Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Alternatif Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga di 2019

by Ariesta on 27 Desember, 2016

bisnis ibu rumah tangga _ Kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bagi kamu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, lakukan strategi ini agar bisa dapat pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan di tahun 2019.

Sebagai menteri keuangan keluarga pasti lebih mengetahui seluk beluk finansial keluarga. Jangan-jangan, kamu masih perlu pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi keuangan keluarga.

Sekarang coba evaluasi keuangan keluarga selama setahun ini. Kalau selama setahun ke belakang keungan keluarga cenderung pas-pasan, tahun depan saatnya ibu rumah tangga punya penghasilan sampingan untuk membantu perekonomian keluarga. Mulai dari menjajakan barang, hingga jual jasa keahlian bisa menjadi bisnis rumahan ibu rumah tangga, apa saja itu;

1. Jadi penjual di ajang arisan

Arisan merupakan ajang sosialisasi dengan ibu-ibu lain. Nah, dibanding sekedar rumpi atau bergosip ria, coba tawarkan barang-barang seperti kosmetik, toples Tupperware, atau memperkenalkan sample kue supaya ibu-ibu lain tertarik dan memesan.

2. Menjadi reseller

Kendala bisnis rumahan yang paling sering dialami ibu rumah tangga adalah keterbatasan modal. Solusinya, ibu rumah tangga bisa menjadi reseller. Hanya dengan modal laptop atau smartphone, ibu rumah tangga bisa mengelola pesanan dan mendapatkan keuntungan.

(Baca juga: 4 Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dicontek)

3. Menyetok jajanan di kantin sekolah

Anak-anak pasti suka jajan. Hanya saja jajanan di sekolah belum tentu terjamin kebersihan dan bebas dari zat berbahaya. Manfaatkan kekhawatiran orangtua pada kebiasaan anak jajan sembarangan dengan membuka usaha bekal makan siang atau jajanan di kantin sekolah. Bermodal kreativitas dan keahlian masak, mulailah dengan menciptakan makanan yang unik, murah, namun sehat. Dijamin, makanan hasil kreasi kamu tersebut akan selalu kehabisan stok setiap hari.

4. Menjadi freelance writer

Semakin banyaknya blog-blog informatif baru yang muncul, semakin dibutuhkan pula profesi sebagai content writer. Bahkan, jika artikel yang kamu tulis manSebagai freelancer, kamu tidak perlu keluar rumah sehingga bisa bekerja sambil tetap mengurus buah hati.

(Baca juga:  6 Usaha Kecil Rumahan dengan Modal Pas-Pasan)

5. Membuka jasa laundry

Membuka jasa laundry kini semakin mudah dilakukan. Ya, tidak perlu membeli mesin cuci, setrika, dan alat dry cleaning lainnya, tetapi cukup menjadi laundry dropship dengan menjalin kemitraan. Nantinya kamu akan menampung pakaian konsumen, lalu mengantarkannya ke laundry rekanan. Di sini kamu hanya menjadi penghubung yang memasarkan jasa laundry dari rekanan tersebut.

6. Membuka kios agen pengiriman

Satu lagi pilihan yang bisa kamu kerjakan di rumah adalah dengan menjadi mitra agen pengiriman seperti JNE, TIKI, Wahana, dan lain-lain.

Sebagai agen, kamu cukup bertugas menyiapkan tempat layanan untuk menerima barang/paket dari konsumen, selanjutnya mobil ekspedisi akan menjemput barang tersebut untuk dikirimkan ke alamat tujuan di seluruh Indonesia. Persyaratannya memang cukup rumit, tapi modalnya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp7 juta saja.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami