Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Tipe Kepribadian Introvert Menurut MBTI. Kamu yang Mana?

by Sindhi Aderianti on 4 Februari, 2020

Mengetahui karakteristik pribadi sangat penting untuk menentukan karir yang tepat untukmu. Dengan itu, kamu pun bisa menyesuaikan cara bersikap dengan atasan, rekan, atau klien yang pastinya berbeda personality. Terlebih para introvert sering dianggap pemalu dan sulit berinterkasi dengan orang lain.

tipe kepribadian introvert

Tipe Kepribadian Menurut MBTI

The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah tes kepribadian yang diisi sendiri, tujuannya untuk mengetahui cara orang memandang segala hal di dunia, termasuk bagaimana sikap mereka mengambil keputusan.

Teori ini pertama kali ditemukan oleh Carl Jung, ia membagi karakter seseorang ke dalam empat tipe, antara lain:

Extraversion-Introversion (E-I): mudah bersosialisasi vs tertutup.
Sensing-Intuition (S-N): berpusat pada kenyataan vs imajinasi kuat.
Thinking-Feeling (T-F): berpikir logis vs mengandalkan perasaan.
Judging-Perceiving (J-P): menganalisa vs bertindak spontan.

Empat rentang tersebut kemudian dipadu lagi dan melahirkan 16 tipe kepribadian yang lebih mendetil, yakni ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ. Dengan begitu, ada 7 karakter introvert di sini.

(Baca Juga: CV Seperti Ini Bikin Kamu Langsung Ditaksir HRD!)
8 Tipe Si Introvert yang Cerdas

Introvert selalu diidentikkan dengan sifat pendiamnya. Namun diam-diam, mereka menyimpan kecerdasan luar biasa. Kamu tipe introvert yang mana? Cek aja satu per satu penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. ISTJ (Introvert, Sensing, Thinking, Judging)

ISTJ adalah orang-orang yang selalu berpikir realistis daripada berkhayal. Mereka dikenal pendiam, namun sangat teliti terhadap detil. ISTJ selalu teguh memegang kata-katanya dan bertanggung jawab terhadap ucapan. Karakter mereka sangat cocok menjadi pemimpin.

Bila menghadapi masalah, ISTJ mengandalkan logika bukan perasaan. Walaupun mengabaikan perasaan, tak berarti mereka kejam. Justru dengan demikian, keputusan yang muncul selalu objektif dan adil.

Orang dengan kepribadian ISTJ hampir tak suka bercanda, mereka terlalu serius. Dalam hubungan, kontak fisik lebih dianggap sebagai bentuk romantisme dibanding mengumbar kalimat ‘I love you’.

2. ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging)

Orang dengan kepribadian ISFJ ibarat matahari pagi yang berwujud manusia. Mereka hangat, penuh kasih sayang, dan berintegritas. ISFJ senang berusaha demi kebahagiaan orang lain, sampai kadang lupa membahagiakan diri sendiri. Saat menolong, mereka tak suka terekspos publik.

Dalam suatu hubungan, orang ISFJ adalah tipe yang mati-matian mempertahankannya meski harus tersakiti. ISFJ rela melakukan apapun, meski pasangan mereka tak membalasnya setimpal.

Sayangnya, ISFJ lemah terhadap kritik, sehingga mudah down apabila mendengarnya. Termasuk ketika menghadapi konflik, mereka cenderung diam dan memendamnysa.

3. INFJ (Introvert, Intuition, Feeling, Judging)

INFJ memiliki kecerdasan otak dan perasaan yang kuat. Tak melulu soal uang, umumnya orang dengan kepribadian ini hanya ingin bekerja sesuai passion mereka. IFNFJ selalu punya rencana matang untuk masa depan dan bertekad kuat merealisasikannya satu per satu.

Ketika menjalin hubungan, INFJ adalah orang yang hangat. Mereka senang mengekspresikan rasa cintanya dan mengharapkan sang tambatan hati bisa mengapresiasi usaha tersebut dengan membalasnya.

Sementara kelemahan mereka, INFJ jarang bisa menyelesaikan masalah karena lebih memilih untuk menghindari konflik. Mereka juga kurang pandai mengelola uang, tak memperhatikan detil, dan senang mempelajari banyak hal tapi cepat puas.

4. INTJ (Introvert, Intuition, Thinking, Judging)

Jenius, itulah kata yang mewakilkan karakteristik seorang INTJ. Mereka sanggup menyerap teori-teori rumit dengan cepat, dan mencari cara menerapkannya dalam kehidupan. Orang dengan kepribadian INTJ cenderung selalu ingin belajar serta mencari pengalaman daripada memikirkan orang lain

Dalam hubungan, INTJ mudah tertarik dengan pasangan yang cerdas. Selain itu juga bisa menuntutnya untuk terus berkembang. Mereka enggan membuang-buang waktu jika hubungan yang dijalani mulai tidak sehat.

Adapun kelemahan INTJ, mereka sulit memahami emosinya sendiri, apalagi untuk peduli dengan perasaan orang lain. Hal ini juga membuat mereka sulit bertoleransi dan mengalah.

5. ISTP (Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving)

Karakter ISTP diisi oleh orang-orang yang pintar dan berani. Mereka dikenal pendiam dan nggak kenal takut, namun cerdas dalam menghadapi krisis. ISTP pandai dalam banyak hal. Punya konsentrasi yang bagus dan cepat beradaptasi, membuat mereka mampu bekerja di segala bidang.

Saat berada di dalam hubungan, ISTP tipe yang cukup sulit didapat. Mereka juga bisa berkomitmen, asalkan tetap dikasih ruang untuk sendiri. Selama pasangannya tak membosankan, hubungan akan baik-baik saja.

ISTP merupakan pendengar yang baik, tapi kurang terbuka kepada orang lain. Bahkan ketika diminta pendapat, mereka cenderung bertanya balik karena takut keputusannya itu salah.

6. ISFP (Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving)

ISFP dikenal memiliki empati, kasih sayang, dan kelembutan terhadap orang lain. Level ketelitian serta pay attention to detail mereka amat tinggi. Selain itu, ISFP juga orang yang optimistik, easy-going, dan suka mencari pengalaman baru. Maka tak heran kebanyakan seniman besar memiliki kepribadian ISFP.

Soal kehidupan asmara, ISFP senang dipuji dan diperlakukan lembut. Mereka pun lebih tertarik dengan hubungan jangka panjang. Buat orang ISFP, pacaran bukan main-main; pacaran adalah upaya serius melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Aspek Introvert dan Feeling mendominasi diri mereka, sehingga mereka takut disakiti. Mungkin karena ini, mereka sering membohongi diri, mengatakan hal yang nggak sesuai dengan hatinya.

7. INFP (Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving)

Masih dalam rumpun introvert, ada juga keprbadian INFP. Mereka sangat tenang, penuh kesabaran, serta lemah lembut. Serupa dengan INFJ, orang dengan kepribadian ini hanya ingin bekerja sesuai passion mereka. pekerjaan yang membuat dia terus berkembang.

INFP tak mudah jatuh cinta. Hal ini karena mereka sulit percaya dengan orang lain. Namun bila sudah memiliki hubungan, mereka akan jaga mati-matian. Mereka juga tipe pasangan yang amat penyayang.

Sekilas INFP cenderung tertutup, mereka hanya mau bercerita dengan orang-orang terdekat saja. Tapi kalau sudah akrab, INFP baru mau sedikit terbuka dan mencurahkan perhatiannya.

8. INTP (Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving)

Terkahir, INTP. Orang dengan kepribadian ini memiliki rasa ingin tahu yang begitu kuat. Dengan aspek Introvert dan Thinking yang mereka punya, Kepribadian INTP mengumpulkan berbagai macam data dan fakta, lalu mengutak-atiknya agar paham secara menyeluruh.

Kepribadian INTP selalu serius, termasuk dalam hubungan. Namun dengan begitu, mereka bisa memegang janji dan komitmen dengan sungguh-sungguh. INTP tak banyak menuntut kepada pasangannya juga.

Adapun kelemahannya, INTP bukanlah komunikator yang handal. Apa yang ia katakan kadang terlalu rumit, sampai lawan bicaranya sulit ngerti. Mereka juga kaku serta kurang peka terhadap perasaan orang lain.

Mau kartu kredit yang menawarkan benefit sesuai karakter dan kebutuhanmu? Cari, bandingkan, dan ajukan hanya di CekAja.com. Lebih mudah karena semua proses berlangsung secara online!

(Baca Juga: Kepribadian dan Karakter Shio Tikus Ramalan 2020)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.