Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

7 Tips Menjual Rumah di Era Internet

by Tisyrin N. T on 4 Februari, 2017

tips jual rumah - CekAja.com

Kamu berniat menjual rumah tahun ini? Menjual rumah memang tidak seperti menjual gorengan, yang bisa laku dengan cepat. Para calon pembeli pasti punya banyak sekali pertimbangan sebelum memilih sebuah rumah.

Kamu mungkin sudah berusaha memasang iklan secara online di mana-mana tetapi belum juga ada pembeli yang cocok. Beberapa tips ini mungkin akan membantumu menjual rumah di era internet.

Gunakan lebih banyak gambar pada iklanmu

Coba cek kembali iklan rumah yang sudah kamu buat. Sebuah studi dari situs properti Trulia.com memperlihatkan, daftar dengan lebih dari 6 gambar akan lebih mungkin dilihat oleh pembeli daripada  yang punya kurang dari 6 gambar.

Jadi, buatlah foto-foto yang menarik dari tampak depan dan setiap ruangan dalam rumahmu, dan pasanglah di website.

hoki seru - CekAja.com

Pasang video di Youtube

Bantulah calon pembeli memiliki gambaran visual yang lebih jelas. Rekam dalam bentuk video situasi rumahmu, apa keunggulannya, termasuk toko atau bahkan kedai kopi favorit yang lokasinya tak jauh dari rumah. Pasanglah videonya di Youtube.

Beri tahu tetangga

Kamu bisa mengirimi tetanggamu link iklan tentang rumah yang akan kamu jual, siapa tahu dia berminat menawarkan kepada calon pembeli potensial. Atau, dia sudah punya incaran siapa orang yang dia harapkan menjadi tetangganya.

Misalnya, tetanggamu adalah sepasang kakek nenek, anak-anaknya sudah menikah dan tinggal jauh dari mereka. Mungkin saja mereka ingin salah satu anaknya tinggal di dekat mereka bukan?

Manfaatkan Facebook

Jika kamu punya 200 teman saja di Facebook dan masing-masing temanmu juga punya 200 teman, bayangkan potensi jaringan yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan rumah. Jangan ragu membagikan link iklan rumahmu di Facebook atau kamu bisa membuat postingan secara khusus.

Tinggalkan sesuatu yang menarik di rumahmu

Untuk lebih menarik pembeli, berikan bonus pada mereka. Relakan beberapa perabot untuk ditinggalkan, misalnya satu set meja belajar. (Baca juga: Cara Punya Mobil Pribadi di Tahun 2017 dalam Waktu Enam Bulan)

Perhatikan eksterior rumah

Kamu bisa mengecat ulang rumah khususnya di bagian depan agar terlihat lebih segar ketika ada calon pembeli datang melihat-lihat.

Dengarkan agen kamu

Jika kamu memutuskan bekerja sama dengan agen properti berpengalaman, carilah yang terpercaya dan memiliki track record sukses menjual di rumah daerah kamu. Lalu dengarkan saran dan rekomendasi mereka.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami