Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Agar Tidak Menderita di Akhir Bulan Meski Gaji Habis

by Ariesta on 25 Oktober, 2016

tips naik gaji - CekAja.com

Gaji diterima belum lama namun keuangan sudah sekarat di pertengahan bulan. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang mengalami hal ini?

Bila iya, kamu butuh trik agar penghasilan yang kamu peroleh bisa lebih awet. Selain menghentikan kebiasaan boros, kamu harus menggunakan beragam keuntungan yang diberikan produk finansial modern seperti  kartu kredit. Berikut ini caranya:

Beli bahan kebutuhan pakai kartu kredit

Meski gaji sudah habis tak bersisa, kamu tetap butuh makan. Makan di luar rumah membuatmu makin boros, sehingga akan lebih berhemat jika memasak sendiri. Supaya bisa menggunakan kartu kredit, tentunya kamu harus membeli bahan makanan di supermarket, bukan pasar tradisional.

Kamu akan makin untung kalau punya kartu kredit yang memang bekerja sama dengan supermarket tertentu. Misalnya Kartu Kredit Mega Carrefour yang memberikan diskon hingga 50% di Carrefour.

Beli yang tidak perlu

Godaan terbesar akhir bulan adalah membeli barang yang tidak perlu. Apalagi jika e-commerce online sedang mengadakan diskon pay day bagi mereka yang gajian tanggal 25.

Kamu harus pandai menahan diri. Jauhkan dirimu dari berbagai aktivitas seperti scrolling online shop di Instagram dan tidak membuka-buka situs belanja lainnya. (Baca juga: Lajang, Bergaji 2 Juta dan Tinggal di Jakarta? Ini Triknya Agar Bisa Menabung)

Bayar tunai untuk transportasi

Kamu pelanggan setia ojek atau taksi online? Membayar secara tunai bisa membuat kamu boros lho, khususnya untuk kamu yang tidak selalu menyimpan uang kecil. Pasti kamu juga sering mengalami ketika driver tidak mengantongi uang kembalian? Akhirnya, daripada makan waktu kamu pun merelakan Rp1.000-Rp2.000.

Padahal jika dikalian 10 saja sudah terkumpul Rp10.000-Rp20.000, cukup untuk sekali makan siang saat benar-benar tidak punya uang. Selain bisa menalangi ongkos transportasi di akhir bulan, kartu kredit bisa membuatmu lebih hemat. Kamu bakal makin untung bila perusahaan ojek atau taksi online memberikan diskon bagi pengguna kartu kredit tertentu.

Manfaat poin reward untuk belanja

Saat akhir bulan, tidak punya uang, tapi sabun dan shampoo habis? Deterjen, pelembut pakaian, juga ikut-ikutan habis. Sebelum menggesek kartu kreditmu untuk berbelanja kebutuhan tersebut, coba cek poin reward kartu kredit.

Bagi kamu yang belum tahu, poin reward bisa ditukarkan dengan voucher belanja. Lumayan kan, bisa jadi penyelamat saat akhir bulan.  (Baca juga: Pekerjaan di Mana Gaji Wanita Lebih Tinggi daripada Pria)

Gunakan sehari setelah tanggal terbit tagihan

Kalau yang ini trik supaya belanjaanmu di bulan ini bisa dibayar dua bulan kemudian tanpa bunga. Misalnya tanggal pembukuan tagihan adalah tanggal 20, sedangkan tanggal jatuh tempo tanggal 10. Jika berbelanja tanggal 21 Oktober, maka tagihan akan muncul tanggal 20 November. Sedangkan kamu punya waktu untuk membayarnya sampai tanggal 10 Desember.

Tapi jika kamu belanja tanggal 19 Oktober, kamu harus membayar paling lambar tanggal 10 November. Dengan sedikit trik dan memahami fitur kartu kredit, produk satu ini bisa menjadi ‘pahlawan’ saat tidak punya uang di akhir bulan.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga 25%? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami