8 Merk Sabun Pencuci Botol Susu Bayi Terbaik dengan Harga Ekonomis

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Kamu memiliki bayi di rumah? Maka merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini perlu untuk diketahui.

Sebab, botol dan dot bayi itu sendiri sejatinya harus selalu dalam keadaan steril, melihat bahwa tubuh bay sangatlah rentan untuk terkena penyakit dan virus menular.

Oleh karena itu, kamu perlu mencuci botol dan dot yang sering digunakan oleh buah hati dengan menggunakan sabun cuci khusus, yang mana saat ini sebenarnya sudah bisa kamu temukan dengan mudahnya di pasaran.

(Baca Juga: 9 Merk Popok Bayi yang Bagus)

Akan tetapi, karena banyaknya merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang ada, mungkin hal ini bisa membuat kamu menjadi sedikit bingung dalam memilih.

Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama!

Cara Memilih Sabun Pencuci Botol Susu Bayi Terbaik

Sebelum kita membahas tentang beberapa merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik, mungkin kamu juga perlu mengetahui tentang cara memilih sabun pencuci botol, agar tidak salah membeli.

  • Periksa Keamanan dari Bahan yang Digunakan

Cara pertama dalam memilih merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik adalah dengan selalu mengecek bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa sabun pencuci botol bayi harus memiliki kandungan surfaktan yang rendah, jika dibandingkan dengan sabun pencuci piring pada umumnya.

Terdapat dua jenis surfaktan, yaitu surfaktan yang terbuat dari bahan alami dan surfaktan yang terbuat dari bahan kimia sintetis.

Walaupun keduanya memiliki kemampuan yang baik dalam membersihkan, namun performanya dinilai jauh lebih baik surfaktan sintetis dibandingkan alami.

Meski begitu, surfaktan sintetis cenderung lebih sulit untuk dibilas, sehingga bisa saja meninggalkan sisa di botol yang bisa membahayakan kesehatan bayi.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menghindari sabun pencuci botol yang mengandung surfaktan sintetis, seperti sulfuric acid atau sulfonic acid.

Selain itu, pastikan pula bahwa sabun pencuci juga tidak mengandung sequestrants, stabilizing agent, dan pengawet.

  • Pilih Produk dengan Kemasan yang Mudah Digunakan

Tips selanjutnya dalam memilih merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik adalah dalam hal kemasan.

Pastikan bahwa kemasan sabun yang kamu pilih tersebut memang mudah digunakan dan tidak mempersulit kamu.

Terdapat beberapa jenis wadah yang mungkin akan kamu temukan di pasaran, di antaranya seperti push type, yang bisa disesuaikan dengan kuantitas sabun untuk botol dan dot yang harus dibersihkan, ada pula spray type yang lebih mudah digunakan.

  • Kombinasikan dengan Desinfektan Agar Steril

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa botol dan dot bayi harus selalu dalam keadaan steril.

Oleh karena itu, walaupun misalkan kamu sudah memperhatikan kandungan bahan yang terdapat di dalam sabun, ada baiknya jika kamu turut menambahkannya dengan desinfektan, agar lebih steril.

Umumnya, produk desinfektan digunakan dengan dilarutkan ke dalam air, yang mana botol juga akan menjadi steril setelah direndam ke dalam larutan selama kurang lebih 10 menit hingga 1 jam.

Larutan desinfektan dapat digunakan secara berulang dalam kurun waktu 24 jam. Jadi, hal tersebut tidak akan membuat kamu boros dalam penggunaan desinfektan itu sendiri.

Merk Sabun Pencuci Botol Susu Bayi Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. Cussons Baby Liquid Cleanser

Merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang pertama adalah Cussons, yang tentu saja tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Sebab, brand satu ini memang sudah terkenal memproduksi berbagai peralatan khusus baik dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah merk sabun pencuci botolnya yang diberi nama Cussons Baby Liquid Cleanser.

Khusus diformulasikan untuk menghilangkan sisa bau susu yang tertinggal di botol dan dot, produk ini juga diperkaya oleh bahan pembersih alami yang dilengkapi dengan lime extract, sehingga diklaim sangat efektif dalam menghilangkan bakteri.

Selain itu, Cussons Baby Liquid Cleanser juga dinilai sangat aman untuk mencuci makanan lho, seperti buah-buahan, tanpa meninggalkan residu.

2. Baby Huki Liquid Cleanser

Merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik selanjutnya adalah keluaran dari Huki, yang bernama Baby Huki Liquid Cleanser.

Mengandung bahan alami dengan formulasi yang ringan dan lembut, produk ini bahkan tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci peralatan bayi saja lho, melainkan juga aneka buah dan sayur.

Dikemas dalam bentuk poma membuat produk ini juga sangat mudah untuk digunakan, tanpa harus mengangkat dan menuang cairan sabun ke botol.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli refillnya lho dalam ukuran 200 ml dan 450 ml, yang tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Baby Huki Liquid Cleanser merupakan salah satu merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang sudah berdiri 30 tahun lamanya untuk memberikan beragam produk bayi dengan kualitas mumpuni di Indonesia.

3. Pure Baby Liquid Cleanser

Merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik selanjutnya adalah Pure Baby Liquid Cleanser, yang mengandung SLS, sehingga produk hanya menghasilkan busa yang sedikit namun tetap mudah dibilas.

Tak hanya itu, produk ini juga mengandung antibakteri alami, seperti minyak kelapa, gula jagung, dan lemon, yang membuat sabun sangat ampuh dalam membersihkan dan membuat botol susu menjadi kembali steril.

Sabun pencuci botol bayi biodegradable satu ini juga tidak mengandung alkohol dan parfum lho, sehingga akan memberikan hasil yang semakin hiegenis.

4. My Baby Bottle, Nipple, & Baby Accessories Cleanser

Merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik selanjutnya adalah produk keluaran dari My Baby, yang pada awalnya terkenal karena produk perawatan kulit dan rambutnya.

Akan tetapi, saat ini My Baby juga turut melebarkan sayapnya untuk memproduksi sabun pencuci untuk peralatan makan dan minum bayi.

Dengan mengandung beragam bahan alami, produk ini dijamin akan sangat ampuh dalam membersihkan sisa susu dan lemak yang menempel pada botol susu, dot, dan perlengkapan bayi lainnya.

Harganya juga sangatlah terjangkau, yaitu berkisar Rp19.500 untuk ukuran 400 ml kemasan sabun pencuci botol.

5. Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser

Berbicara tentang merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik, maka kita tidak boleh melewatkan produk dari brand Pigeon.

Pigeon Baby Bottle and Accessories Cleanser diklaim mampu menghilangkan lemak dan protein yang dapat menyebabkan kerak pada peralatan makan bayi.

Terbuat dari 100 persen bahan alami berkualitas, produk ini tak hanya aman dan efektif dalam membersihkan peralatan bayi, melainkan juga cocok untuk membersihkan beragam makanan lho, seperti sayur dan buah.

Harganya pun juga cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan produk dari Pigeon ini seharga Rp30.400 untuk kemasan berukuran 500 ml.

6. Babymax Baby-Save Bottle and Utensils Cleaner

Babymax merupakan salah satu brand asal Surabaya yang memang fokus pada pembersihan peralatan bayi dan diklaim menggunakan bahan alami dari tanaman, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan.

Tak hanya itu, surfaktan dan deterjen yang digunakan pun juga turut diklaim berbasis tanaman dan bebas enzim, paraben, dan pengawet.

Label hypoallergenic juga bisa kamu lihat di bagian depan kemasan, yang menunjukan bahwa produk ini tidak akan menyebabkan alergi pada kulit.

Tersedia dalam ukuran 100 ml, merk sabun pencuci botol susu bayi satu ini tentunya bisa dengan mudah kamu bawa kemanapun ketika bepergian.

7. Ivly Nature Feeding Bottle Wash

Tak jauh berbeda dengan produk-produk yang telah kita sebut sebelumnya, Ivly Nature Feeding Bottle Wash juga merupakan salah satu merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya untuk bayi, seperti alkohol, pewarna, dan parfum.

Produk ini juga dinilai efektif dalam mengangkat sisa kotoran susu yang seringkali tertinggal di dalam botol sehingga menyebabkan jamur apabila didiamkan terlalu lama.

Aroma lemon yang dihasilkan juga sangatlah harus, namun juga tak berlebih. Walaupun bisa sangat efektif mengangkat kotoran yang terdapat pada peralatan bayi, namun tangan kamu tidak akan menjadi kasar apabila terlalu sering terkena sabun lho.

8. Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser

Nah, merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang akan kita bahas terakhir adalah produk keluaran dari brand Sleek.

Merupakan pembersih botol dan peralatan makan dengan formula food grade, membuat produk ini sangat aman untuk bayi.

Tak hanya ini Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser juga mengandung stain removal formula yang sangat ampuh untuk menghilangkan sisa lemak susu dan bau amis yang menempel pada botol bayi lho.

Bisa kamu temukan dengan mudahnya di pasaran, harga yang dibanderol juga tergolong sangat terjangkau, yaitu Rp33.900 untuk kemasan 900 ml.

Jadi, itulah beberapa merk sabun pencuci botol susu bayi terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

(Baca Juga: Bahaya MPASI Dini pada Bayi)

Walaupun sebagian besar produk bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih hemat lho.

Sebab, berbelanja menggunakan kartu kredit justru bisa membuat seluruh pengeluaran kamu dalam berbelanja menjadi lebih murah dan hemat, dari banyaknya promo dan diskon menarik yang ditawarkan.

Nah, apabila kamu justru belum punya kartu kredit, janganlah khawatir! Sebab, kamu bisa mengajukannya dengan begitu mudah di CekAja.com.

Bahkan, seluruh kartu kredit yang telah disetujui bisa langsung dikirim ke alamat yang kamu lampirkan di form pengajuan lho. Mudah banget kan!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha