Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Tanda Kamu Bakal Diterima Kerja Setelah Interview

by Rafly Aditia on 6 September, 2016

wawancara kerja - CekAja.com

Wawancara kerja merupakan tahap akhir dalam rangkaian tes penerimaan calon karyawan. Inilah saat paling menentukkan seorang pelamar diterima bekerja atau tidak. Maka dari itu, sesi interview dianggap lebih penting dibandingkan sesi tes lainnya.

Menunggu kelanjutan nasib setelah interview kerja memang bikin jantung deg-degan. Padahal, sebenarnya kamu bisa tahu bakal diterima atau tidak lewat beberapa tanda pada saat interview. Berikut 7 tanda kamu bakal diterima kerja setelah interview:

Interviewer berbicara tentang pengalamanmu lebih jauh

Ketika kamu diberondong pertanyaan mengenai pengalamanmu, itu merupakan salah satu pertanda baik. Bukan cuma itu, ketika pewawancara berbicara bahwa pengalaman dan skill yang kamu miliki berkaitan dengan kondisi serta tujuan perusahaan, maka kemungkinan besar kamu berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut.

(Baca juga: Enam Miliarder Indonesia yang Ternyata Berasal dari Keluarga Miskin)

Kamu ditanya mengenai ketertarikan  bekerja di perusahaan

Apabila pewawancara bertanya sejauh apa ketertarikanmu dengan pekerjaan dan perusahaan, kamu boleh sedikit senang. Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu tanda kalau kamu bakal diterima untuk segera bekerja.

Muncul pertanyaan yang bersifat lebih personal

Misalnya kamu dan pewawancara sedang asyik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, lalu tidak lama kemudian arah pembicaraan berubah dan menjadi percakapan yang lebih personal. Itu tandanya interviewer ingin mengenalmu lebih jauh dan pihak perusahaan tertarik untuk merekrutmu.

Memanggil nama jadi salah satu pertanda

Kalau saat interview kamu sering dipanggil dengan nama jelas, itu menunjukkan ketertarikan interviewer dan perusahaan terhadap diri kamu. Dibanding memanggil kamu dengan sebutan yang formal seperti “Anda” di setiap kesempatan dalam interview, memanggil nama menunjukkan pertanda baik.

Saat interview tiba-tiba datang orang lain

Apabila saat interview tiba-tiba ada orang lain yang dipanggil untuk masuk ke ruangan dan orang tersebut memiliki posisi penting di perusahaan, kemungkinan besar kamu bakal direkrut sesegera mungkin. Pewawancara tidak akan menghabiskan waktu orang penting perusahaan dengan percuma apabila tidak menemukan kandidat yang tepat.

Waktu interview lebih lama dari seharusnya

Jadwal interview kamu hanya satu jam, tetapi yang terjadi justru 90 menit bahkan lebih. Nah, ini adalah tanda bahwa perusahaan tertarik untuk merekrutmu sesegera mungkin. Bahkan bisa jadi di hari yang sama kamu bakal disodorkan kontrak untuk mulai bekerja.

(Baca juga: Ini Buktinya Kalau Orang Sukses memulai Bisnis Sejak Usia 20-an)

Kamu diberi nomor kontak atau email

Bila di akhir interview kamu diberikan nomor atau email yang akan menjawab pertanyaan seputar pekerjaan, itu berarti kamu termasuk salah satu dari beberapa kandidat yang kemungkinan besar bakal menerima pekerjaan itu.

Dengan kartu kredit yang tepat, belanja keperluan kerja akan jauh hemat. Dapatkan kartu kredit yang memberikan diskon belanja di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.