Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia!

by Ayunindya Annistri on 22 November, 2019

Bagi sebagian orang, mengenyam pendidikan ke luar negeri merupakan kelebihan tersendiri yang tidak semua orang bisa merasakannya. Karena memang, prediksi biaya untuk kuliah disana bisa mencapai angka Rp 50 juta dan itupun belum termasuk biaya hidup per tahun.

Namun, bukan berarti semua universitas di luar negeri menerapkan biaya pendidikan yang mahal loh. Pasalnya, ada beberapa negara dengan biaya kuliah termurah untuk calon mahasiswa yang memiliki kemauan dan kemampuan akademis di atas rata-rata.

Bahkan, negara-negara tersebut juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau. Bila kamu cermat memilihnya, bukan tidak mungkin impian untuk mengenyam pendidikan ke luar negeri bisa diwujudkan.

Nah, kali ini CekAja sudah merangkum daftar negara dengan biaya kuliah termurah. Soal kualitasnya? Jangan diragukan! Meskipun murah, beberapa negara tersebut benar-benar worth it loh dan patut untuk dipertimbangkan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah
1. Norwegia

Soal biaya kuliah murah, Norwegia juaranya. Bagaimana tidak, hampir semua media tanah air setuju bila negara yang berada di Semenanjung Skandinavia ini dijuluki sebagai negara dengan biaya kuliah termurah.

Pemerintah disana menerapkan aturan gratis pendidikan bagi siapapun dan ditingkat apapun. Hal tersebut juga berlaku untuk mahasiswa internasional, yang mana kamu hanya perlu membayar uang administrasi sebesar 600 NOK atau setara dengan Rp 1 juta per semester.

Beberapa pilihan universitas di Norwegia dengan biaya kuliah gratis seperti University of Oslo, University of Agder, serta University of Nordland.

2. Jerman

Sama halnya dengan Norwegia, pemerintah Jerman juga memberikan biaya pendidikan yang sangat terjangkau sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8,5 juta per tahun, baik untuk mahasiswa setempat maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

Mengenai penggunaan bahasa, saat ini sudah banyak universitas di Jerman yang memberikan program kuliah dalam bahasa Inggris. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi, bila merasa kesulitan saat menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

Beberapa universitas yang bisa kamu pilih di Jerman adalah University of Munich, Heidelberg University, dan University of Bonn.

3. Kenya

Negara dengan biaya kuliah termurah selanjutnya adalah Kenya. Rata-rata universitas di Kenya hanya membutuhkan biaya kuliah sebesar Rp 16 juta per tahun. Pilihan universitasnya pun beragam, baik negeri maupun swasta tersedia lengkap disana, dan salah satu yang terbaik adalah University of Nairobi.

Universitas ini berhasil meraih peringkat teratas di Kenya dengan program studi diantaranya adalah Kedokteran Gigi Konservatif dan Prostetik, Ekonomi Pertanian, Arsitektur, Administrasi Bisnis, serta Anatomi Manusia.

4. Bangladesh

Negara Bangladesh patut dipertimbangkan sebagai tempat mengenyam pendidikan. Karena negara yang memiliki populasi terbesar ke-8 dunia ini tergolong sebagai negara dengan biaya kuliah termurah, yakni hanya sekitar Rp 20 juta saja per tahun. Salah satu universitas terbaik di negara dengan biaya kuliah termurah ini adalah University of Dhaka.

(Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk?)
5. Yunani

Negara Yunani menawarkan biaya pendidikan sekitar Rp 23 juta saja per tahunnya bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar sarjana maupun magister. Negara ini juga membuka program studi berbahasa Inggris untuk mahasiswa yang kurang cakap menggunakan bahasa Yunani.

Sehingga kamu pun tetap bisa meraih gelar sarjana nantinya. Universitas yang bisa kamu pilih adalah Hellenic Open University dan Aristoteles Thessaloniki University.

Keunggulan lainnya dari negara ini adalah biaya hidup yang cukup terjangkau dibandingkan negara-negara lain di Eropa. Sebut saja kawasan The Pelion Peninsula, dimana rata-rata biaya hidup masyarakat setempat hanya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta saja per hari.

6. Taiwan

Sudah tahu belum kalau Taiwan juga termasuk dalam daftar negara dengan biaya kuliah termurah sekaligus berkualitas? Ya, negara yang beribu kota di Taipei ini punya segala kelebihan khususnya dari segi pendidikan.

Bahkan, pemerintah Taiwan sendiri tengah fokus mempromosikan program pendidikan terjangkau untuk mahasiswa internasional, yang mana targetnya ingin memiliki 150 ribu mahasiswa di tahun 2020 nanti.

Nah, untuk biaya kuliah, rata-rata sebesar Rp 25 juta sampai Rp 30 juta khusus mahasiswa yang mengambil program sarjana dan magister. Namun, bila kamu menginginkan biaya kuliah yang jauh lebih murah, coba ikuti program beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Program beasiswa disana seperti Higher Education Scholarship Programs of Taiwan, MOST Taiwan Scholarship, serta MOE Huayu Enrichment Scholarship. Beberapa universitas ternama yang bisa kamu pilih di Taiwan adalah National Tsing Hua University dan National Taiwan University.

7. Malaysia

Masih dari kawasan Asia, negara dengan biaya kuliah termurah selanjutnya adalah Malaysia. Letaknya yang berdekatan dengan Indonesia ini, membuat negara Malaysia banyak dijadikan pilihan oleh mereka yang menuntut ilmu.

Namun tidak ingin bepergian jauh dari keluarga di tanah air. Mengenai biaya kuliahnya, Malaysia sendiri cukup terjangkau, setidaknya kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 20 juta hingga Rp 60 juta saja per tahun.

Tak hanya itu saja, biaya hidup di sana pun juga sangat bersahabat loh, karena rata-rata hanya Rp 4 juta tiap bulan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba satu diantara universitas yang ada di negara dengan biaya kuliah termurah itu?

Jangan takut untuk mengemban pendidikan ke luar negeri ya. Karena akan ada banyak manfaat yang bakal kamu dapatkan, salah satunya prospek pekerjaan yang jauh lebih menjanjikan.

Mengingat saat ini, banyak perusahaan ternama di Indonesia yang membutuhkan lulusan luar negeri dengan keterampilan mumpuni.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau