8 Manfaat Clover Honey Ini Baik untuk Balita dan Orang Dewasa

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh memang diketahui sangat banyak, namun berbeda dengan manfaat clover honey yang diberikan. Sebab, madu yang satu ini memiliki aroma seperti bunga.

Aroma bunga yang dihasilkan tersebut, tidak lain berasal dari sari bunga (nektar) tanaman semanggi, yang dimakan lebah penghasil madu clover honey.

Dengan begitu, tidak heran apabila madu ini memiliki aroma bunga semanggi. Dan uniknya, jika dilihat dari segi warna, clover honey memiliki warna yang lebih terang.

Selain itu, rasa dan tekstur madu ini pun cenderung lebih ringan dibandingkan jenis madu lainnya.

Sehingga, tidak heran apabila banyak orang mencari clover honey untuk konsumsi sehari-hari, baik itu dikonsumsi dengan teh, kopi, hingga hidangan penutup sekalipun.

Kemudian jika berbicara tentang manfaat clover honey, madu ini tentu memiliki manfaat yang sangat banyak. Dan semua manfaat tersebut, nantinya akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu.

Kandungan Nutrisi Clover Honey

Hal pertama yang akan dibahas, sebelum kamu mengetahui apa saja manfaat clover honey adalah kandungan nutrisinya.

Yang mana, kandungan nutrisi dari clover honey ada sangat banyak, di antaranya yaitu:

  • Protein
  • Kalori
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Seng (Zinc)
  • Kalium
  • Tembaga
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Vitamin B
  • Vitamin C.

(Baca Juga: Rekomendasi Beli Madu Online)

Manfaat Clover Honey

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa manfaat clover honey yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Adapun beberapa manfaat clover honey tersebut, di antaranya yaitu:

1. Mengurangi Gejala Flu

Manfaat clover honey yang pertama, yaitu mengurangi gejala flu. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan, karena clover honey mengandung antioksidan, antibakteri dan antiradang.

Dengan adanya kandungan tersebut, maka kekebalan tubuh akan semakin kuat, sehingga mampu membantu meredakan gejala flu lebih cepat.

Kamu bisa mengonsumsi clover honey sebanyak 1-2 sendok teh begitu saja, ataupun dicampur dengan teh hangat agar gejala flu, batuk, pilek dan sakit tenggorokan lebih cepat reda.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bukan sesuatu hal yang baru, apabila clover honey dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Pasalnya, madu murni yang satu ini memiliki sifat antibakteri yang berasal dari hidrogen peroksida, yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, maka tubuh nantinya secara efektif dapat melawan kontaminasi benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Terlebih, clover honey juga dapat memberikan efek baik terhadap sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan oleh antioksidan yang terkandung dalam clover honey.

3. Menangkal Stres Oksidatif

Stres oksidatif nyatanya bisa ditangkal dengan clover honey. Bagaimana tidak, manfaat clover honey yang satu ini dapat terjadi, karena adanya kandungan antioksidan polifenol yang kuat.

Di mana, kandungan antioksidan ini berguna dalam membantu memerangi radikal bebas pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit, seperti kanker, jantung maupun rusaknya organ hati.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan tentu sangat tidak menyenangkan. Selain kehabisan banyak tenaga, kamu pun akan merasa tidak nyaman dalam melakukan segala aktivitas.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan adalah dengan mengonsumsi clover honey.

Manfaat clover honey dalam mengatasi gangguan pencernaan sendiri dinilai sangat efektif. Hal tersebut dikarenakan, kandungan gula yang dimiliki clover honey berperan sebagai prebiotik dalam saluran cerna.

Sehingga, apabila clover honey dikonsumsi secara rutin sebanyak 12 sendok teh setiap harinya, maka saluran pencernaan akan menjadi lebih lancar dan beberapa jenis gangguan pencernaan, seperti diare dan tukak lambung pun dapat diatasi dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat clover honey yang kelima adalah menjaga kesehatan jantung. Sebab, apabila jantung sudah terganggu kesehatannya, maka diperlukan proses pengobatan dan penyembuhan yang cukup lama.

Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa mulai mengonsumsi clover honey sejak dini. Sebab, clove honey sendiri mengandung banyak flavonoid dan asam fenolat, yang bersifat antiradang dan antioksidan.

Jika kamu mengonsumsi clover honey secara rutin, maka nantinya kesehatan jantung akan lebih terjaga dan kadar kolesterol dalam darah pun berkurang.

6. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mengandung antiradang dan antibakteri, clover honey bermanfaat dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada luka.

Tidak hanya itu, kandungan tersebut nyatanya juga mampu mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru, serta membersihkan luka.

Buat kamu yang memiliki beberapa gangguan penyakit kulit, clover honey ternyata juga bisa digunakan sebagai obat, loh!

Manfaat clover honey untuk gangguan penyakit kulit sendiri, bisa dirasakan oleh kamu yang memiliki gejala dermatitis atau eksim, maupun membantu menangani infeksi bakteri yang terjadi pada kulit.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Sebagian dari kamu mungkin setuju, kalau hingga saat ini masih banyak orang yang belum terlalu memperhatikan kesehatan gigi.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh pemikiran orang-orang, yang menganggap kalau menyikat gigi dan berkumur saja sudah cukup menjaga kesehatan gigi.

Padahal, menjaga kesehatan gigi tidak cukup dengan melakukan dua hal itu saja. Ada banyak hal lainnya yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu mengonsumsi clover honey.

Kandungan antibakteri, antioksidan serta antiradang yang dimiliki madu ini, diketahui mampu membantu menghambat laju pertumbuhan kuman serta bakteri, pada gigi dan gusi.

Selain itu, ketiga kandungan tersebut juga dapat mencegah peradangan gusi, serta menghambat pembentukan plak pada gigi.

Dengan demikian, gigi akan menjadi lebih sehat, bersih dan kuat, apabila rangkaian perawatan gigi ditambah dengan konsumsi clover honey secara rutin.

8. Mengatur Diabetes

Manfaat clover honey yang terakhir adalah mengatur diabetes. Walaupun jumlah gula yang dimiliki clover honey sama dengan madu lainnya, namun ini merupakan pilihan yang terbaik.

Pasalnya, pemanis madu lainnya memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kadar gula darah, dibandingkan clover honey.

Terlebih, ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau satu dosis madu, dapat menimbulkan respon gula darah yang lebih kecil dibandingkan gula biasa dalam dosis yang sama.

Namun tetap saja, meski madu clover honey memiliki respon gula darah yang kecil, kamu tetap harus memperhatikan dan membatasi konsumsinya, agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Aturan Pakai Clover Honey

Sebagian dari kamu mungkin berpikir, kalau untuk bisa mendapatkan manfaat clover honey secara maksimal, kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Padahal, untuk bisa merasakan semua manfaatnya secara maksimal, kamu hanya perlu mengonsumsinya sesuai takaran atau aturan pakai, seperti berikut ini.

Aturan pakai untuk balita

  • Di pemakaian pertama, clover honey sebaiknya hanya dioleskan di bibir secukupnya, untuk mengetahui apakah anak akan mengalami alergi atau tidak. Apabila cocok, maka bisa dilanjutkan dengan pemberian 1 sdt clover honey, setiap hari sebanyak satu kali
  • Balita boleh mengonsumsi clover honey begitu saja, maupun dicampurkan dengan air biasa atau teh hangat
  • Apabila balita cocok mengonsumsi 1 sdt clover honey setiap hari sebanyak satu kali, maka takarannya bisa ditambah hingga tiga kali konsumsi setiap harinya, sebanyak 1 sdt.

Aturan pakai untuk dewasa

  • Di pemakaian pertama, orang dewasa bisa mengonsumsi clover honey sebanyak 1 sdm setiap hari sebanyak satu kali. Apabila cocok, maka bisa dilanjutkan konsumsinya menjadi tiga kali konsumsi setiap harinya, sebanyak 1 sdm
  • Clover honey bisa dikonsumsi begitu saja, maupun dicampur dengan air biasa atau air hangat, agar tidak merusak struktur madunya.

Efek Samping Penggunaan Clover Honey

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait clover honey, mulai dari kandungan, manfaat clover honey dan aturan pakainya, maka kali ini saatnya untuk kamu mengetahui apa saja efek samping yang dapat terjadi, dari konsumsi clover honey.

Jika dilihat secara keseluruhan, sebenarnya konsumsi clover honey tidak akan memberikan efek samping apapun, meski dikonsumsi setiap hari.

Kecuali, kamu memiliki indikasi hipersensitif terhadap beberapa kandungan dari clover honey, maka kamu memang tidak disarankan mengonsumsi clover honey, untuk mencegah timbulnya efek samping.

Tetapi apabila kamu tidak memiliki indikasi hipersensitif, namun mengalami efek samping sesaat setelah mengonsumsi clover honey, maka kamu dianjurkan untuk segera menghentikan penggunaannya dan memeriksanya ke dokter.

(Baca Juga: 12 Manfaat Madu Hitam)

Nah beberapa informasi terkait clover honey, sudah kamu ketahui semua di pembahasan sebelumnya, termasuk manfaat clover honey itu sendiri.

Bagaimana, manfaatnya sangat banyak bukan untuk kesehatan tubuh? Kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, hanya dengan mengonsumsi clover honey secara rutin, sesuai aturan pakainya.

Seperti yang diketahui, clover honey sendiri bisa dikonsumsi oleh balita hingga orang dewasa. Sehingga, kamu tidak perlu mengonsumsi tambahan suplemen lainnya, untuk benar-benar bisa menjaga kesehatan tubuh.

Tetapi, jika kamu ingin melindungi diri lebih optimal, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Dengan begitu, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan dan perawatan, karena sudah ditanggung oleh asuransi.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani