8 Aki Kering Terbaik untuk Motor yang Cocok Dijadikan Rekomendasi!

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Memilih aki kering terbaik untuk motor, merupakan hal yang sudah pasti dilakukan oleh setiap pemilik motor. Bagaimana tidak, pasalnya aki sendiri berguna untuk menghidupkan kendaraan motor mu, agar bisa digunakan.

Bagi pecinta otomotif, kamu mungkin sudah tidak asing dengan aki, baik itu aki kering, aki basah dan jenis aki lainnya.

Sehingga, kamu pun sudah tidak merasa kesulitan dalam memilih aki kering terbaik untuk motor, maupun aki lainnya.

Sementara, untuk pengendara motor biasa yang tidak terlalu mengetahui tentang spare part motor, mungkin akan kesulitan dalam memilih aki kering terbaik untuk motor, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan motor.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi aki kering terbaik untuk motor, yang bisa dijadikan pilihan. Lantas, apa saja aki kering terbaik tersebut? Yuk simak ulasannya bersama-sama!

Jenis-jenis Aki

Sebelum membahas lebih jauh apa saja aki kering terbaik untuk motor, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis aki motor.

Sebab, aki motor tidak hanya terdiri dari aki kering dan aki basah saja, tetapi ada beberapa jenis aki lainnya, seperti aki hybrid, aki gel dan aki kalsium.

  • Aki Kering (Maintenance Free)

Jenis aki motor yang pertama adalah aki kering, atau yang juga disebut dengan aki Maintenance Free (MF).

Ini merupakan salah satu jenis aki yang tergolong cukup aman, karena memiliki segel khusus yang kuat dan mampu menahan proses penguapan larutan elektrolit, yang terdapat di dalam aki.

Maka dari itu, jika kamu menggunakan jenis aki ini, kamu tidak perlu repot-repot rutin melakukan pengecekan air aki, karena sudah tersegel rapi dan memiliki tingkat penguapan yang sangat kecil.

(Baca Juga: Merk Accu Kering Terbaik untuk Mobil)

  • Aki Basah

Sebagai salah satu jenis aki yang banyak digunakan, aki basah sejatinya memang standar aki yang digunakan pada kendaraan motor. Aki ini memiliki kandungan elektrolit, berupa asam sulfat.

Disebut sebagai aki yang banyak digunakan oleh masyarakat, karena aki ini memiliki harga yang lebih terjangkau, dibandingkan jenis aki lainnya dan bisa digunakan lebih dari satu kali.

  • Aki Hybrid

Buat kamu yang baru tahu tentang aki hybrid, jadi ini adalah jenis aki yang merupakan gabungan dari aki basah dan aki kalsium. Aki hybrid memiliki kelebihan, berupa masa pakai yang jauh lebih lama, dibandingkan aki basah.

Selain itu, aki ini juga memiliki tingkat penguapan larutan elektrolit yang lebih kecil dari aki basah. Namun sayangnya, aki jenis ini masih jarang ditemukan di bengkel-bengkel, karena dianggap jarang diminati konsumen.

  • Aki Gel

Aki gel merupakan jenis aki terbaru, di antara empat jenis aki lainnya. Jika aki jenis lain masih menggunakan cairan elektrolit, maka aki gel ini menggunakan elektrolit jenis gel.

Dengan begitu, aki ini nantinya tidak mudah bocor dan meminimalisir terjadinya korosi, maupun kerusakan body aki akibat elektrolit.

Untuk waktu pemakaiannya sendiri, aki gel ini lebih lama dibandingkan aki jenis lainnya, yaitu sekitar dua kali lipat. Lamanya waktu pemakaian ini, yang menjadi keunggulan dan daya tarik tersendiri dari aki gel.

  • Aki Kalsium

Jenis aki yang terakhir adalah aki kalsium. Sebenarnya, aki kalsium ini hampir sama dengan aki basah. Namun, aki ini memiliki kelebihan yang terletak pada kemampuan dan kualitas yang lebih baik dari aki basah, khususnya dalam penyimpanan arus listrik.

Sayangnya, aki yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau ini, ternyata kurang populer. Namun, aki kalsium seringkali dijadikan sebagai alternatif, untuk memenuhi kebutuhan arus listrik pada motor.

Tips Memilih Aki Kering Terbaik untuk Motor

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui jenis-jenis aki, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tips memilih aki kering terbaik untuk motor, sebelum kamu mengetahui apa saja rekomendasi aki kering terbaik untuk motor versi CekAja.com.

Adapun tips yang perlu kamu ketahui, dalam memilih aki kering motor yang baik dan benar, yaitu:

  • Memilih aki kering dengan dimensi yang sesuai dengan ukuran tempat aki kendaraan motor
  • Memilih aki kering yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan motor. Tetapi sebelum memilih, perhatikan terlebih dahulu nilai Cold Cranking Amperes (CCA) dan Ampere Hour (Ah)
  • Memilih aki kering berkualitas baik, namun sesuai dengan kemampuan finansial

8 Aki Kering Terbaik untuk Motor

Sebenarnya, ada banyak sekali merek aki kering terbaik untuk motor yang bisa kamu jadikan pilihan. Hanya saja, kamu perlu memastikan bahwa aki tersebut, memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan motor.

Oleh sebab itu, agar memudahkanmu dalam memilih dan menentukan aki kering terbaik, di bawah ini CekAja.com telah merangkum delapan aki kering terbaik untuk motor, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Motobatt

Aki kering terbaik untuk motor yang pertama adalah Motobatt. Merek aki kering yang satu ini berbeda dari aki kering merek lainnya, karena sudah tidak menggunakan air accu.

Sebab, aki kering Motobatt kini menerapkan teknologi gel, sebagai pengganti cairan elektrolit atau air accu.

Aki kering Motobatt ini menjadi salah satu aki yang sangat diminati, karena menawarkan berbagai macam keunggulan, yang di antaranya, yaitu tahan lama, tidak memerlukan perawatan khusus, tahan goncangan dan benturan, cocok untuk motor matic hingga motor balap, memiliki bobot yang ringan, memiliki kapasitas ampere yang besar dan lain sebagainya.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki aki kering Motobatt ini, membuatnya sangat diminati hingga sering terjadi kelangkaan.

Sehingga, harga untuk satu buah aki kering jadi melambung. Meski begitu, namun harga yang ditawarkan aki kering Motobatt sebenarnya standar, yaitu berkisar Rp150 ribu – Rp190 ribu.

2. GS Astra

Selain Motobatt, GS Astra juga menjadi salah satu merek aki kering terbaik untuk motor. Hal tersebut dikarenakan, aki ini mampu bertahan di segala jenis cuaca, baik musim kemarau maupun musim penghujan, kualitas aki ini tidak akan berubah.

Oleh karena itu, aki kering yang satu ini sangat cocok digunakan di wilayah beriklim tropis, seperti misalnya Indonesia. Terlebih, aki ini juga sudah dilengkapi dengan body yang menggunakan bahan anti korosi.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp175 ribu, para pengguna nantinya akan dimanjakan dengan kualitas yang diberikan. Salah satunya, yaitu kemudahan dalam menyalakan mesin motor, meskipun motor dalam keadaan dingin karena lama tidak dinyalakan.

3. Federal

Di urutan ketiga ada Federal, sebagai aki kering terbaik untuk motor yang bisa kamu jadikan pilihan. Merek yang sudah dikenal sejak lama sebagai produsen spare part berkualitas ini, sudah terisi oleh setrum dan accu zuur, atau air accu. Sehingga, kamu bisa langsung menggunakannya sesaat setelah membelinya.

Aki kering federal juga sama seperti aki GS Astra, yang tidak memerlukan perawatan khusus, untuk melakukan pengecekan air aki lagi, karena sudah menggunakan teknologi Valve Regulated Lead Acid.

Selain itu, aki ini juga sengaja dirancang untuk bisa menampung elektrolit berkonsentrasi tinggi, yang nantinya dapat menghasilkan daya start yang tinggi pula.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki aki kering Federal, kamu perlu merogoh kocek yang cukup besar, yaitu sekitar Rp175 ribu.

4. Bosch

Memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapat, aki ini menjadi salah satu aki motor paling favorit, untuk para pengguna motor matic.

Penggunaan teknologi terbaru, bernama Absorbent Glass Mat (AGM), aki ini memiliki daya tahan yang cukup lama.

Tidak hanya itu, teknologi AGM yang digunakan ini pun, dapat memudahkan para penggunanya dalam menghidupkan mesin yang berada dalam kondisi dingin, lebih cepat.

Aki kering merek Bosch ini juga sama seperti aki merek Motobatt, karena sudah tidak menggunakan accu zuur. Tetapi lebih tepatnya, aki ini menggunakan teknologi gel dan komponen separator berkualitas tinggi.

5. Yuasa

Aki kering yang berasal dari produsen Jepang ini, menjadi salah satu aki kering terbaik untuk motor matic, yang berada di wilayah iklim tropis.

Bagaimana tidak, pasalnya kualitas dari aki kering Yuasa ini tidak akan pernah mengalami penurunan, meskipun saat musim kemarau maupun musim hujan.

Aki kering yang satu ini juga memiliki perawatan yang mudah, tahan lama, starter awal yang lebih mudah, konstruksi aki yang rapat dan tertutup, serta harga yang terjangkau.

Namun sayangnya, aki ini masih menggunakan larutan elektrolit, sehingga tetap harus dilihat secara berkala, dan menambahkan air accu apabila air sudah mulai berkurang. Kamu bisa mendapatkan aki motor best seller yang satu ini, dengan harga sekitar Rp190 ribu.

6. Aspira

Mengklaim dirinya sebagai produsen spare part, yang memiliki aki motor berkualitas setara original, Aspira bisa dijadikan pilihan, ketika kamu ingin membeli atau melakukan penggantian aki motor matic.

Aki konvensional untuk kendaraan motor ini pun memiliki waktu pemakaian yang lama, karena sudah dilengkapi dengan accu zuur standar pabrik. Maka dari itu, maka aki kering milik Aspira ini mampu bekerja secara maksimal.

7. NS Battery

NS Battery merupakan merek aki kering, yang menggunakan teknologi Xtreme Frame. Teknologi ini dinilai mampu meningkatkan performa kendaraan, sehingga sangat bisa dijadikan pilihan aki kering terbaik untuk motormu.

Aki kering NS Battery ini pun, tidak menimbulkan korosif pada mesin kendaraan. Terlebih, aki ini pun anti bocor, jadi sangat aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Aki NS Battery juga memberikan garansi untuk para penggunanya, yaitu selama 12-18 bulan.

8. Daytona

Aki kering terbaik yang terakhir adalah Daytona. Aki yang dihadirkan dengan teknologi Cast On Strap (COS) ini, memiliki fungsi dalam memperkuat elemen aki, agar tidak cepat rusak.

Kemudian, arus yang dihasilkan aki ini pun lebih besar dan stabil, karena Daytona menggunakan plat aki yang lebih kuat.

Daytona juga disebut-sebut sebagai rival dari aki kering merek Yuasa, karena memiliki Cold Crankcing Amperes (CCA) yang lebih tinggi, dibandingkan merek Yuasa.

Dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp240 ribu, aki ini memiliki daya tahan yang lebih lama, dengan discharge rate yang kecil.

(Baca Juga: Daftar Penjual Accu Mobil Online)

Itulah delapan rekomendasi aki kering terbaik untuk motor, yang bisa kamu jadikan pilihan. Semua aki kering tersebut bisa kamu beli di toko khusus accu, maupun di bengkel resmi kendaraan motor.

Melihat harga yang dimiliki setiap aki cenderung mahal, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit agar lebih hemat.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Nah, buat kamu yang juga ingin menikmati promo menarik kartu kredit, namun belum memilikinya, jangan khawatir. Sebab, kini kamu bisa mengajukan kartu kredit secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani