Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

8 Keuntungan Pengusaha Kuliner Bermitra dengan Ojek Online

by Miftahul Khoer on 3 Maret, 2020

Perkembangan dunia digital saat ini semakin mempermudah orang dalam melakukan berbagai bisnis seperti salah satunya bisnis kuliner. Bagi kamu yang kini sedang menjalankan bisnis kuliner, kamu bisa mengembangkan usaha kuliner kamu tak ada salahnya apabila kamu mencoba untuk bermitra bersama GoFood atau GrabFood.

Menurut hasil riset Nielsen Singapura, 84 persen masyarakat telah menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan antar makanan. Dengan melakukan kerjasama dengan Go-Jek atau Grab, beberapa keuntungan pun akan bisa kamu dapatkan, karena sistem pemesanan makanan yang ditawarkan keduanya sangat baik. Hanya dengan bermodal kecil saja kamu sudah bisa menjalankan bisnis kuliner itu.

Selain bisa menguntungkan secara finansial, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan lainnya. Jika sebelumnya kamu kesulitan dalam memasarkan produk kamu, kini hal tersebut bisa diatasi. Kira-kira keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan? Berikut beberapa keuntungan itu:

1. Meningkatkan popularitas

Sebuah popularitas restoran atau produk kamu itu penting. Nah dengan terdaftar pada aplikasi GoFood atau GrabFood, kamu bisa meningkatkan popularitas restoran atau brand kamu dengan peluang ini. Sehingga restoran atau produk kamu langsung bisa dilihat pengguna yang otomatis akan meningkatkan eksposur produk kamu.

2. Ongkos antar lebih murah

 Bagi sebagian orang tentu ada yang sangat memperhitungkan berapa biaya atau ongkos untuk antar makanan ke para pengguna dan pelanggan. Dengan mendaftarkan restoran kamu ke GoFood atau GrabFood, kamu tak usah khawatir karena pembayaran pun bisa dilakukan dengan menggunakan GoPay dan OVO sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah.

3. Menjangkau konsumen lebih luas

Hal yang sering menjadi hambatan dalam mengembangkan bisnis kuliner atau produk makanan itu biasanya karena terbatas jangkauan. Tapi hal tersebut kini menjadi bukan kendala lagi.

(Baca juga: 4 Fakta Merdeka Belajar Menteri Nadiem dan Bayar Sekolah Pakai GoPay)

Sebab jika kamu bermitra dengan aplikator ojek online, kamu akan secara otomatis dibantu menjangkau para konsumen kamu secara luas karena ada ratusan ribu driver ojek online yang siap mengantarkan makanan dan minuman ke pelanggan.

4. Memberikan kemudahan bagi pelanggan

Beberapa kategori di dalam layanan GoFood dan GrabFood akan mempermudah pelanggan untuk menemukan restoran atau warung kamu. Mereka tidak akan kesulitan menemukan restoran, sebab berbagai hal penunjang pun sudah dilengkapi secara otomatis salah satunya GPS dan alamat lengkap, berapa jarak tempuh pun bisa langsung dilihat.

Biasanya restoran kamu akan secara otomatis masuk ke kategori “Near Me”. Artinya, para pengguna aplikasi yang berada di sekitar, akan dapat melihat restoran kamu pada daftar kategori tersebut.

5. Kemudahan mempromosikan menu

Dengan banyaknya fitur dari aplikasi GoFood dan GrabFood, kamu dapat menampilkan menu-menu terbaik yang ada di restoran kamu. Hal tersebut bisa memberikan pilihan-pilhan menu kepada para pelanggan. Jika menu tersebut menarik orang-orang akan tertarik untuk membelinya. Jadi kamu bisa berinovasi dalam hal menu untuk menarik perhatian para pelanggan kamu.

6. Tak perlu kurir sendiri

Hal menguntungkan lainnya yaitu kamu tidak memerlukan kurir antar. Sebab para driver siap kapan saja melayani kamu. Jadi kamu tak peru lagi repot-repot mencari ojek atau kurir karena layanan GoFood dan GrabFood satu paket dengan Go-jek dan Grab. Kamu hanya tinggal fokus berinovasi dengan makanan yang akan kamu tawarkan kepada pelanggan dan tinggal menunggu orderan.

7. Meningkatkan omzet

Jika restoran atau kafe kamu sudah berjalan cukup lama, tentu saja akan banyak pelanggan khusus dan bisa lebih banyak menjangkau pelanggan.

(Baca juga: Mengintip Kecanggihan Hyundai IONIQ, Armada Baru GrabCar Listrik)

Apalagi dengan ditunjang dengan mengolah makanan secara menarik dan bercita rasa tinggi dan memuaskan, secara otomatis orderan pun akan semakin banyak. Semakin banyak orderan omzet pun akan meningkat.

8. Membantu meningkatkan UKM kuliner

Tak hanya bisa membantu usaha waralaba besar, layanan pesan antar dari aplikator ojek online bisa membantu mempromosikan makanan hasil karya pelaku UKM. Warung makan biasa yang ada di pinggir jalan pun bisa sukses bersama GoFood dan GrabFood jika makanannya enak dan berkualitas. Misalnya ada makanan yang enak dan kualitasnya bagus di pinggir jalan, dengan aplikasi itu, makanan mereka bisa dipromosikan melalui fitur suggest restaurant. 

Usaha kuliner memang sangat menjanjikan, karena setiap orang butuh makan dan beberapa orang sudah mengambil peluang itu untuk meraup keuntungan. Nah jika kamu memiliki usaha kuliner atau sedang menjalankan usaha makanan, jangan malas untuk mendaftarkan produk kamu ke GoFood atau GrabFood ya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.