Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

8 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kualitas Tidurmu

by Tisyrin N. T on 21 September, 2016

kurang tidur_asuransi kesehatan - CekAja.com

Setiap orang butuh tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya. Orang dewasa membutuhkan waktu setidaknya 7-9 jam untuk tidur. Tidur yang berkualitas pada malam hari memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan.

Namun, banyak orang melakukan kebiasaan yang justru merusak kualitas tidurnya. Padahal, tidur malam yang terganggu bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Bila ingin istirahat malam-mu berkualitas, hindari 8 kebiasaan buruk berikut ini.

Olahraga terlalu malam

Berolahraga malam menjelang  tidur berpotensi menganggu kualitas tidurmu. Jika kamu tetap ingin menggerakan tubuh sebelum tidur, lakukan saja olahraga yang ringan seperti yoga atau peregangan sederhana yang akan membantumu tubuhmu lebih rileks sepanjang malam.

Bila ingin berolahraga, pilihlah waktu lain. Sekadar informasi, penelitian membuktikan bahwa workout pada pagi dan sore hari efektif meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

(Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung)

Terlambat makan malam

Jika kamu mengkonsumsi makanan berat dan langsung tidur setelahnya, tidurmu tidak akan nyenyak. Sebaba, saat seharusnya beristirahat, tubuhmu malah sibuk mencerna makanan. Aturlah waktu makan malammu dengan baik agar tidak menganggu waktu tidurmu.

Tidak bersantai sebelum tidur

Jika kamu tidak bersantai sebelum tidur dan tidak mengalihkan pikiran dari pekerjaan, hampir mustahil untuk bisa cepat tertidur. Seperti halnya ketika kamu stres, kamu akan sulit tidur di malam hari karena gelisah.

Agar kamu merasa lebih santai sebelum tidur, cobalah untuk menuliskan semua hal yang perlu kamu lakukan esok hari. Ini akan membantu mengosongkan sekaligus menenangkan pikirandari rasa cemas akibat pekerjaan.

Memainkan smartphone di tempat tidur

Cahaya dari layar smartphone akan mengganggu tidurmu. Agar tidurmu lebih berkualitas, matikan smartphone 30 menit sebelum tidur. Tenang saja, masih banyak waktu lain untuk memainkan smartphone bukan? Ingat, tidur yang berkualitas itu penting untuk tubuhmu.

Bekerja di tempat tidur

Cahaya yang terpancar dari laptop juga akan mengurangi kualitas tidurmu. Dengan bekerja di tempat tidur pada malam hari, kamu justru tidak memberikan waktu cukup bagi diri sendiri untuk bersantai sebelum tidur.

Dengan bekerja di tempat tidur, kamu sebenarnya mengirimkan sinyal bahwa kamar tidur adalah tempat untuk bekerja, bukan tidur. Semakin sering kamu melakukannya, semakin otakmu tetap fokus dan waspada.

Minum minuman beralkohol menjelang tidur

Jangan mengkonsumsi alkohol mendekati waktu tidur jika mendambakan istirahat yang berkualitas. Kamu harus bertekad untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini demi kebaikanmu sendiri.

Minum kopi pada sore atau malam hari

Selain minuman beralkohol, kamu sebaiknya juga menghindari minum kopi mendekati waktu tidur. Tujuannya agar kamu bisa tidur lebih awal sehingga dapat bangun lebih pagi dalam keadaan segar.

(Baca juga: 15 Jenis Bisnis yang Bisa Kamu Mulai dari Garasi Rumah)

Kebiasaan tidur yang berbeda di akhir pekan

Untuk menikmati waktu libur, kamu mengubah jam tidurmu di akhir pekan dengan cara bangun lebih siang dan tidur larut malam. Padahal, cara ini justru merusak pola tidur. Agar mendapatkan kulaitas tidur yang lebih sempurna, sebaiknya kamu tidur dengan jadwal yang konsisten.

Butuh perlindungan asuransi kesehatan yang diterima seluruh rumah sakit? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.