Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ada 20 Hari Libur di Tahun 2017, Ini Deretan Ide Keren untuk Memanfaatkannya!

by Tisyrin N. T on 19 Desember, 2016

Tahun depan bakal jadi tahun yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, ada 20 hari libur yang siap dimanfaatkan untuk rehat dan bersenang-senang sepanjang tahun 2017.

Rinciannya, akan ada 16 hari libur nasional 2017 dan 4 hari cuti bersama. Agar jadwal libur tahun depan bisa dimanfaatkan secara maksimal, berikut ini deretan ide yang bisa kamu tiru untuk mengisi libur tersebut secara maksimal.

JANUARI

Minggu, 1 Januari – Tahun Baru Masehi

Setelah cukup beristirahat setelah kelelahan karena begadang, bergeraklah untuk membereskan rumah secara total. Maksudnya, tidak hanya sekedar menyapu dan mengepel seperti yang kamu lakukan setiap hari, tetapi kamu bisa mengubah penataan untuk mendapatkan suasana baru.

Mulai sekarang, pelajari tentang berbagai desain interior sederhana yang bisa kamu adaptasi. Siapkan furnitur baru jika kamu membutuhkannya. Untuk menghemat biaya, kamu bisa sekedar mengecat ulang furnitur atau merombak furnitur bekas agar bisa terpakai lagi dan tampak lebih kece. Saat libur awal tahun nanti, kamu tinggal mewujudkan rencanamu.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Sabtu, 28 Januari – Tahun Baru Imlek 2568 Kongzili

Kalau bicara patung Buddha raksasa, kamu mungkin teringat Thailand. Tak perlu jauh-jauh ke sana, kamu bisa memanfaatkan libur Imlek untuk berwisata ke Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat di Kabupaten Bogor. Saat Imlek, pengunjung biasanya membeludak. Kamu bisa melihat patung Buddha tidur dengan panjang 18 meter, tinggi 5 meter, lebar 2,5 meter, dan beratnya mencapai lebih dari 100 ton. (Baca juga: Serba-serbi Perayaan Imlek di Indonesia)

MARET

Selasa, 28 Maret – Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939

Ambil cuti di tanggal 26, 27 dan 29 Maret 2016, sehingga kamu bisa mendapatkan libur pada 26-29 Maret 2016. Terbanglah ke Bali. Sesekali, nikmati keheningan suasana Nyepi di Bali, barulah berlibur di sisa hari lainnya. Cari info terlebih dahulu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh wisatawan jika datang ke sana saat Nyepi.

APRIL

Jumat, 14 April – Wafat Isa Al Masih

Kamu bisa mengikuti ibadat peringatan wafat Isa Al Masih. Namun, bagi kamu yang tidak memperingatinya, manfaatkan long Weekend untuk pulang ke kampung halaman. Alternatif lainnya, ambil paket open trip ke Pulau Pahawang, Karimun Jawa, Baduy, atau kemanapun yang kamu inginkan.

Enaknya berlibur dengan cara mengikuti open trip adalah, biayanya tidak terlalu mahal dan kamu tak perlu repot mengurus berbagai hal mulai dari transportasi hingga akomodasi. Kamu tinggal membayar sesuai harga paket, dan langsung dapat wisata murah untuk melepas penat.

Senin, 24 April – Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Long weekend kedua di Bulan April. Bagi kamu yang muslim, cobalah sesekali menyesap nikmatnya wisata religi. Datangi masjid-masjid bersejarah atau megah seperti Masjid Kubah Emas, Masjid Raya Bandung, Masjid Agung Demak, atau Masjid Istiqlal. Atau, terbang ke Lombok dan telusuri pulau cantik yang punya julukan Pulau Seribu Masjid tersebut.

MEI

Senin,1 Mei – Hari Buruh Internasional

Lagi-lagi long weekend, cobalah untuk jalan-jalan spontan tanpa rencana bersama orang terdekat. Kendarai mobil dan pergilah kemanapun. Siapa tahu akan berjumpa pengalaman seru. Liburan seperti ini ada kalanya tak kalah mengesankan dengan liburan yang penuh perencanaan matang.

Kamis,11 Mei – Hari Raya Waisak 2561

Ambil cuti pada tanggal 10 dan 12 Mei 2016, sehingga kamu bisa mendapatkan libur pada 10-14 Mei 2016 karena disambung dengan libur weekend. Yap, 5 hari! Lebih dari cukup untuk mengeksplor Yogyakarta dan mengintip perayaan Waisak di Borobudur. Sisakan waktu beristirahat sejenak sebelum kembali bekerja.

(Baca juga: Mau Siapkan Kekayaan Sejak Usia 20-an? Ini Resolusi Keuangan 2017 yang Mesti Kamu Miliki)

Kamis, 25 Mei – Kenaikan Isa Al Masih

Ikut ibadat peringatan kenaikan Isa Al Masih. Jika tidak memperingatinya, ciptakan quality time bersama keluarga di rumah misalnya nonton DVD maraton, masak bersama, atau berkebun. Atau, lirik rak buku dan ambilah buku-buku yang belum sempat terbaca. Habiskan waktu dengan membaca buku sembari bersantai.

JUNI

Kamis, 1 Juni – Hari Lahir Pancasila

Libur kali ini bisa kamu habiskan di rumah saja. Cobalah berburu barang bekas di seluruh sudut rumah. Pilah-pilah yang kondisinya masih layak pakai atau bahkan belum pernah terpakai sama sekali. Jual secara online dan dapatkan uang tambahan dari pekerjaan sampingan ini.

Jumat-Rabu, 23-28 Juni 2016 – Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Saatnya merayakan Idul Fitri. Isi liburan dengan mudik, berkumpul bersama keluarga besar, dan menjelajahi kampung halaman. Bagi yang non muslim, libur sepanjang ini bisa kamu manfaatkan untuk mendatangi destinasi wisata impian yang sudah kamu dambakan tanpa ribet mengurus cuti. Tempat wisata di Indonesia biasanya ramai. Ini saat yang tepat untuk kamu menjelajah negara lain.

(Baca juga: Profesi-profesi Ini Bakal Mendapat Gaji Paling Besar di Tahun 2017)

AGUSTUS

Kamis, 17 Agustus – Hari Kemerdekaan Indonesia

Berbaurlah bersama tetangga dan ikuti macam-macam perlombaan. Apalagi jika selama ini kamu terbilang jarang mengobrol dengan tetangga, ini kesempatan yang baik.

SEPTEMBER

Jumat, 1 September – Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah

Karena long weekend, Idul Adha kali ini kamu bisa merayakannya di kampung halaman. Bagi yang tidak merayakan, jika ternyata kebagian daging kurban, saatnya bersantai di rumah dan berkreasi di dapur. Atau daur ulang barang-barang bekas, cari tutorial DIY (Do it Your Self) di Youtube.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Kamis, 21 September – Tahun Baru Islam 1439 Hijriah

Kamu bisa mengisinya dengan kegiatan religius misalnya ikut pengajian tentang Tahun Baru Islam. Atau, manfaatkan libur sehari untuk mengoprek hobi.

DESEMBER

Jumat, 1 Desember – Maulid Nabi Muhammad SAW

Long weekend datang lagi. Kamu bisa mengisi dengan kegiatan religius seperti pengajian tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Atau, berkunjung ke rumah sahabat dan saudara yang lama tak bertemu. (Baca juga: Wisata Murah Yogyakarta)

Senin-Selasa, 25-26 Desember 2016 – Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Natal

Saatnya merayakan Natal! Nah, bagi kamu yang tidak merayakannya, libur yang cukup lama sejak Sabtu, 23 Desember 2016 bisa dimanfaatkan untuk travelling bersama keluarga. Apalagi, biasanya libur sekolah bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru.

Berikut kalender libur nasional dan cuti bersama 2017
Kalender 2017 - libur nasional dan cuti bersama
Kalender 2017

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.