Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

8 Tempat di Jakarta Buat Hangout dan Tambah Wawasan

by lhmdi on 28 Agustus, 2017

kehidupan miliarder _ investasi - CekAja.com

Menyepi dari hiruk pikuk kepadatan kota sembari hangout bersama teman-teman atau keluarga tentunya adalah salah satu satu pilihan hiburan yang bisa dilakukan di kota Jakarta.

Pilihan tempat hangout di Jakarta pun bervariasi. Mulai dari coffee shop, restoran, bar, hingga pusat-pusat perbelanjaan adalah beberapa pilihannya.

Lokasinya pun tersebar merata di sekitar kota Jakarta. Sebagai tambahan, tempat-tempat nongkrong ini pun menyediakan berbagai macam hiburan tambahan. Mulai dari suasana tempat, harga yang murah bahkan live musik.

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat hangout lain yang bisa digunakan untuk nongkrong di sekitar Jakarta. Tempat-tempat ini bahkan menawarkan keunikan dan nilai tersendiri, dimana kita bisa belajar banyak ilmu pengetahuan.

Bahkan, tempat nongkrong ini tidak kalah dari coffee shop atau tempat nongkrong lainnya yang ramai di kalangan anak muda. Lalu, apa saja tempat-tempat nongkrong yang bisa memberikan banyak pengetahuan kepada para pengunjungnya?

Berikut ulasannya.

1. Belajar tentang alam semesta di Planetarium

Melepas penat sekaligus belajar tentang alam semesta merupakan salah satu pilihan wisata yang bisa kita pilih untuk melepas penat.

Pilihan tempat yang tepat untuk ini adalah dengan berkunjung ke Planetarium. Di planetarium kita bisa belajar tentang simulasi bintang dan benda-benda langit.

(Baca: Cara Hasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online)

Setiap pengunjung nantinya diajak oleh pemandu Planetarium untuk memahami kondisi alam semesta. Selain itu, terdapat juga berbagai alat-alat peraga yang menggambarkan alam semesta tersebut seperti foto benda-benda yang ada di alam semesta.

Tidak hanya untuk belajar tentang alam semesta, Planetarium yang sudah diresmikan tahun 1964 ini juga menghadirkan tempat-tempat hangout seru sekaligus mengambil momen melalui foto-foto yang menarik.

Pengunjung bisa langsung datang ke Planetarium dari jam 9.30 pagi sampai 17.30 Wib, di jalan Cikini Raya No.73, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

2. Nonton film gratis di Goethe Institut

Tempat hangout di Jakarta yang seru dan bisa memberi kita banyak ilmu tambahan berikutnya adalah Goethe Institut.

Tempat ini memang sering dijadikan sebagai tempat pemutaran film gratis. Film-film yang ditampilkan pun berbeda dari film-film yang tayang di bioskop.

(Baca: Kartu Kredit Ini Bikin Hemat Nonton Film Terbaru di Bioskop, Cek Yuk!)

Bisa dikatakan, Goethe Institut memutar film-film yang unik, seperti film dokumenter atau sejarah. Tidak hanya menonton film, Goethe Institut juga kerap menawarkan sesi diskusi tentang film-film yang ditonton oleh pengunjung.

Sehingga, Goethe Institut kerap dipilih sebagai tempat hangout di Jakarta dan juga memberikan banyak ilmu pengetahuan tambahan bagi para pengunjungnya.

Di luar, kegiatannya sebagai tempat hangout dan pemutaran film Goethe Institut juga menawarkan menyelenggarakan kursus bahasa Jerman, ujian kompetensi bahasa, hingga  pertunjukan kebudayaan.

Belum pernah mengunjungi tempat ini? Silahkan langsung menuju Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 9-15, Menteng, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

3. Belajar budaya Betawi di Setu Babakan

Meskipun Jakarta kian modern, namun ciri khas kota yang dulu sempat bernama Batavia ini tidak kehilangan sentuhan Betawi sebagai akar budaya.

Untuk mengetahui sejarah-sejarah Betawi dan perkembangannya hingga kini, maka Setu Babakan adalah pilihan yang tepat.

(Baca juga: Ide Kreatif Hadiah Pernikahan yang Unik dan Murah)

Di tempat ini kita bisa menemukan dan belajar tentang perkampungan budaya Betawi, dan dihuni sekitar 3000 kepala keluarga.

Tidak ketinggalan, beragam kesenian tradisional Betawi juga ditampilkan bagi pengunjung yang akan ingin belajar tentang budaya Betawi. Mula dari Tari Narojeng, Gambang Kromong, Tari Topeng hingga Marawis bisa disaksikan langsung.

Setelah puas menikmati informasi tentang budaya Betawi, kita bisa duduk dan bersantai sejenak di pelataran luas yang ditumbuh berbagai aneka pohon taman. Sambil menikmati suasana yang masih asri, kita bisa mengambil beberapa foto, karena lahan yang cukup luas di Setu Babakan bisa dijadikan tempat hangout bagi para pengunjung.

Yuk! Kunjungi tempatnya di kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

4. Mengenal budaya Amerika di @America

Bosan hangout di pusat perbelanjaan? Kita bisa langsung mampir ke Pacific PLace. Bukan lagi untuk menikmati suasana mal di dalamnya, namun berkunjung ke @America.

Kunjungan di @America merupakan pusat kebudayaan dari Amerika Serikat. Tempat berada di dalam ruangan khusus dan harus melalui standar pengamanan ala kedutaan besar Amerika.

Namun, ketika sudah smapai di dalamnya, kamu bisa nongkrong sambil menikmati sajian kebudayaan Amerika plus teknologi canggih yang dirancang oleh tim @Amerika.

Bahkan, jika kamu tertarik mempelejari kebudayaan Amerika, beberapa petugas disana akan membantu untuk menjawab berbagai macam pertanyaan.

Bahkan melalui auditorium yang disediakannya tidak jarang @America menggelar berbagai kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Mulai dari bincang-bincang dengan para ahli di berbagai bidang, kegiatan kebudayaan, acara komunitas hingga pertunjukan musik.

Belum pernah ke @America? Langsung kunjungi  Pacific Place Mall lantai 3, Jl. Jendral Sudirman.

5. Nonton film-film unik di Erasmus Huis

Satu lagi tempat yang hangput sembari menonton film-film unik selain Goethe Institut adalah Erasmus Huis.

Pusat kebudayaan ini berada satu lokasi dengan kedutaan besar Belanda. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat hangout di Jakarta.

Karena mereka memiliki ruang pertunjukan yang mampu menampung 330 pengunjung. Walau sering lakukan pemutaran film gratis, jangan berharap untuk nonton film terbaru di sini, sebab film yang diputar adalah film-film festival yang jarang di putar di bioskop.

Mulai dari film-film Eropa, JIFFEST hingga dokumenter selalu jadi sajian Erasmus Huis. Penasaran? Tunggu apa lagi, kunjungi saja tempat hangout di Jakarta yang terletak di kedutaan besar Belanda atau Erasmus Huis di Jl. H. R. Rasuna Said Blok C No.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

6. Diskusi seputar buku di Freedom Institute

Perpusatakaan kerap disebut sebagai tempat yang serius dan membosankan. Tidak percaya, coba saja kunjungi Freedom Institute.

Selain menghadirkan koleksi buku yang terbilang cukup lengkap, Freedom Institute juga menawarkan konsep tempat hangout dimana pengunjung bisa berdiskusi atau bertukar pikiran mengenai buku-buku yagn sudah dibaca.

Di sekitarnya ditempatkan pohon-pohon yang ridang dan bberapa bangku taman yang bisa membuat setiap pengunjung menjadi lebih nyaman. Ingin pesan kopi atau camilan, Freedom Institute pun menyediakan ini untuk pengunjung yang datang.

Yuk! Mampir ke Jalan Proklamasi No.41, Menteng, Pegangsaan, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Pusat.

7. Nonton pertunjukan seni di Gedung Kesenian Jakarta

Bermain di sekitar Istana Ngara atau Monas, jangan lupa untuk mampir ke Gedung Kesenian Jakarta.

Bangunan tua yang sudah dirapikan ini dahulunya adalah salah satu kantor pemerintah kolonial Belanda. Namun, kini gedung tersebut diubah menjadi tempat berkumpulnya para seniman-seniman dari seluruh Nusantara.

Di tempat ini kita bisa belajar berbagai macma jenis seni yang cukup lengkap. Mulai dari lukisan, film, teater dan lain-lainnya.

Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) juga menyediakan fasilitas seperti ruangan foyer, sebuah tv monitor hingga  electric billboard untuk keperluan publikasi.

Selain belajar tentang berbagai macam jenis kesenian dari seluruh Indonesia, di tempat ini kita juga bisa melhat beberapa pertunjukkan hasil kerjasama Gedung Kesenian Jakarta dengan pusat kebudayaan asing, lembaga, organisasi, dan grup kesenian tradisional.

Penasaran? Langsung kunjungi Gedung Kesenan Jakarta di Jalan Gedung Kesenian No.1, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

8. Nikmati karya di Galeri Nasional

Tempat hangout di Jakarta berikutnya yang layak untuk didatangi adalah Galeri Nasional. Meskipun di tempat ini konsepnya adalah musium, namun kita bisa bersantai sambil belajar memahami berbagai macam karya seni.

Umumnya , terdapat dua jenis pameran di Galeri Nasional, yaitu pameran tetap dan kontemporer.

Mulai dari lukisan, patung, fotografi, instalasi, kria dan berbagai seni media baru lainnya kerap hadir memanjakan pengunjung yang datang ke Galeri Nasional.

Sudah puas dengan melihat berbagai macam karya seni di Galeri Nasional? Di tempat ini terdapat berbagai macam spot-spot foto yang menarik dan bisa dibagikan ke masyarakat yang belum pernah mengunjungi tempat ini.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami