khusus traveling, Rewards, Cashback, Lifestyle dan Co-Brand.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Perbedaan tidak terlalu besar juga terdapat pada situs pembanding HaloMoney. Meskipun daftar bank yang dimiliki tidak selengkap CekAja.com, namun fitur-fitur yang ditawarkan cukup menarik. Misalnya, Airmiles bagi yang suka bepergian, fitur Cashback, Dinning hingga Premium, bisa dipilih oleh nasabah.

  1. Layanan Kredit

Selain menawarkan kredit tanpa agunan atau KTA cepat tanpa kartu kredit CekAja.com juga menawarkan layanan kredit dengan agunan, atau fasilitas pinjaman yang mewajibkan nasabah menggunakan jaminan sebagai syarat pinjamannya.

Selain itu masih ada dua layanan lainnya yang disajikan CekAja.com yaitu kredit kepemilikan kendaraan bermotor dan juga kredit kepemilikan rumah. Tujuannya tentu saja memberikan banyak pilihan pada nasabah untuk memilih kredit mana yang menjadi prioritas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sementara itu hingga saat ini, HaloMoney masih baru menawarkan satu jenis kredit kepada calon nasabah yaitu, kredit tanpa agunan saja.

  1. Kredit tanpa agunan

CekAja.com, HaloMoney dan Doctor Rupiah memiliki dua layanan ini di dalam situsnya. Ketiganya juga memiliki persentase bank penyedia jasa KTA yang cukup banyak. Selain itu ketiganya juga memiliki fitur yang sangat detil sesuai dengan kebutuhan calon nasabah yang akan mengajukan kartu kredit seperti jumlah dan lama pinjaman.

Akan tetapi CekAja lebih terperinci mengenai informasi yang akan diberikan kepada calon nasabah. Seperti jenis pekerjaan, lokasi dan penghasilan yang dihasilkan dalam satu bulan. Cara ini tentunya akan sangat membantu nasabah untuk mendapatkan pilihan kredit yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

  1. Layanan asuransi

CekAja.com bisa disebut memiliki fitur terbaik tentang layanan keuangan karena menawarkan asuransi sebagai salah satu layanannya. Mulai dari asuransi kecelakaan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti hingga asuransi mikro yang memang dikhususkan bagi pemilik usaha kecil dan menengah.

Sementara itu HaloMoney masih belum menawarkan layanan asuransi sebagai layanan keuangan mereka untuk masyarakat di Indonesia.

  1. Investasi

Layanan investasi tentu menjadi pilihan menarik bagi banyak masyarakat saat ini. CekAja memberikan layanan keuangan yang satu ini sebagai sebuah pilihan bagi nasabah. Berbagai macam pilihan investasi pun disediakan, seperti deposito berjangka, logam mulia, unit link, dan deposito syariah dihadirkan untuk memuaskan keinginan calon nasabah. Didukung dengan mitra-mitra terbaik, nasabah kini bisa mengajukan pilihan investasi melalui CekAja.

Sementara itu, hingga saat ini HaloMoney belum memiliki layanan yang sejenis untuk ditawarkan kepada calon nasabah.

  1. Fitur kalkulator

Kalkulator yang dimaksud dalam fitur ini adalah memberikan kesempatan kepada nasabah untuk menghitung sendiri perkiraan jumlah dana yang mereka dapatkan hingga bagaimana membayar cicilannya.

Mau Hitung KTA?
Nominal Pinjaman Rp.
Jangka Waktu
Bunga Pinjaman (FLAT) %
Estimasi Cicilan Perbulan Rp.
Estimasi Total Pinjaman Rp.
Dalam hal ini CekAja.com lebih unggul dibandingkan pesaingnya HaloMoney. Misalnya dengan menggunakan kalkulator sendiri, calon nasabah dapat mengetahui KTA mana yang dapat disetujui sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, HaloMoney hingga saat ini belum memiliki fitur kalkulator, dan baru hanya sebatas perbandingan KTA saja yang ditawarkan.

  1. Cara berkomunikasi

Baik CekAja dan HaloMoney menghadirkan layanan customer service yang siap melayani pertanyaan-pertanyaan dari calon nasabah hanya dengan menggunakan nomor telepon yang disediakan. Khusus HaloMoney, layanan ini jug amenghadirkan komunikasi langsung via percakapan online atau chatting langsung melalui website mereka.

Sementara itu, CekAja hingga saat ini belum menyediakan layanan yang serupa.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami