9 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Mata

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Meski namanya jarang terdengar, namun manfaat buah carica ternyata ada sangat banyak. Ya, manfaat yang diberikan buah ini tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan kulit dan mata.

Semua manfaat yang diberikan tersebut, tentunya sesuai dengan kandungan nutrisinya yang juga tak kalah banyak, baik itu vitamin, protein, karbohidrat dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan semua manfaat buah carica pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengonsumsinya secara rutin sesuai kebutuhan.

Tetapi sebelum mengonsumsi dan mendapatkan manfaatnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat buah carica yang diberikan.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sederet manfaat buah carica secara lengkap, yang berhasil CekAja.com rangkum dari berbagai sumber khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Buah Carica

Poin pertama yang perlu kamu ketahui tentang buah carica adalah definisi dan asal usulnya. Buat kamu yang belum tahu, carica merupakan salah satu jenis buah dengan tampilan seperti buah pepaya.

Hanya saja, buah carica memiliki bentuk yang lebih mungil dan bergelombang dibandingkan buah pepaya.

Buah yang juga dikenal dengan sebutan pepaya Dieng atau pepaya gunung ini, sejatinya berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Namun di Indonesia sendiri, buah carica banyak ditemukan di wilayah dataran tinggi Dieng, Wonosobo dan Bali.

Di Bali, buah carica lebih dikenal dengan sebutan Gedang Memedi. Buah ini pun tak jarang diolah menjadi berbagai macam minuman dan makanan ringan, seperti misalnya dodol carica, selai carica, keripik carica dan carica in syrup.

(Baca Juga: 12 Manfaat Buah Kesemek)

Kandungan Nutrisi Buah Carica

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang buah Carica, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tentang kandungan nutrisinya, sebelum tahu lebih dalam manfaat buah carica.

Perlu diketahui, kandungan nutrisi yang dimiliki buah carica sangat banyak, mengingat manfaat yang diberikan buah ini untuk kesehatan pun sangat beragam.

Adapun beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki buah carica di antaranya, yaitu:

  • Air
  • Besi
  • Energi
  • Enzim Papain
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin B Kompleks
  • Vitamin C
  • Vitamin E.

9 Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan

Pada awal pembahasan telah disinggung, kalau CekAja.com akan mengulas sederet manfaat buah carica untuk kesehatan.

Yang mana, manfaat buah carica tersebut ada sangat banyak. Beberapa di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Menetralisir asam lambung

Manfaat buah carica untuk kesehatan yang pertama, yaitu menetralisir asam lambung. Enzim papain yang dimiliki buah carica ini, dinilai mampu menjaga keseimbangan lambung dan membunuh bakteri dalam usus.

Maka dari itu, mengonsumsi buah carica secara rutin dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung, karena sudah dinetralisir oleh enzim papain yang terkandung dalam buah carica.

2. Melancarkan pencernaan

Rutin mengonsumsi buah carica juga nyatanya dapat melancarkan pencernaan. Manfaat buah yang satu ini bisa didapat, karena buah ini mengandung serat yang tinggi.

Sehingga buat kamu yang memiliki masalah pencernaan, seperti kesulitan buang air besar, kamu bisa mengonsumsi buah carica setiap hari secara rutin.

3. Melawan radikal bebas

Tidak hanya mampu menetralisir asam lambung dan melancarkan pencernaan, buah carica juga mampu melawan radikal bebas dari sinar UV.

Manfaat buah carica tersebut bisa kamu rasakan, apabila buah carica dikonsumsi secara rutin.

Pasalnya, kandungan Vitamin C dan E yang dimiliki buah ini cukup tinggi dan baik untuk kesehatan kulit.

4. Mencegah risiko kanker

Salah satu manfaat buah carica yang paling diinginkan, yaitu mencegah risiko kanker. Bagaimana tidak, kandungan zat agrinin yang dimiliki buah ini sejatinya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita.

Dengan begitu, buat kamu yang memiliki gen atau keturunan kanker payudara, sebaiknya mulai konsumsi buah carica secara rutin sejak dini, untuk mencegah risiko terkena kanker payudara.

5. Meningkatkan energi

Manfaat buah carica yang bisa didapatkan selanjutnya, yaitu meningkatkan energi. Mengandung Vitamin B kompleks, buah satu ini mampu membantu melancarkan proses metabolisme tubuh dan memberikan energi yang besar.

Energi besar yang diberikan tersebut, nantinya akan membuatmu memiliki rasa kenyang yang tahan lama.

Melihat dari manfaat yang diberikan, maka buah carica sangat cocok dijadikan sebagai camilan ketika hendak bepergian dan menempuh perjalanan jauh, karena mampu menahan rasa lapar.

6. Menjaga kesehatan mata

Siapa sangka, kalau kesehatan mata juga semakin terjaga, dengan mengonsumsi buah carica. Manfaat buah carica yang satu ini bisa terjadi, karena kandungan Vitamin A yang dimiliki buah ini ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan wortel.

Oleh karena itu, jika di antara kamu ada yang tidak suka dengan wortel, kamu bisa menjadikan buah carica ini sebagai buah alternatif yang dapat dikonsumsi, untuk menjaga kesehatan mata.

7. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini merupakan salah satu hal yang sangat dikhawatirkan oleh setiap perempuan. Hal tersebut dikarenakan, penuaan dini dapat membuat kulit muncul garis-garis halus, khususnya di area wajah.

Untuk mencegahnya, salah satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan mengonsumsi buah carica.

Sebab, manfaat buah carica untuk mencegah penuaan dini sudah sangat dikenal. Kandungan Vitamin C yang dimiliki buah ini nantinya akan membentuk kolagen, yang dapat mencegah penuaan dini, kerutan dan membuat kulit menjadi lebih mulus.

8. Menjaga kesehatan usus

Salah satu organ tubuh yang juga harus dijaga kesehatannya adalah usus. Sebab usus menjadi salah satu organ penting dalam sistem pencernaan.

Untuk selalu menjaga kesehatannya, kamu bisa mengonsumsi buah carica secara rutin. Hal tersebut karena, buah ini mengandung enzim papain yang dapat menyeimbangkan pH atau tingkat keasaman usus.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat lainnya berupa penghilangan bakteri jahat dalam usus.

Sebagai informasi tambahan, buah carica memiliki kandungan enzim papain yang lebih banyak dibandingkan buah pepaya. Selain itu, enzim tersebut pun sangat mudah diserap oleh tubuh.

9. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat buah carica yang terakhir, yaitu meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam hal ini, kandungan nutrisi seperti serat, vitamin dan kalsium sangat membantu dan berpengaruh dalam membuat tubuh menjadi lebih kuat.

Dengan begitu, tubuh pun tidak akan mudah terserang bakteri dan virus penyakit. Kamu pun akan lebih segar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

(Baca Juga: Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan)

Beberapa informasi terkait manfaat buah carica sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat yang diberikan?

Tidak hanya mengetahui manfaatnya saja, kamu pun sudah mengetahui sekilas informasi tentang buah carica dan kandungan nutrisinya.

Dari sejumlah kandungan nutrisi yang terkandung, membuat buah ini sangat wajar apabila memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit dan mata.

Namun untuk bisa mendapatkan semua manfaatnya, kamu harus mengonsumsi buah carica secara rutin sesuai kebutuhan.

Jika sudah begitu, nantinya tubuh akan menjadi lebih sehat, segar dan tidak mudah terserang penyakit.

Tetapi, akan lebih baik jika kamu juga menambah proteksi diri dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu kamu sakit dan membutuhkan pengobatan atau perawatan khusus, kamu tidak perlu lagi merasa khawatir dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Karena, semua biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum menggunakan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani