6 Alasan Pinjaman Ditolak Beserta Cara Menyiasatinya

Pengajuan pinjaman mu ditolak? Daripada bingung, cek beberapa alasan pinjaman ditolak hingga cara menyiasatinya berikut!

6 Alasan Pinjaman Ditolak Beserta Cara Menyiasatinya

Saat ini, sudah terdapat banyak sekali penyedia pinjaman yang bisa kamu ajukan dengan mudah bahkan dapat dilakukan secara online.

Proses pengajuan pinjaman online umumnya sangat mudah, hanya dengan menggunakan kartu identitas berupa KTP, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman.

Namun, tidak menutup kemungkinan pinjaman yang kamu ajukan ditolak. Pasalnya terdapat beberapa syarat atau ketentuan yang mungkin tertinggal yang tidak kamu perhatikan.

Deretan Alasan Pinjaman Ditolak

Tidak perlu bingung ketika pinjaman yang kamu ajukan ditolak, umumnya terdapat beberapa alasan pinjaman ditolak yang dapat kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut:

1. Persyaratan yang Tidak Lengkap

Alasan pinjaman ditolak pertama yang dapat kamu ketahui yaitu persyaratan yang tidak lengkap.

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman, biasanya kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen atau berkas persyaratan.

Jika ada satu berkas yang terlewat atau tidak dilengkapi, maka pengajuan pinjaman mu biasanya akan ditolak.

Pasalnya, penyedia pinjaman perlu membuktikan bahwa beberapa dokumen yang kamu serahkan sesuai dengan pihak yang mengajukan.

2. Pengajuan Melebihi Limit

Mengajukan pinjaman yang melebihi limit yang sudah ditentukan menjadi salah satu alasan pinjaman ditolak.

Semua penyedia pinjaman pastinya telah menentukan limit pinjaman maksimal yang dapat kamu ajukan.

Bahkan untuk beberapa pinjaman online, biasanya limit akan berbeda setiap nasabahnya bergantung dengan riwayat transaksi sebelumnya.

Selain itu, kondisi keuangan dan riwayat kredit yang pernah dilakukan nasabah juga menjadi pertimbangan penyedia pinjaman dalam menentukan limit.

Jika kamu mengajukan pinjaman yang melebihi limit yang sudah ditentukan, besar kemungkinan pengajuan pinjaman mu pasti akan ditolak.

(Baca juga: 7 Pinjaman Online Cicilan Bulanan Terbaik 2022)

3. Riwayat Kredit yang Buruk

Ketika mengajukan pinjaman, pihak penyedia biasanya akan melihat riwayat kredit yang pernah kamu lakukan sebelumnya melalui BI Checking.

Apabila riwayat pinjaman yang kamu lakukan sebelumnya tidak lancar, banyak denda, telat bayar, atau berbagai catatan buruk lainnya, maka tidak akan heran jika pengajuan pinjaman mu ditolak.

Pihak penyedia pinjaman akan berspekulasi bahwa kemungkinan kamu tidak membayar pinjaman akan tinggi sehingga terlalu beresiko untuk diberikan kredit

4. Terdapat Tunggakan Kartu Kredit

Selain dengan riwayat kredit pinjaman atau BI Checking yang buruk, alasan pinjaman ditolak selanjutnya bisa juga karena terdapat tunggakan pinjaman kartu kredit.

Meskipun berbagai persyaratan yang kamu lengkapi sudah terpenuhi, pengajuan pinjaman mu juga bisa ditolak jika terdapat tunggakan pinjaman kartu kredit.

Hal ini terjadi biasanya karena penyedia pinjaman tidak ingin mengambil resiko karena tunggakan yang ada dapat berpengaruh dalam pembayaran pinjaman selanjutnya.

5. Gagal Verifikasi

Alasan pinjaman ditolak yang satu ini cukup sering terjadi karena ketidaktelitian dalam mengisi form pengajuan pinjaman.

Tidak sedikit orang yang terkadang keliru atau salah melengkapi dokumen ketika melakukan pengajuan pinjaman.

Beberapa contohnya seperti salah mencantumkan nomor handphone yang tidak aktif. Sehingga pihak penyedia pinjaman akan sulit memverifikasi data yang telah diinput.

Selain kesalahan nomor handphone, foto atau scan KTP yang buram dan tidak jelas juga akan menyulitkan verifikasi data.

6. Domisili di Luar Cakupan

Ketika berbagai persyaratan sudah dilengkapi namun pinjaman tetap ditolak, bisa jadi karena domisili tempat tinggalmu yang berada diluar jangkauan.

Kebanyakan penyedia pinjaman online memang hanya menyediakan layanan mereka di beberapa kota tertentu saja.

Nah, jika domisili tempat tinggal mu berada di luar cakupan, sudah pasti pengajuan pinjaman yang kamu lakukan akan ditolak.

Tips Mengatasi Pinjaman yang Ditolak

Tenang saja, jika pengajuan pinjaman yang kamu lakukan ditolak, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa tips dibawah!

  • Pelajari persyaratan dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman
  • Pastikan kelengkapan seluruh dokumen dan data pribadi yang diminta terpenuhi
  • Biasakan membayar tagihan sesuai dengan tenggat, bahkan lebih baik jika sebelum tenggat pembayaran agar riwayat kredit tidak jelek
  • Pastikan kondisi keuangan dalam kondisi yang baik dan mampu membayar tagihan sesuai dengan waktu yang ditentukan
  • Sesuaikan nominal pinjaman, jangan sampai melebihi limit yang telah diberikan
  • Izinkan akses aplikasi pinjaman online yang ada di handphonemu, karena tidak jarang pinjaman ditolak hanya karena tidak ada akses aplikasi
  • Siapkan dokumen dengan baik. Jika diperlukan foto kartu identitas, pastikan scan/foto dokumen dengan baik dan tidak buram

(Baca juga: Atasi Kredit Macet di Pinjaman Online Tanpa Panik)

Ajukan Pinjaman Mudah dengan Tunaiku

Itu dia beberapa alasan pinjaman ditolak yang dapat kamu ketahui. Sekarang tidak perlu bingung lagi kan mengatasi pengajuan pinjaman yang ditolak?

Bagi kamu yang sedang membutuhkan pinjaman dana dengan pengajuan yang mudah, pinjaman dari Tunaiku melalui CekAja.com dapat menjadi solusi loh!

Kamu dapat mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, pernikahan, kesehatan ataupun untuk tambahan modal usaha.

Pengajuan dengan Tunaiku dapat dilakukan dengan praktis hanya dengan KTP, dan tidak memerlukan NPWP ataupun Kartu Kredit!

Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp20 juta dengan pilihan tenor hingga 20 bulan. Menarik bukan?

Proses pengajuannya pun dapat kamu lakukan dengan mudah, cepat, dan aman secara online melalui CekAja.com.

Yuk, ajukan pinjaman Tunaiku dengan mudah hanya melalui CekAja.com sekarang juga!