Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Terancam PHK

by Rafly Aditia on 11 Juli, 2016

Pemutusan hubungan kerja atau PHK adalah mimpi buruk setiap pekerja. Bukan hanya membuat pusing karena tidak ada aktivitas, hilangnya sumber pendapatan bisa menjadi bencana finansial. Ini tujug hal yang harus Anda siapkan apabila terancam PHK.

gagal dalam karier - CekAja.com

Biasanya ada beberapa tanda tertentu yang membuat seseorang terancam mengalami PHK. Mulai dari kabar buruk tentang keuangan perusahaan, kinerja yang menurun dan berbagai alasan lainnya. Maka dari itu, saat terancam PHK entah apapun alasannya kamu harus mempersiapkan diri. Berikut 7 hal yang harus dilakukan saat terancam PHK:

Update CV

Hal pertama yang harus dilakukan saat terancam PHK adalah update CV milikmu. Karena dengan mengupdate CV, kamu bakal lebih mudah mencari pekerjaan baru. (Baca juga: Beberapa Kecanduan yang Justru Bisa Bikin Kaya)

Update profil Linkedin

Bisa dibilang Linkedin merupakan situs yang sangat bermanfaat bagi karier seseorang. Terutama kamu yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian hebat dalam profesi yang digeluti. Dengan terus mengupdate profile Linkedin, kamu bakal lebih siap untuk mencari pekerjaan lain apabila terkena PHK.

Tingkatkan tabungan darurat

Bukan cuma itu saja, apabila terancam PHK kamu kehilangan sumber pendapatan. Sementara, tidak ada waktu pasti kapan kamu bakal mendapatkan pekerjaan baru. Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan jumlah tabungan darurat di waktu-waktu riskan saat terancam PHK.

Kembangkan kemampuan

Terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki adalah harga mati bagi setiap orang. Karena dengan mengembangkan kemampuan kamu bisa mendapatkan pekerjaan lain yang mungkin saja jauh lebih baik.

Perbaiki sikap dan kinerja

Kalau kamu merasa terancam PHK dan ingin mempertahankan posisi, sebisa mungkin perbaiki sikap dan kinerja di kantor. Nantinya atasan bakal melihat perubahan itu. Kalau kondisi perusahaan memang memungkinkan, kamu bisa saja lolos dari PHK masal.

Bersiap untuk negosiasi

Terkadang situasi tidak sesuai harapan, maka dari itu ketika mengalami PHK kamu harus bersiap diri. Salah satunya adalah bersiap untuk negosiasi masalah gaji dan sebagainya saat interview kerja nanti. (Baca juga: 10 Film yang Bakal Menambah Ilmu Bisnis Jika Ditonton)

Segera kirim lamaran kerja

Kalau kabar PHK sudah sampai ke telinga kamu, tidak ada salahnya untuk segera mengirim lamaran dari sekarang. Ingat, lamaran kerjamu tidak akan direspon dalam waktu singkat. Jadi, mencuri start terlebih dahulu untuk kirim-kirim lamaran adalah salah satu langkah bijak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.