9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

8 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi sebagian orang, cara mengatasi makan berlebih seringkali dianggap sulit. Bagaimana tidak? Berbagai jenis makanan lezat memang sepertinya merupakan godaan terbesar nan menggiurkan. Namun, rasa yang besar untuk ingin melahap semuanya justru dapat berimbas menjadi perilaku makan berlebih.

cara mengatasi makan berlebih

Dan ketika hal tersebut terjadi, maka efek terbesar yang akan dihadapi adalah berat badan yang meningkat. Walaupun terkadang dianggap sepele, nyatanya kenaikan berat badan tidak bisa diremehkan begitu saja. Karena, berat badan yang berlebih juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Hanya saja, melakukan beberapa cara mengatasi makan berlebih yang dianjurkan tidaklah semudah yang kita pikirkan. Diperlukannya tips dan trik khusus agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara mengatasi makan berlebih beserta informasi penting lainnya yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Yuk disimak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Makan Berlebih

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara mengatasi makan berlebih yang dianggap cukup ampuh sehingga bisa kamu coba lakukan, diantaranya adalah:

1. Jangan Pernah Lewatkan Sarapan

Jangan Pernah Lewatkan Sarapan - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih yang pertama adalah jangan pernah melewatkan sarapan. Mungkin banyak diantara kamu yang sedang melakukan diet sehingga melewatkan sarapan. Padahal, cara tersebut justru salah. Sarapan memberikanmu energi untuk memulai aktivitas. Ketika kamu melewatkan sarapan, maka secara otomatis kamu akan merasa lelah dan lapar ketika menjelang siang hari.

Sehingga, ketika waktunya makan siang, kamu malah seperti “balas dendam” dan mengkonsumsi makanan jauh lebih banyak dibanding biasanya, yang disebabkan karena rasa lapar yang sudah ada sejak pagi. Oleh karena itu, jangan pernah sekalipun melewatkan sarapan meskipun kamu sedang melakukan diet.

Sebaliknya kamu bisa mengkonsumsi menu sarapan yang sehat sehingga rencana dietmu bisa tetap berjalan, seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak.

2. Jangan Makan Sambil Melakukan Hal Lain

Jangan Makan Sambil Melakukan Hal Lain - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih yang kedua adalah jangan pernah makan sambil melakukan hal lain, seperti menonton tv, membaca, bermain, dan sebagainya. Sebab, ketika kamu makan sambil melakukan hal lain, maka secara tidak sadar kamu justru menjadi semakin sulit mengontrol nafsu makan. Fokus kamu terbagi antara makanan dan pekerjaan lainnya yang membuat seseorang mengkonsumsi kalori lebih banyak dari seharusnya.

Sebagai contohnya di Jepang, pegawai kantor dilarang makan sambil bekerja dan mereka diharuskan untuk makan di tempat yang sudah disediakan pada saat jam istirahat. Karena hal itu, sangat jarang warga Jepang mengalami obesitas.

3. Hindari Mengkonsumsi Camilan

Hindari Mengkonsumsi Camilan - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Tidak dapat dipungkiri bahwa camilan memang merupakan “godaan” paling besar sekaligus memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kenaikan berat badan. Meskipun, mengkonsumsi camilan sangat nikmat, terutama ketika kamu sedang mengisi waktu luang dengan membaca buku, menonton tv, dan tiduran, ada baiknya jika kamu mulai mengurangi kebiasaan ini.

Apalagi jika kamu terbiasa untuk mengkonsumsi camilan yang cenderung kurang sehat, seperti gorengan, cokelat, dan sejenisnya. Sebagai gantinya, salah satu cara mengatasi makan berlebih yang cukup ampuh yaitu dengan mengganti menu camilan menjadi lebih sehat. Sebut saja seperti buah, serela, granola bar, telur rebus, dan yogurt rendah lemak yang bisa kamu jadikan pilihan.

4. Berlatih Mindful-eating

Berlatih Mindful-eating - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih selanjutnya adalah dengan berlatih mindful-eating. Mindful-eating merupakan sebuah perilaku ketika seseorang fokus pada makanan yang tengah ia konsumsi sembari menggunakan pikiran, emosi, dan perasaan. Dalam arti ketika kamu sedang makan, maka cobalah untuk makan secara perlahan, sedikit demi sedikit, mengunyah hingga halus, dan menikmatinya.

(Baca Juga: Bahaya Diet Sembarangan yang Mempengaruhi Kesehatan)

Selain sangat baik bagi kesehatan, penelitian juga menyebutkan bahwa kebiasaan satu ini cukup ampuh untuk mengurangi perilaku overeating serta mencegah lapar mata. Ketika kamu terbiasa dengan mindful-eating, maka tubuh akan memiliki waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang, sehingga kamu pun juga akan merasa puas dengan makanan yang dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan pula.

Sebaliknya, makan yang terburu-buru justru akan membuat pencernaan menjadi bekerja lebih keras lagi dan cenderung akan membuat seseorang merasa selalu lapar.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat yang terdapat di dalam makanan juga membuat perut menjadi kenyang lebih lama, sehingga secara bersamaan juga akan mengendalikan nafsu makan kamu.

Beberapa jenis makanan dengan kandungan serat yang tinggi diantaranya adalah kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur. Selain kaya akan serat, makanan-makanan tersebut juga memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

6. Makan dengan Jadwal Teratur

Makan dengan Jadwal Teratur - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa melewatkan sarapan atau makan malam dapat membantu keberlangsungan diet serta menurunkan berat badan. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Sebab, dengan melewatkan waktu makan, rasa lapar yang kamu miliki justru menjadi semakin kuat. Sehingga akan timbulnya “balas dendam” yang membuat kamu akan mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi makan berlebih yang bisa kamu lakukan yaitu untuk tidak pernah melewatkan jadwal makan, baik itu sarapan, makan siang, dan makan malam. Sebagai gantinya, kamu bisa menghilangkan kebiasaan ngemil dan mengganti menu makanan menjadi lebih sehat. Para ahli gizi yang mengungkapkan bahwa makan secara teratur sesuai jadwal akan membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama dengan metabolisme tubuh yang berjalan dengan baik.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Berbagai penelitian yang menyatakan bahwa membiasakan diri minum air putih dalam jumlah banyak dinilai cukup ampuh untuk menekan rasa lapar sehingga secara otomatis dapat mengurangi dorongan seseorang untuk ngemil maupun makan berlebih.

Tak hanya mengurangi nafsu makan saja, minum air putih juga dianggap bisa membantu dalam menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari.

8. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga Secara Teratur - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan aktivitas fisik, nafsu makan mungkin akan mengalami peningkatan. Namun, jika olahraga tersebut justru dilakukan secara rutin, maka justru dalam membantu tubuh untuk menahan nafsu makan lho.

Berolahraga secara rutin dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan serta mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar itu sendiri.

9. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Nah, cara mengatasi makan berlebih yang akan kita bahas terakhir adalah dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur selama kurang lebih 7 jam per hari ternyata dapat mempengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan. Oleh karena itu, hormon tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh pun lebih mampu dalam mengendalikan nafsu makan.

Dampak Buruk Perilaku Makan Berlebih

Selain kamu harus mengetahui tentang cara mengatasi makan berlebih, ada baiknya jika kamu turut mengetahui tentang beberapa dampak buruk dari perilaku makan berlebih itu sendiri. Dilansir dari situs sehatQ, terdapat beberapa dampak negatif yang bisa dihasilkan dari makan berlebih, diantaranya adalah:

  • Peningkatan Berat Badan

Dampak utama yang paling terasa ketika kamu makan berlebih yaitu peningkatan berat badan yang signifikan. Sebab, semakin banyak kamu makan maka akan semakin banyak pula lemak yang ditimbun. Ditambah lagi jika kamu banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan tidak sehat, seperti makanan cepat saji dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Perlu diketahui bahwa penumpukan lemak dalam menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan serta menyebabkan datangnya kondisi medis tertentu. Sebagai contoh, apabila terdapat lemak yang menumpuk pada organ hati, maka akan terjadinya gagal hati. Sedangkan jika terdapat penumpukan lemak di pembuluh darah, maka akan menimbulkan serangan jantung.

  • Risiko Penyakit Kanker

Makan berlebih akan berpengaruh terhadap peningkatan berat badan, yang mana juga berpotensi untuk terjadinya obesitas sekaligus meningkatkan risiko terkena kanker. Meskipun belum diketahui secara pasti hubungan antara banyak makan dan kanker, namun dipercaya bahwa makan berlebih dapat memicu risiko kanker karena dapat memancing produksi estrogen, insulin, atau asam lambung secara berlebih.

  • Menaikan Gula Darah

Makan berlebih dapat meningkatkan gula darah, terutama jika kamu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Padahal, masalah satu ini sama sekali tidak boleh disepelekan karena berpotensi untuk memicu penyakit diabetes.

Apakah Makan Berlebih sama Dengan Binge Eating Disorder?

Setelah mengetahui tentang beberapa cara mengatasi makan berlebih, mungkin kamu akan bertanya, kira-kira perilaku makan berlebih itu sama tidak sih dengan Binge Eating Disorder? Dilansir dari situs halodoc, perilaku makan berlebih dan binge eating disorder merupakan dua hal yang berbeda.

Kebiasaan makan berlebih atau overeating merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengkonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan energi yang dibutuhkan. Biasanya, perilaku satu ini disebabkan oleh nafsu makan yang tinggi serta kebiasaan dalam mengkonsumsi asupan makanan yang kurang sehat.

Sementara itu, binge eating disorder merupakan suatu kondisi gangguan pola makan ketika pengidapnya sama sekali tidak bisa mengendalikan berapa besar porsi makan yang mereka konsumsi. Dikarenakan ini merupakan gangguan perilaku, maka pengidapnya harus mendapatkan perawatan khusus. Sementara itu, perilaku makan berlebih justru lebih dapat diatasi asalkan orang tersebut memiliki keinginan kuat untuk berubah.

(Baca Juga: Makanan untuk Membakar Lemak)

Jadi, untuk kamu yang merasa saat ini sulit mengendalikan nafsu makan, beberapa cara mengatasi makan berlebih yang baru saja kita bahas mungkin bisa kamu coba untuk lakukan. Sebab, perilaku makan berlebih itu sendiri apabila tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan masalah kesehatan yang jauh lebih serius lagi, seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Nah, selain melakukan beberapa cara mengatasi makan berlebih, jangan lupa juga untuk dilindungi dirimu dengan asuransi kesehatan. Mengapa asuransi kesehatan penting? Karena tidak hanya masalah kesehatan saja yang tidak bisa kita prediksi, melainkan juga kondisi finansial kita di masa yang akan datang.

Padahal seiring berjalannya waktu, biaya pengobatan dan rumah sakit pun turut mengalami peningkatan. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika kamu membutuhkan pengobatan namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar? Asuransi kesehatan hadir untuk membantu. Maka dari itu, jika saat ini kamu belum memiliki asuransi kesehatan, segeralah ajukan sekarang, sebelum terlambat.

Bingung dimana tempat mengajukan asuransi kesehatan terpercaya? Ajukan saja di CekAja.com. Selain kamu dapat mengajukan asuransi kesehatan dengan sangat cepat dan mudah karena sepenuhnya dilakukan secara online, melalui CekAja.com kamu juga bisa melakukan perbandingan tentang perusahaan asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu lho. Jadi, tak perlu bingung lagi untuk memilih asuransi yang diinginkan. Ajukan saja hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha