Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

11 menit waktu bacaan

8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan, Omzet Capai 20 Juta!

by Nadhillah Kusindriani on 25 Februari, 2020

Saat ini banyak sekali orang yang ingin merintis sebuah bisnis. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebagai pemula adalah memulainya dengan bisnis franchise. Kamu bisa melihat beberapa daftar bisnis franchise yang menguntungkan sebagai referensi ide usaha.

daftar bisnis franchise yang menguntungkan

Pada dasarnya, bisnis franchise sudah populer di Indonesia sejak lama. Selain menghasilkan keuntungan yang cukup besar, untuk memulainya pun kamu tidak perlu mengeluarkan dana besar, seperti memulai usaha dari 0.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis franchise, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui beberapa tips memulai usaha franchise yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu. Simak yuk!

Tips Memulai Usaha Franchise

Untuk memulai bisnis franchise, kamu tidak hanya perlu mengetahui apa saja daftar bisnis franchise yang menguntungkan. Melainkan kamu juga perlu mengetahui apa saja tips memulai usaha franchise yang menguntungkan. Maka dari itu, yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Teliti dalam Memilih Jenis Franchise

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis franchise adalah memilih jenis franchise dengan teliti. Sebab, banyak sekali penipuan-penipuan dengan kedok franchise.

Pastikan terlebih dahulu bahwa jenis dan produk franchise yang akan kamu jalani sudah terpercaya. Kamu bisa mengetahuinya dengan mencari informasi melalui internet atau pun ke kerabat dekat.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui bisnis franchise mana saja yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

  • Sesuaikan dengan Passion

Dalam memulai bisnis franchise, kamu memiliki kebebasan memilih jenis franchise apa saja yang ingin dijalankan. Tetapi alangkah lebih baik jika kamu memilih jenis franchise yang sesuai dengan passion dan keahlian mu.

Hal tersebut akan memudahkan mu dalam menjalankan bisnis franchise, karena bisnis tersebut adalah jenis bisnis yang kamu suka dan kuasai. Selain itu, kamu juga semakin bersemangat dan tidak mudah menyerah ketika memecahkan suatu masalah.

Memilih bisnis franchise sesuai dengan minat dan keahlian akan meningkatkan potensi keberhasilan usaha. Untuk itu, ketahui dahulu apa minat dan keahlian mu. Jika kamu mempunyai kemampuan memasak, maka kamu bisa menggeluti bisnis franchise makanan.

  • Mencari Lokasi yang Strategis

Tips memulai usaha franchise yang ketiga adalah mencari lokasi usaha yang strategis. Di mana, lokasi menjadi sebuah jalan menuju pintu kesuksesan usaha franchise mu.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih lokasi usaha di tempat yang ramai atau yang sering dikunjungi banyak orang, seperti di daerah sekitar universitas atau pun kostan mahasiswa.

  • Persiapkan Modal

Modal menjadi hal utama yang harus kamu miliki dan persiapkan. Pasalnya, modal yang dibutuhkan oleh setiap bisnis franchise sangat beragam, tergantung dari jenis franchise dan produk yang kamu ambil.

Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah modal tidak menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis franchise. Sebab, yang menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis franchise adalah kreativitas dan inovasi dari pemilik bisnis franchise.

Namun modal tetap menjadi hal utama yang harus kamu miliki dan persiapkan. Dengan catatan, bisnis franchise yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial mu.

  • Pelajari Calon Bisnis Franchise

Tips memulai usaha franchise yang terakhir adalah mempelajari calon bisnis franchise yang akan kamu jalani. Di mana, asal usul, detail, sistem pembayaran hingga sistem bisnis produk franchise menjadi hal krusial yang perlu kamu ketahui.

Sebab, setiap perusahaan penyedia franchise tentu memiliki Standard Operational Production (SOP) masing-masing. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas produknya agar selalu terjaga dengan baik.

(Baca Juga: Pinjaman Modal Untuk Franchise Kopi Janji Jiwa, Simak Baik-baik)
Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui tips-tips memulai usaha franchise, kini saatnya kamu mengetahui daftar bisnis franchise yang menguntungkan, yang bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan ide bisnis.

Maka dari itu, di bawah ini 10 daftar bisnis franchise yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu, di antaranya:

1. Kkuldak

Kkuldak - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Daftar bisnis franchise yang menguntungkan pertama adalah Kkuldak. Makanan yang satu ini merupakan jenis makanan ringan berbentuk honey chicken, dengan cita rasa unik dan berbeda dari olahan ayam lainnya.

Makanan ringan asal Korea ini, tidak hanya menyajikan ayam berbalut saus madu saja, melainkan juga menyajikan beberapa topping yang bisa kamu gunakan. Topping-topping tersebut di antaranya tteokbokki, yaitu makanan khas Korea yang berasal dari tepung beras.

Penggunaan tteokbokki semakin menambah kenikmatan dari cita rasa dari Kkuldak ini sendiri. Sejatinya, Kkuldak sudah memiliki hampir 200 gerai yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di mana, orang atau lembaga yang melakukan franchise Kkuldak di Indonesia pertama kali adalah Lydia Sani dari PT Hanabell Indomarga. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika ingin franchise Kkuldak kamu perlu mengeluarkan modal sebesar Rp350 juta.

Modal Rp350 juta tersebut kamu hanya mendapatkan outlet semu counter. Sedangkan, jika kamu ingin franchise Kkuldak dalam bentuk restoran, maka kamu perlu mengeluarkan modal sebesar Rp1 miliar.

Dengan modal tersebut, kamu tidak hanya mendapatkan lapak, melainkan kamu juga akan mendapatkan bahan dasar serta bumbu yang diimpor langsung dari Korea.

2. KFC

KFC - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

KFC masuk ke dalam daftar bisnis franchise yang menguntungkan selanjutnya. Perusahaan yang menjual fried chicken paling terkenal ini, selalu menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, KFC menawarkan ayam dengan cita rasa lezat dan renyah, yang menjadikannya comfort food bagi masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, jika kamu memiliki passion di bidang kuliner, bisnis franchise yang satu ini cocok untuk kamu geluti. Tentu saja, karena produk ayam yang satu ini sudah terkenal, maka modal yang diperlukan pun cukup besar.

Untuk bisa franchise KFC, kamu setidaknya perlu memiliki modal sebesar Rp1,5 triliun. Dengan modal tersebut, kamu akan mendapatkan satu KFC Box beserta bahan-bahan pembuatan produknya.

Jika ingin memiliki gerai sendiri, maka modal yang diperlukan pun lebih besar, yaitu berkisar Rp4,5 miliar hingga Rp9 miliar. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan finansial mu.

Namun, untuk bisa franchise atau bermitra dengan KFC, kamu harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan, seperti lokasi yang luas dan posisi yang strategis. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk memiliki tanah sendiri yang nantinya akan dibangun gerai KFC.

3. Apotek K24

Apotek K24 - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Daftar bisnis franchise yang menguntungkan ketiga adalah Apotek K24. Bisnis yang satu ini merupakan jenis memiliki peluang keberhasilan yang cukup besar. Pasalnya, obat-obatan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang dibutuhkan kapan pun tanpa mengenal waktu.

Melihat fenomena tersebut, akhirnya pendiri sekaligus pemilik Apotek K24, Gideon Hartono menjadikan apotek ini sebagai franchise pada 2005. Dan hingga kini, franchise Apotek K24 sudah tersebar di seluruh Indonesia dan Timor Leste dengan jumlah gerai sebanyak 370.

Apotek K24 yang memiliki kepanjangan Komplit 24jam ini, membuka harga untuk franchise berkisar Rp970 juta. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan stok obat-obatan, sewa bangunan untuk satu tahun, modal kerja untuk tiga bulan, interior, renovasi bangunan, pelatihan karyawan, sistem IT, perizinan operasional dan sebagainya.

Harga tersebut juga sudah termasuk biaya untuk franchise fee. Hanya saja, kamu perlu membayar biaya awal franchise sebesar Rp110 juta untuk enam bulan. Tentunya, biaya tersebut diluar dari biaya franchise sebesar Rp970 juta tersebut.

Satu hal yang perlu kamu ketahui selaku franchise yaitu akan ada franchise fee setia bulannya sebesar 1,5% dari omzet per bulan. Jika menghitung balik modal, biasanya modal akan balik dalam jangka waktu tiga tahun.

Namun hal tersebut bukan berarti jika penjualan gerai mu dapat mencapai target lebih cepat, maka kamu juga akan balik modal lebih cepat dari jangka waktu yang sudah ditentukan.

4. Khun Thai Tea

Khun Thai Tea - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Daftar bisnis franchise yang menguntungkan keempat adalah Khun Thai Tea. Pada dasarnya, ide bisnis franchise minuman yang satu ini memiliki peluang untuk berhasil lebih besar. Hal tersebut mengingat cita rasa Thai Tea yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Tidak hanya anak muda, namun franchise Khun Thai Tea ini bisa masuk ke semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal tersebut dikarenakan teh yang merupakan minuman sehari-hari orang Indonesia, digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Thai Tea.

Untuk kamu yang ingin memulai franchise Khun Thai Tea, kamu bisa mempersiapkan modal sebesar Rp15 juta. Dengan harga tersebut, kamu sudah kios, counter, toko in-line dan bahan dasar pembuatan Thai Tea itu sendiri.

Hanya saja, ada dua jenis franchise yang ditawarkan Khun Thai Tea, yaitu franchise standar dan master franchise. Kedua tipe franchise tersebut tentu memiliki perbedaan hak dagang serta keuntungan lainnya.

5. Indomaret

Indomaret - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Daftar bisnis franchise yang menguntungkan kelima adalah Indomaret. Toko retail yang satu ini mungkin sering kamu jumpai di pinggir jalan atau pun di sekitar daerah tempat kamu tinggal.

Banyaknya orang yang mengambil Indomaret sebagai bisnis franchise, karena Indomaret menyediakan peralatan lengkap kebutuhan sehari-hari masyarakat, mulai dari sabun hingga beragam jenis makanan dan minuman tersedia di Indomaret.

Untuk kamu yang ingin franchise Indomaret, ada baiknya kamu mempersiapkan modal sebesar Rp394 juta. Harga tersebut merupakan modal minimal yang harus kamu miliki. Selain modal, tentu kamu juga harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan pihak Indomaret.

Beberapa syarat tersebut di antaranya, yaitu kamu selaku franchisee harus berkewarganegaraan Indonesia, memiliki tujuan serta fokus yang jelas untuk mengembangkan bisnis franchise Indomaret dan sudah mengantongi izin lokasi yang akan dijadikan tempat usaha.

Jika mengambil franchise ini, kamu tidak perlu bersusah payah melakukan promosi, sebab brand yang satu ini sudah terkenal di masyarakat. Hanya saja, kamu memiliki banyak pesaing, karena gerainya yang sudah tersebar dimana-mana.

6. Kedai Kopi KULO

Kedai Kopi KULO - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Keenam ada Kedai Kopi KULO. Masuk ke dalam daftar bisnis franchise yang menguntungkan, KULO menjual beragam produk olahan kopi yang di kreasikan dengan penggunaan beberapa bahan seperti biscuit, buah, jus dan sebagainya.

Hal tersebut yang membuat Kedai Kopi Kulo menjadi salah satu brand kopi favorit anak muda dan sempat hits di tahun 2018.

Jika ingin franchise kedai kopi yang satu ini, kamu memerlukan modal kurang lebih sebesar Rp140 juta. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan outlet atau pun booth serta beberapa bahan dasar pembuatannya.

Meski baru beroperasi tahun 2017, namun KULO hingga tahun 2020 sudah memiliki lebih dari 300 outlet di Indonesia. Untuk mengajukan franchise Kedai Kopi Kulo, kamu bisa langsung menghubunginya ke e-mail kedaikopikulo@gmail.com atau ke Instagramnya @kedaikopikulo.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai keuntungan yang di dapat dari franchise KULO, sebab harga yang ditawarkan untuk satu jenis kopi berkisar Rp12.000,- – Rp27.000,-. Tentu jika dihitung per bulan, omzet yang didapat cukup menarik bukan?

7. Kebab Baba Rafi

Kebab Baba Rafi - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Daftar jenis franchise yang menguntungkan ketujuh adalah Kebab Baba Rafi. Bisnis franchise yang satu ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Pasalnya Kebab Baba Rafi sudah memiliki franchise lebih dari 1300 outlet yang tersebar di tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Sebagai pioneer dari bisnis franchise jenis kebab, Baba Rafi menawarkan modal awal sebesar Rp75 juta untuk para franchisee. Dengan modal tersebut, kamu akan mendapatkan kedai berbentuk gerobak, kontainer, karyawan hingga dicarikan lokasi berjualan yang strategis.

Kamu tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis franchise Kebab Baba Rafi, sebab kamu akan mendapatkan penghasilan minimal setiap harinya sebesar Rp650.000,-. Jika diakumulasikan selama satu bulan, maka kamu akan mendapatkan omzet sebesar Rp19,5 juta.

8. Ayam Sabana

Ayam Sabana - 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan Omzet Capai 20 Juta

Daftar bisnis franchise yang menguntungkan terakhir adalah ayam sabana. Memiliki cita rasa yang serupa dengan KFC, membuat bisnis fried chicken yang satu ini juga jadi incaran banyak orang.

Terlebih, harga yang ditawarkan ayam sabana relatif murah, yaitu Rp15.000,- sudah mendapatkan satu paket fried chicken dan nasi. Dengan harga yang ditawarkan tersebut, semua kalangan masyarakat dapat menjangkaunya.

Untuk bisa franchise ayam sabana, kamu perlu mengeluarkan modal sebesar Rp16,7 juta. Dengan modal tersebut, kamu sudah mendapatkan gerobak, beserta bahan dasar pembuatan ayam sabana.

Jika kamu franchise ayam sabana, selama tiga bulan pertama pihak Sabana akan membimbing dan memantau perkembangan usaha franchise mu. Dan apabila sukses menjalankan bisnis ini, kamu akan mendapatkan omzet hingga Rp20 juta dalam satu bulan. Bagaimana, sangat menggiurkan bukan?

Keuntungan Bisnis Franchise

Nah, jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja tips memulai usaha franchise beserta daftar bisnis franchise yang menguntungkan. Kini saatnya kamu mengetahui, apa saja keuntungan yang kamu dapatkan jika memulai bisnis franchise. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:  

  • Kamu bisa memulai bisnis dengan cepat
  • Lebih menghemat waktu
  • Sudah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan franchisor
  • Sudah memiliki merek
  • Mengeluarkan lebih sedikit modal, apabila dibandingkan dengan pengalaman, waktu dan biaya franchisor dalam mengembangkan usahanya
  • Biasanya promosi sudah dilakukan oleh franchisor
  • Penentuan lokasi dilakukan atas dasar ilmu dan pengalaman franchisor
  • Birokrasi serta perizinan sudah selesai dilakukan
  • Memiliki manajemen yang solid
  • Memiliki dan menyediakan pelatihan SDM
  • Kemungkinan resiko yang terjadi tidak terlalu besar
  • Pihak franchisor memiliki ilmu dan pengetahuan yang akan dibagi kepada calon franchisee
  • Keamanan bisnis terjamin
  • Relasi bisnis menjadi lebih luas

Beberapa tips memulai usaha franchise, daftar bisnis franchise yang menguntungkan hingga keuntungan dari memilih bisnis franchise sudah kamu ketahui di atas. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memastikan bisnis franchise yang akan kamu geluti sesuai dengan passion dan keahlian mu.

Jika kamu sudah mengetahui bisnis franchise apa yang akan kamu jalani namun dana yang kamu miliki untuk modal belum mencukupi, jangan khawatir. Kamu bisa mengajukan dana tunai atau KTA dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis