Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Mata Minus Kembali Normal

by Rafly Aditia on 28 April, 2016

Memiliki mata minus atau bahkan silinder memang kurang menguntungkan. Selain seringkali menganggu pandangan ketika melakukan sesuatu, juga menyulitkan bila kita punya cita-cita pada profesi tertentu seperti seperti pilot. Sebab, profesi ini memiliki syarat tidak memiliki gangguan kesehatan mata.

Untuk itu, tidak sedikit orang yang ingin menjadi pilot rela menghabiskan banyak uang untuk operasi lasik agar mata kembali normal. Padahal, biaya untuk melakukan operasi mata tidaklah murah. Butuh uang hingga jutaan rupiah. Nah, dibanding mengeluarkan uang banyak, kamu bisa menggunakan cara ini. Simpel, konsumsi saja 7 makanan berikut yang bisa bikin mata kembali sehat dan normal:

Brokoli

Sayuran hijau yang memiliki banyak khasiat, brokoli ternyata juga dapat bermanfaat untuk mata. Kandungan vitamin C yang banyak, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane diketahui bisa membuat matamu kembali sehat dan normal. Jadi, tidak ada salahnya untuk sering-sering mengonsumsi sayuran sehat yang satu ini.

Salmon

Kabar baik bagi kamu pecinta sushi. Pasalnya, salah satu toping yang paling sering digunakan dalam sushi yaitu ikan salmon bisa membuat mata kembali sehat dan normal. Benar sekali, dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi maka kesehatan seluruh tubuh kamu termasuk mata dapat terjaga dnegan baik.

(Baca juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Buat Kamu yang Doyan Makan)

Tomat

Siapa yang suka dengan buah berwarna merah satu ini? Buah tomat ternyata memiliki banyak sekali manfaat termasuk untuk mata. Dengan kandungan vitamin C serta lycopene yang cukup tinggi tersebut bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mata. Kedua zat tersebut ternyata adalah nutrisi yang sangat penting untuk mata kamu.

Bawang putih

Kalau kamu merupakan orang yang suka masak dengan menggunakan bawang putih, beruntunglah kamu. Karena, bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin dimana ketiga zat tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Bukan cuma mata yang jadi sehat, tetapi sistem imun tubuh kamu juga bisa menjadi lebih kuat.

(Baca juga: Kisah Uang dan Angka di Balik Film AADC yang Harus Kamu Ketahui)

Alpukat

Seringkali dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan program diet, alpukat memiliki banyak manfaat. Ternyata, alpukat memiliki kandungan lutein yang sangat tinggi. DImana lutein sangat penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula. Pastinya, ini akan membuat mata kamu lebih sehat dibanding sebelumnya.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang biasa disebut kuwaci ternyata bukan cuma bikin kamu asik nyemil. Biji bunga matahari mengandung banyak sekali selenium dan vitamin E. Kedua kandungan tersebut ternyata memiliki manfaat untuk mencegah katarak serta gangguan mata lainnya

Wortel

Terakhir, pasti kamu sudah sangat sering mendegarnya. Wortel, adalah salah satu jenis sayuran yang paling bermanfaat bagi mata. Melalui kandungan bera-carotene, yang merupakan salah satu tipe vitamin A membuat wortel berkhasiat bagi mata. Dengan mengonsumsi banyak wortel, maka retina dan bagian mata lainnya dapat berfungsi dengan baik.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.