Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Kebiasaan Sederhana Bikin Rumah Lebih Sehat dan Nyaman

by lhmdi on 10 Januari, 2018

Rumah yang sehat dan nyaman tidak harus selalu berdasarkan ukuran besar atau kecilnya. Akan tetapi, lingkungan rumah yang nyaman dapat diciptakan dengan merawat sendiri lingkungan yang ada di sekitar rumah tersebut.

Selain itu, lingkungan yang nyaman serta bersih juga pasti akan membuat penghuni rumah atau tamu yang datang akan merasa nyaman serta betah berlama-lama.

Jika selama ini kita merasa lingkungan rumah masih belum terasa nyaman, ada baiknya untuk segera mengubah suasana rumah menjadi lebih baik.

Untuk melakukannya pun tidak sulit, beberapa cara sederhana ini akan membantu agar lingkungan rumah jadi terasa lebih nyaman dan tetap sehat untuk ditempati:

Mengajak penghuni rumah untuk menjaga lingkungan

Jika kita tinggal bersama keluarga kecil atau anggota keluarga lainnya, maka pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak semua anggota keluarga untuk berpartisipasi menjaga lingkungan rumah agar tetap sehat.

(Baca juga: Resolusi Sederhana yang Bikin Optimis di Tahun Baru)

Hal ini bisa dimulai dari cara-cara sederhana seperti menjaga kerapian pakaian, menutup makanan yang ada di meja makan, mencuci kaki sebelum tidur, hingga membersihkan sisa-sisa remah makanan yang jatuh di lantai adalah beberapa cara sederhana untuk mengajak seluruh anggota keluarga untuk lebih peduli dengan lingkungan dan kebersihan rumah.

Jika cara ini dipraktikkan, maka dipastikan keamanan dan kenyamanan sebuah tempat tinggal atau rumah akan terjaga dengan baik.

Mulailah menggunakan bahan alami untuk membersihkan rumah

Cara berikutnya yang bisa kita coba adalah dengan menyiapkan perlengkapan rumah yang memang benar-benar mendukung agar lingkungan rumah tetap sehat.

Salah satunya adalah kita bisa menggunakan pembersih ruangan yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebagai antisipasinya, kita bahkan bisa menyiapkan pembersih rumah yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa dimaksimalkan dari berbagai macam makanan atau buah-buahan yang biasa dikonsumsi.

Misalnya, menggunakan jeruk lemon, baking soda, atau cuka adalah beberapa bahan kebutuhan rumah tangga yang dapat membuat menjadi lebih bersih.

Rawat rumah dengan tepat

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan agar lingungan rumah tetap terjaga dengan sehat adalah merawat kondisi rumah dengan tepat. Misalnya dengan membuka jendela rumah di saat pagi hari.

Hal ini penting untuk dilakukan agar udara kotor yang berada di dalam rumah dapat berganti dengan udara baru yang lebih segar. Selain itu, setiap kamar mandi yang terdapat di dalam rumah pun harus dirawat dengan tepat.

Tidak hanya dengan membersihkan kamar mandi satu kali dalam seminggu, namun juga dengan menyiapkan sebuah jendela khusus yang membuat pertukaran udara bersih dan udara kotor dapat berjalan dengan baik setiap harinya.

Jika ini dilakukan secara rutin, maka lingkungan rumah bisa dipastikan akan lebih nyaman dan sehat.

Gunakan perangkat elektronik dengan bijak

Di dalam rumah, pastinya tersimpan berbagai macam perangkat elektronik seperti televisi, kulkas, penyejuk ruangan dan lain-lainnya yang terhubung dengan sumber listrik.

Namun, jika dibiarkan terhubung secara terus menerus dengan sumber listrik, maka perangkat-perangkat elektronik yang mengandung air raksa, kadmium hingga timah ini dapat menyebarkan bakteri hingga virus di dalam lingkungan rumah.

Oleh karena itu, agar hal ini tidak terjadi di rumah, kita bisa menggunakan berbagai macam perangkat elektronik dengan bijak. Misalnya, jika televisi tidak digunakan lagi, langsung matikan dan jangan lupa untuk mencabutnya dari sumber listrik.

(Baca juga: Cara Jitu Hemat Listrik Ketika Tarifnya Naik)

Simpan perlengkapan rumah tangga di dalam tempat tertutup

Beberapa perlengkapan rumah tangga seperti deterjen antibakteri, cairan pembersih dapur, pemutih pakaian, pembasmi serangga, hingga cat tembok adalah beberapa perlengkapan rumah tangga yang biasanya tersimpan di dalam rumah dan dibiarkan dalam keadaan terbuka.

Namun, jika ini terus dibiarkan, ternyata dapat menganggu kenyamanan serta menyebabkan lingkungan di dalam rumah menjadi tidak sehat. Beberapa perlengkapan ini memiliki kandungan kimia yang berbahaya jika terus-teursan disimpan di dalam rumah.

Oleh karena itu, jika menginginkan lingkungan yang sehat di dalam rumah, sebaiknya siapkan sebuah tempat khusus seperti kardus untuk menyimpan perlengkapan ini ketika sudah selesai digunakan.

Cara ini bertujuan menghindari bahan-bahan kimia yang tersimpan di dalamnya mencemari lingkungan di dalam rumah.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami